Tempat Wisata

Waduk Jeulikat: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Kota Lhokseumawe yang dulunya merupakan ibu kota Kabupaten Aceh Utara kini telah terpisah dan berdiri sendiri menjadi sebuah kota. Ada beberapa tempat wisata di kawasan ini yang belakangan ini populer dan menarik perhatian banyak wisatawan. Salah satunya adalah Waduk Jeulikat yang banyak diperbincangkan keindahan dan pesonanya.

Waduk Jeulikat menawarkan keindahan waduk yang tertata rapi sehingga memberikan kenyamanan bagi wisatawan yang datang. Meski merupakan objek wisata yang baru dibuka, namun waduk ini tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan. Tak jarang puluhan hingga ratusan pengunjung dari berbagai kota datang di akhir pekan untuk menikmati indahnya panorama waduk ini.

Waduk Jeulikat

Secara geografis Waduk Jeulikat terletak di Desa Jeulikat, Kecamatan Blang Mangat, Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh. Lokasi tempat wisata ini cukup dekat dengan pusat kota Lhokseumawe, jaraknya hanya sekitar 5 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 10 menit.

Wisatawan dapat menggunakan dua jalan untuk menuju Waduk Jeulikat. Yang pertama mengarah ke Cot Sabong melalui Jalan Medan-Banda Aceh. Jalur kedua melalui Jalan Medan-Banda Aceh kemudian menuju Jalan Elak di kawasan Alue Awe. Kondisi jalan juga sudah beraspal baik sehingga memudahkan pengunjung untuk mencapai lokasi.

Pesona Waduk Jeulikat

Keindahan Waduk Jeulikat terpancar alami, panoramanya yang mempesona dipadukan dengan penataan yang cermat dari pemerintah setempat. Sebelum dibuka sebagai objek wisata, waduk ini berfungsi sebagai sumber pengairan sawah di sekitarnya pada musim kemarau.

Waduk Jeulikat dikelilingi perbukitan yang ditumbuhi pepohonan dan rerumputan hijau, sehingga pemandangan yang ditawarkan sangat indah dan mempesona. Terdapat sebuah tangga untuk wisatawan menuruni bukit dan melihat lebih dekat keindahan tempat wisata di kota Lhokseumawe ini.

Waduk Jeulikat

Di sekitar waduk juga ditumbuhi rumput hijau yang sering digunakan wisatawan untuk duduk bersantai menikmati keindahan Waduk Jeulikat. Di tengah waduk terdapat sumur yang dibangun oleh pengelola setempat. Keberadaan air mancur ini pun menambah keindahan panorama yang ditawarkan tempat wisata ini.

Saat air mancur menyemburkan air, gemericik air yang jatuh ke dalam waduk menciptakan suasana damai yang membuat wisatawan betah berlama-lama berada di dalam waduk. Pesona alam sekitar yang dikelilingi perbukitan hijau menjadi daya tarik tersendiri. Suasananya yang rindang dan asri sangat memanjakan mata.

Waktu terbaik mengunjungi Waduk Jeulikat adalah sore hari saat terik matahari mulai meredup. Wisatawan bisa menikmati setiap jengkal keindahan waduk. Pengunjung bisa berjalan-jalan, duduk santai di tepi danau atau juga bersantai di halaman rumput yang hijau.

Selain itu, pesona Waduk Jeulikat pun semakin terpancar keindahannya saat matahari terbenam. Anda akan disuguhi pemandangan yang mempesona, waduk yang dikelilingi perbukitan hijau dihiasi warna langit jingga. Di sinilah tercipta suasana romantis yang terasa lengkap jika dinikmati bersama orang-orang terdekat.

Tempat wisata ini semakin populer dan tidak pernah sepi di akhir pekan. Tak jarang wisatawan datang bersama anggota keluarganya untuk bersantai dengan menggelar tikar dan makan bersama. Waduk Jeulikat juga menjadi tempat yang cocok bagi wisatawan untuk menyegarkan diri dan menghilangkan stres.

Fasilitas Waduk Jeulikat

Fasilitas yang ada di Waduk Jeulikat sudah cukup memadai karena pengelolaan yang dilakukan oleh pemerintah setempat cukup baik. Terdapat fasilitas umum seperti toilet, musala untuk salat dan tempat parkir yang cukup luas. Tempat parkir mobil juga dijaga oleh petugas taman dari desa setempat sehingga cukup aman.

Selain itu, wisatawan tidak perlu takut kelaparan, karena di sekitar waduk terdapat warung yang menjual makanan dan minuman ringan. Di sekitar waduk wisatawan dapat menjumpai perahu-perahu yang biasanya disewakan kepada pengunjung yang ingin menikmati keindahan waduk.

Baca juga: 7 Air Terjun Bidadari, suara gemericik air memecah kesunyian hutan

Di Waduk Jeulikat telah dibangun pondok-pondok dimana wisatawan dapat bersantai dan menikmati keindahan waduk. Rumah liburan ini dirancang untuk memberikan kenyamanan kepada para wisatawan. Selain itu terdapat taman yang dihiasi lampu-lampu yang mempercantik waduk.

Bagi wisatawan yang menyukai tantangan, Waduk Jeulikat juga menawarkan kesempatan outbond seperti bermain flying fox. Jika ingin bermalam, wisatawan dapat memilih beberapa hotel dan penginapan di kota Lhokseumawe yang jaraknya sangat dekat.

Berwisata ke Waduk Jeulikat bisa menjadi pilihan saat Anda berada di kota Lhokseumawe. Berikut aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung di tempat wisata ini.

Nikmati keindahan waduk

Jika Anda stres dan ingin menyegarkan diri, Waduk Jeulikat bisa jadi pilihan wisata. Anda akan disuguhkan sebuah waduk alami yang dikelilingi perbukitan hijau sehingga terlihat asri dan memanjakan mata. Ajak teman, saudara dan keluarga untuk piknik di waduk dengan menggelar tikar dan menikmati hidangan bersama.

Tempat wisata ini juga menawarkan kedamaian dan kenyamanan karena pengelola setempat mengelola tempat wisata ini dengan baik. Jangan datang di akhir pekan jika Anda mencari kedamaian dan ketenangan, karena setiap akhir pekan waduk ini mengalami peningkatan jumlah pengunjung. Anda juga bisa menikmati keindahan waduk sambil bersantai di kabin yang disediakan.

Kelilingi waduk dengan perahu

Dibukanya waduk sebagai objek wisata membawa manfaat tersendiri bagi warga sekitar. Penduduk setempat menawarkan jasa penyewaan perahu bagi wisatawan untuk menikmati keindahan Waduk Jeulikat. Hanya dengan membayar Rp 20.000 per orang, Anda sudah bisa berkeliling menggunakan perahu.

Anda juga dapat naik perahu melintasi waduk menuju bukit, yang pada akhirnya keadaan menjadi lebih tenang. Terdapat juga rumah liburan bagi wisatawan, suasana disini lebih tenang dan tidak ramai. Bukit ini juga menjadi tempat yang tepat untuk melepas penat atau berfoto selfie.

Mainkan Flying Fox

Kegiatan ini sangat cocok bagi wisatawan yang menyukai tantangan dan memacu adrenalin. Wahana Flying Fox ditawarkan di waduk ini. Sensasi seru bermain game Flying Fox bisa Anda rasakan seolah-olah sedang terbang di atas waduk. Tidak perlu takut karena kendaraan ini cukup aman dan terdapat petugas yang berjaga jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Perburuan Foto

Inilah aktivitas yang paling sering dilakukan wisatawan saat berkunjung ke Waduk Jeulikat. Banyak anak muda yang berpose di depan kamera sekadar untuk berfoto selfie lucu bersama teman dan kerabatnya. Anda juga bisa berburu foto di waduk ini karena banyak objek menarik yang bisa dijadikan latar belakang selfie.

Tempat menarik yang ada di waduk ini adalah adanya cottage, waduk, taman yang dipenuhi rumput hijau serta tangga berlapis keramik yang terlihat begitu unik. Hal ini pula yang membuat Waduk Jeulikat semakin populer karena banyak orang yang memposting keindahan waduk tersebut di media sosial.

Biaya masuk dan jam buka waduk Jeulikat

Untuk memasuki objek wisata Waduk Jeuliat, wisatawan harus membayar sebesar 3.000 rupiah per orang. Kemudian Anda bisa mampir pada jam buka mulai pukul 09.30 hingga 18.00.

Baca juga:

Peta lokasi Waduk Jeulikat

Tips menuju Waduk Jeulikat

  • Datanglah pada sore hari karena sore hari adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi waduk ini.
  • Wisatawan dilarang mandi dan berenang di waduk tersebut.
  • Wisatawan dilarang melakukan perbuatan asusila di tempat wisata.
  • Jagalah kebersihan tempat wisata dan jangan membuang sampah sembarangan.
  • Jagalah tempat wisata dengan tidak merusak apa pun yang ada di dalamnya.

Galeri Waduk Jeulikat

Potret waduk Jeulikat
Waduk Jeulikat di Lhokseumawe
Bermain di waduk
Berburu foto di Waduk Jeulikat

Potret Taman Jeulikat yang indah
Berburu foto di taman

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button