Tempat Wisata

Pantai Kuala Terjang: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Kabupaten Bireuen tidak hanya terkenal dengan ragam kulinernya yang lezat, namun juga menawarkan beberapa tempat wisata yang layak untuk dikunjungi. Berjuluk Kota Juang, kawasan ini menawarkan sederet objek wisata pantai yang mempesona seperti Pantai Kuala Terjang yang belakangan ini semakin indah dan memikat hati para wisatawan.

Pantai Kuala Terjang memang menjadi salah satu pantai terpopuler yang tak pernah sepi. Wisatawan datang dan pergi dari berbagai daerah untuk menikmati hamparan lautan luas dan keindahan matahari terbenam di sore hari. Disana juga terdapat deretan warung dengan kuliner lezat yang siap memanjakan lidah para wisatawan.

Pantai Kuala Terang

Secara administratif, Pantai Kuala Term terletak di Kecamatan Panjang, Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh. Untuk menikmati keindahan pantai ini, wisatawan harus menempuh perjalanan setidaknya 16 kilometer atau 30 menit dari pusat kota Bireuen.

Berbagai pilihan transportasi tersedia bagi wisatawan, termasuk angkutan umum dan taksi. Jika ingin menggunakan kendaraan pribadi bisa dilakukan karena letaknya yang tidak jauh dari pusat kota dan akses menuju Pantai Kuala Terang sangat mudah.

Sebelum Pantai Kuala Terjang menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan seperti saat ini, dikenal sebagai pantai yang kotor dan kumuh. Banyaknya sampah berserakan sehingga merusak pemandangan alam yang sebenarnya sangat indah. Hal ini berubah ketika pemerintah setempat mulai mempercantik pantai dengan membangun beberapa fasilitas dan menjaga kebersihan pantai.

Pesona Pantai Kuala Terang

Deburan ombak yang menyapa bibir pantai seakan menyambut setiap wisatawan yang datang ke Pantai Kuala Terjang. Pasir pantai yang eksotik dengan warna kecoklatannya serasa seperti karpet Timur Tengah yang membelai lembut kaki pengunjung. Perahu-perahu nelayan berjejer rapi dan bergoyang selaras mengikuti ombak.

Sesampainya di pantai, wisatawan juga disambut dengan deretan pohon pinus yang tumbuh subur di pinggir pantai. Keberadaan pepohonan tersebut menciptakan suasana rindang dan alami, jauh dari panas seperti pantai pada umumnya. Pohon-pohon ini seringkali juga memberikan perlindungan bagi wisatawan dari terik matahari.

Pantai Kuala Terang

Dengan kebebasan, setiap wisatawan bisa merasakan segarnya air laut dengan berenang atau bermain air dengan gulungan ombak yang datang silih berganti. Ombak di Pantai Kuala Terang tidak terlalu besar sehingga cukup aman bagi wisatawan. Namun diharapkan pengunjung tetap waspada dan tidak berenang terlalu jauh.

Karakter pasir pantai di tempat wisata ini yang berwarna kecoklatan dan sangat bersih juga memberikan nuansa eksotis pada Pantai Kuala Terang. Di pantai berpasir ini tersedia kursi dan meja bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai sambil menyantap ikan bakar atau menyeruput es krim kelapa muda.

Pantai Kuala Terjang tidak hanya menjadi salah satu destinasi wisata bahari unggulan di Kabupaten Bireuen, namun juga menjadi pantai yang menjadi tempat mata pencaharian penduduk setempat dengan mencari ikan. Sebagian besar penduduk pesisir bermata pencaharian sebagai nelayan, dan wisatawan juga bisa mendapatkan ikan segar dari para nelayan tersebut dengan harga yang jauh lebih murah.

Di Pantai Kuala Terjang wisatawan akan menemukan dermaga kecil yang terbuat dari batu karang. Di dermaga ini pengunjung bisa lebih menikmati keindahan lautan luas dan merasakan segarnya angin. Segala keindahan tempat wisata ini seolah meluluhlantakkan segala rasa penat akibat aktivitas sehari-hari yang membosankan.

Fasilitas di Pantai Kuala Terang

Meski merupakan objek wisata yang baru dibuka, namun fasilitas di Pantai Kuala Terjang cukup lengkap. Hal ini tidak lepas dari campur tangan pemerintah yang mengubah pantai ini dari pantai kotor menjadi pantai wisata yang semakin hari semakin populer di kalangan wisatawan.

Fasilitas seperti tempat parkir yang luas, toilet umum dan juga musala bagi umat muslim telah dibangun di pantai ini. Selain itu, telah dibangun beberapa gubuk di sekitar Pantai Kuala Terang yang dihubungkan dengan jalan setapak beton cor.

Baca juga:

Pondok-pondok ini biasanya digunakan wisatawan untuk menikmati kuliner yang dijual di warung-warung yang tidak jauh dari pondok. Jika ingin merasakan sensasi berbeda, pengunjung juga bisa menikmati hidangan lezat di kursi dan meja yang disediakan pihak pengelola pantai.

Jika ingin bermalam wisatawan tidak perlu bingung karena terdapat beberapa hotel dan akomodasi di sekitar Pantai Kuala Terjang dan juga di pusat kota Bireuen. Jangan lupa untuk menjelajahi kota Bireuen, karena wisatawan bisa membeli oleh-oleh dan oleh-oleh sebelum pulang.

Pantai Kuala Terjang bisa menjadi salah satu destinasi pilihan wisatawan yang berkunjung ke Aceh, khususnya di Kabupaten Bireuen. Berikut aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di pantai.

Menikmati keindahan pantai

Saat Anda berkunjung ke Pantai Kuala Terang, Anda akan menemukan pantai dengan pasir yang eksotis dan hamparan laut yang luas. Yang unik dari pantai ini adalah Anda bisa bersantai menikmati keindahan pantai dengan duduk di kursi yang ada di pinggir pantai sambil menikmati segarnya es krim kelapa muda.

Anda juga bisa berenang, mandi atau bermain-main dengan deburan ombak yang datang. Selain itu, Anda juga bisa memancing di pinggir pantai dari dermaga yang ada di pinggir pantai. Lempar saja kailmu dan ikan akan segera menangkapnya. Penduduk setempat juga sering mencari ikan di tempat ini karena terdapat beberapa spot pemancingan dan jenis ikan tertentu.

Wisata kuliner

Sembari menikmati pemandangan laut, Anda juga bisa mengisi perut keroncongan dengan berwisata kuliner. Berbagai jenis makanan laut bisa Anda pesan di warung-warung sekitar pantai. Cottage ini juga didesain menghadap ke laut sehingga wisatawan bisa menikmati pemandangan laut biru sambil bersantap.

Masakan seafood tentu mendominasi kuliner di Pantai Kuala Terjang, karena hasil panen para nelayan yang melimpah biasanya dititipkan di warung-warung pinggir pantai. Anda bisa memilih mulai dari kepiting, udang, ikan bakar, kerang dan masih banyak lagi. Es krim kelapa muda sangat cocok untuk menemani hidangan seafood yang lezat.

Saksikan matahari terbenam

Pada sore hari, Pantai Kuala Terjang semakin ramai, wisatawan berbondong-bondong berbondong-bondong untuk sekedar nongkrong dan menikmati indahnya matahari terbenam dari tepi pantai. Anda juga bisa menikmati indahnya matahari terbenam dengan duduk di kursi pinggir pantai sambil ditemani es krim kelapa muda.

Saat matahari perlahan tampak ditelan laut, warna langit pun berubah sehingga menciptakan suasana romantis yang sayang untuk dilewatkan. Kenikmatan fenomena indah ini semakin lengkap rasanya jika ditemani oleh orang tercinta.

Perburuan Foto

Bagi Anda yang hobi berburu foto di tempat wisata, Anda juga bisa berburu foto di Pantai Kuala Terjang. Pantai ini kini sedang hits setelah keindahannya terkuak di berbagai media sosial. Banyak anak muda yang datang ke pantai ini ingin menikmati indahnya matahari terbenam dan berfoto selfie di depan kamera.

Biaya masuk ke Pantai Kuala Terang

Untuk memasuki Pantai Kuala Terang wisatawan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 5.000 per orang.

Jam buka Pantai Kuala Terang

  • Buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 6 sore

Baca juga:

Peta lokasi Pantai Kuala Terang

Tips Menuju Pantai Kuala Terang

  • • Bawalah pakaian ganti jika Anda berencana berenang atau bermain di laut.
  • •Jika ingin melihat matahari terbenam, sebaiknya datang sekitar jam 4 sore.
  • •Jangan melangkah terlalu jauh dan selalu berhati-hati saat berenang atau bermain air.
  • •Menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  • • Menjaga daya tarik wisata dan tidak merusak apapun yang ada di Pantai Kuala Terang.

Galeri Foto Pantai Kuala Terang

Potret Pantai Kuala Terang di Bireuen
Tur keluarga ke Pantai Kuala Terang
Menyenangkan, menyenangkan di pantai
Potret pantai Kuala Terjang ramai dikunjungi pengunjung
Potret pacuan kuda di Pantai Kuala Terjang

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button