Tempat Wisata

Menurut Danau Tawar: Harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Kabupaten Aceh Tengah merupakan daerah yang dikenal sebagai salah satu penghasil biji kopi terbaik di dunia yaitu Kopi Aceh Gayo. Kawasan ini didominasi oleh perkebunan dan kawasan pertanian dataran tinggi yang luas. Aceh Tengah tidak hanya terkenal dengan kopinya saja namun juga memiliki beberapa tempat wisata yang cukup populer seperti Danau Laut Tawar.

Danau Laut Tawar menawarkan nuansa danau mirip laut. Wisatawan bisa melihat ombak kecil yang sesekali menyapa tepian danau. Keindahan panorama alam berupa perbukitan hijau yang mengelilingi danau turut menambah suasana alami dan memanjakan mata.

Menurut Danau Tawar

Secara geografis, danau ini terletak di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh. Untuk mencapai Danau Laut Tawar, wisatawan hanya perlu menempuh jarak pendek sekitar 10 menit dari ibu kota Aceh Tengah yaitu Kota Takengon. Namun jika datang dari Kota Banda Aceh, wisatawan harus menempuh perjalanan yang cukup berat dengan jarak tempuh hingga 320 kilometer.

Danau Laut Tawar selain menyuguhkan panorama alam yang mempesona, juga menjadi industri penting bagi masyarakat Aceh Tengah, khususnya yang tinggal di sekitar danau. Lebih dari 20 sungai mengalir ke danau ini dan airnya menjadi sumber irigasi utama lahan pertanian dan perkebunan warga setempat. Selain itu, tempat wisata ini juga diselimuti beberapa cerita misterius yang bakal bikin bulu kuduk berdiri.

Rahasia Danau Laut Tawar

Ada beberapa cerita mistis tentang penjaga Danau Laut Tawar yang diyakini penduduk setempat sejak suku Gayo mendiami wilayah Aceh tengah dan sekitarnya. Konon di danau ini terdapat sosok putri duyung yang disebut orang sebagai Putri Ijo. Tak hanya Putri Ijo, masyarakat juga mempercayai keberadaan sosok mengerikan bernama Lembide.

Penduduk setempat percaya bahwa makhluk Lembide ini juga merupakan salah satu penjaga Danau Laut Tawar. Kebenaran keberadaan Lembide masih belum bisa dibuktikan. Masyarakat setempat percaya bahwa Lembide adalah sosok mirip Drakula yang menghisap darah segar.

Warga Takengon dan sekitarnya dihebohkan dengan kejadian yang diyakini ada kaitannya dengan makhluk gaib tersebut. Korban meninggal di danau ini setiap tahun. Anehnya, almarhum selalu kehilangan darah dan mengalami luka yang menyerupai taring binatang buas.

Kisah ini telah dipelajari masyarakat secara turun temurun, sehingga setiap warga negara mengetahui bahaya makhluk menakutkan tersebut. Para orang tua juga selalu mengingatkan anaknya untuk selalu berhati-hati saat bermain di Danau Laut Tawar.

Selain Lembide dan Putri Ijo, di danau ini juga konon ada makhluk yang menyerupai naga dan merupakan penjaga danau. Lebih spesifiknya, pada tahun 2001, warga sekitar dibuat takjub dengan foto yang diambil oleh seorang pengunjung danau. Dalam foto ini, sesosok naga tampak keluar dari dalam air.

Konon juga ada bom di danau ini yang masih aktif. Bom ini diyakini merupakan peninggalan tentara Belanda saat menjajah Indonesia. Berbagai upaya pencarian bom yang diperkirakan berada di kedalaman 18 meter tersebut terus dilakukan, namun hingga saat ini upaya tersebut belum membuahkan hasil. Diduga, para penjaga danau ingin meninggalkan bom tersebut di dalam danau agar sulit ditemukan.

Pesona Danau Laut Tawar

Danau yang berada di Kabupaten Aceh Tengah ini sering disebut Danau Lut Tawar oleh masyarakat Gayo. Danau ini memiliki luas 5.472 hektar dengan panjang sekitar 17 kilometer dan lebar 3 kilometer. Ukurannya yang hampir mirip dengan lautan, sehingga tidak heran jika danau ini diberi nama Danau Laut Tawar karena air di danau ini tidak asin melainkan segar.

Saat wisatawan berada di tepi danau, yang menanti mereka adalah fenomena danau yang sangat luas dengan jajaran perbukitan yang tampak hijau dari kejauhan. Pengunjung juga dapat melihat ombak kecil sesekali menyapa pantai. Wisatawan juga bisa merasakan indahnya suasana di telaga ini, semilir angin sepoi-sepoi seolah menjadi sahabat setia yang selalu menemani saat berada di telaga.

Menurut Danau Tawar

Danau Laut Tawar memiliki kedalaman bervariasi yang bisa mencapai lebih dari 50 meter. Wisatawan diimbau untuk selalu berhati-hati, jika tidak maka bisa saja terjadi hal yang tidak diinginkan. Tempat ini juga memiliki berbagai jenis flora dan fauna yang hidup di dalam dan sekitar danau. Misalnya berbagai jenis plankton, ikan, moluska, dan mamalia.

Salah satu ikan endemik yang hidup di danau ini adalah ikan Depik. Ikan ini sekilas mirip dengan ikan rendam Pulau Jawa, berukuran kecil, sisiknya berwarna putih mengkilat, dan populasinya tidak pernah habis meskipun selalu diburu untuk dikonsumsi oleh penduduk setempat. Ikan ini sangat enak dan banyak mengandung protein, apalagi jika digoreng.

Jika wisatawan beruntung, ikan ini bisa mereka jumpai pada musim kemarau, karena pada musim hujan ikan depik tidak muncul ke permukaan sama sekali. Satwa liar seperti musang, kucing hutan, trenggiling, landak, siamang, rusa dan masih banyak lagi juga banyak dijumpai di sekitar danau. Beberapa hewan ini dilindungi dan tidak dapat diburu.

Danau Laut Tawar memang menyimpan berjuta pesona dan cerita misterius seputar tempat wisata ini. Selain itu, danau ini mempunyai potensi yang besar untuk dikembangkan sebagai objek wisata untuk menarik wisatawan dari luar kota maupun luar negeri.

Sesuai fasilitas Danau Tawar

Fasilitas yang ada di Danau Laut Tawar sudah cukup memadai walaupun belum bisa dikatakan lengkap. Di sekitar danau, wisatawan akan menemukan fasilitas umum seperti toilet, tempat parkir yang luas, dan musala untuk kebaktian gereja. Di sekitar danau juga tersedia akomodasi yang bisa digunakan wisatawan jika ingin bermalam.

Wisatawan pun tak perlu heran jika perutnya keroncongan usai menikmati keindahan Danau Laut Tawar. Terdapat beberapa warung sederhana yang menjual makanan dan minuman. Pengunjung bisa menikmati kuliner khas tempat ini yaitu olahan ikan Depik yang sangat gurih dan lezat. Jangan lupa juga untuk mencicipi kopi khas Gayo yang terkenal dengan kelezatannya.

Baca juga: Gua yang indah, stalaktit dan stalagmit yang mempesona di balik bebatuan

Meski memiliki fasilitas yang memadai, namun perlu dilakukan pengelolaan yang lebih terorganisir untuk meningkatkan potensi wisata Danau Laut Tawar. Selain itu, fasilitas tambahan tentunya diperlukan untuk menarik wisatawan. Tentunya jika wisatawan semakin banyak maka sektor pariwisata dapat meningkatkan pendapatan daerah dan memberikan banyak lapangan kerja bagi penduduk setempat.

Mengunjungi Danau Laut Tawar memang menjadi alternatif menarik jika Anda sedang berada di Aceh tengah. Di sini Anda akan menemukan beberapa aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di tempat wisata ini.

Menikmati keindahan danau

Jika Anda traveler pecinta wisata alam, tak ada salahnya menjadikan Danau Laut Tawar sebagai destinasi wisata. Saat berada di telaga ini, Anda akan disuguhi hamparan luas air telaga berwarna kebiruan sejauh mata memandang. Perbukitan hijau di belakang danau pun seolah melengkapinya, menonjolkan keindahan danau dengan sempurna.

Anda juga bisa bermain air atau berenang di tepi danau, namun hati-hati karena kedalaman danau ini bervariasi. Jangan terlalu jauh karena kedalaman danau mencapai 50 meter. Banyak wisatawan yang menjadi korban saat berenang tanpa memperhatikan keselamatan.

Berjalan di sekitar danau

Jika Anda sedang berada di Danau Laut Tawar, Anda juga bisa berkeliling danau dengan menggunakan perahu. Nelayan setempat selalu siap mengantar wisatawan berkeliling danau dengan perahu yang juga digunakan para nelayan untuk menangkap ikan. Harga sewa perahu ini juga relatif murah. Anda bisa bernegosiasi terlebih dahulu dengan nelayan pemilik perahu untuk menentukan harga sewa.

Saat Anda berkeliling dengan perahu, para nelayan akan membawa Anda ke beberapa spot tepi danau dengan panorama yang menakjubkan. Anda juga bisa menikmati segarnya udara di sekitar danau yang masih alami dan sejuk. Angin sepoi-sepoi pun tak henti-hentinya menambah suasana damai di tempat wisata ini.

Berkemah dan memancing

Danau ini juga sering dijadikan tempat perkemahan bagi anak-anak muda pecinta alam. Anda bisa mendirikan tenda di tepi danau dan bermalam di tepi danau yang indah. Dengan menyalakan api unggun, Anda bisa menangkal hawa dingin yang terkadang menembus hingga ke tulang. Hamparan luas langit yang dipenuhi bintang pun seakan menjadi teman yang menemani Anda tidur.

Di sela-sela berkemah Anda juga bisa memancing untuk makan siang atau makan malam. Ada berbagai jenis ikan di danau ini yang bisa dikonsumsi. Penduduk setempat juga sering memancing di danau ini. Ikan Depik merupakan salah satu jenis ikan yang terdapat di Danau Laut Tawar.

Perburuan Foto

Danau Laut Tawar mempunyai panorama alam yang mempesona, sehingga tak jarang banyak wisatawan yang datang ke tempat ini hanya sekedar untuk berfoto. Bahkan banyak fotografer lanskap yang mengabadikan keindahan tempat wisata di Aceh tengah ini. Banyak sekali tempat-tempat menarik yang bisa Anda jadikan latar belakang fotografi.

Jam buka dan biaya masuk Danau Laut Tawar

Bagi yang ingin mengunjungi tempat wisata ini bisa datang kapan saja karena tidak ada batasan waktu yang pasti. Untuk mengakses objek wisata Danau Laut Tawar, wisatawan perlu menyiapkan biaya sebesar Rp5.000 per orang.

Baca juga: 250 Tempat Wisata di Aceh Paling Menarik Yang Wajib Dikunjungi

Peta lokasi Danau Laut Tawar

Tips berwisata ke Danau Laut Tawar

  • Bawalah pakaian ganti jika berencana berenang atau mandi di danau.
  • Jangan pergi terlalu jauh sambil berenang karena telaga ini sangat dalam.
  • Jangan lupa untuk mencoba kopi Aceh Gayo yang terkenal dengan kelezatannya.
  • Jagalah tempat wisata dengan tidak merusak apa pun yang ada di dalamnya.
  • Jagalah kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya.

Menurut Galeri Foto Danau Tawar

Potret Danau Laut Tawar
Bersantai dan menikmati matahari terbenam di tepi danau
Berkemah di tepi danau
Fasilitas restoran tepi danau
Foto prewedding di Danau Laut Tawar

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button