Tempat Wisata

Pantai Cemara Indah: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Kabupaten Aceh Singkil merupakan sebuah wilayah di Provinsi Aceh yang terletak di titik paling selatan dan berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Utara. Daerah ini dikenal sebagai kabupaten dengan banyak pulau, sehingga tidak heran jika Aceh Singkil menawarkan pesona wisata pantai yang memukau. Salah satunya adalah Pantai Cemara Indah yang sangat menawan dan menjadi salah satu destinasi terpopuler di Aceh Singkil.

Sesuai dengan namanya, pantai ini dipenuhi dengan pepohonan pinus yang memberikan keteduhan di sekeliling pantai. Selain itu, Pantai Cemara Indah juga memiliki daya tarik pantainya: sejauh mata memandang wisatawan disuguhi pasir putih yang berkilau bak berlian di tepian lautan. Tak jarang pantai ini ramai dikunjungi wisatawan dari luar kota maupun luar negeri saat berlibur.

Pantai Cemara yang indah

Secara administratif pantai ini terletak di Desa Gosong Telaga, Kecamatan Singkil Utara, Kabupaten Aceh Singkil, Aceh. Untuk mencapai lokasi Pantai Cemara Indah, wisatawan perlu menempuh jarak sekitar 25 kilometer dari ibu kota Kabupaten Aceh Singkil yaitu Singkil. Wisatawan dapat menempuh jalur ini hanya dalam waktu 30 menit menggunakan angkutan umum maupun pribadi.

Karena letaknya yang berada di Desa Gosong Telaga, maka pantai ini juga sering disebut dengan Pantai Gostel atau Pantai Gosong Telaga. Pantai ini sebenarnya lebih dekat dengan Medan dan perjalanan hanya memakan waktu 5 jam saja. Namun jika wisatawan datang dari Banda Aceh, dibutuhkan waktu hingga 12 jam melalui jalur darat. Alternatifnya adalah memilih jalur penerbangan yang jauh lebih efisien.

Pesona Pantai Cemara yang indah

Saat wisatawan datang dan memasuki pantai, fenomena pantai bersih dengan pasir putih membentang di sepanjang pantai menanti mereka. Kondisi alam yang masih asri dan alami pun menemani wisatawan setiap kali menginap di pantai di Kabupaten Aceh Singkil ini.

Pasir putih di pantai ini sangat bersih dan lembut. Rasa rileks akan dirasakan wisatawan saat kaki bersentuhan langsung dengan pasir putih ini. Selain itu, pengunjung berkesempatan untuk bermain di pasir lembut seperti bermain voli pantai, membangun istana pasir atau duduk santai menikmati panorama laut luas tepat di depan mata.

Pantai Cemara yang indah

Pantai Cemara Indah tidak hanya menawarkan pasir putih yang eksotis namun juga air laut yang jernih berwarna biru kehijauan. Ombaknya cukup tenang sehingga pengunjung pantai bisa leluasa mandi, berenang atau sekedar bermain air. Jernihnya air laut di pantai ini juga memudahkan wisatawan untuk mengamati beragam biota laut dari atas permukaan air.

Hanya dengan melihat namanya saja Anda sudah bisa menebak bahwa terdapat pohon pinus di pantai ini. Ya, pantai ini dikelilingi oleh banyak pohon pinus yang tumbuh subur seolah menjadi pagar alami yang melindungi pantai dari dunia luar. Pepohonan pinus juga memastikan suasana di pantai ini cukup rindang. Banyak wisatawan yang memanfaatkan pepohonan ini sebagai pelindung dari terik matahari di siang hari.

Sebelumnya, di Pantai Cemara Indah terdapat jembatan kayu sepanjang 50 meter. Jembatan ini merupakan tempat memancing yang populer bagi pengunjung dan merupakan keuntungan bagi penjual makanan ringan. Sayangnya jembatan ini hancur dan hanya sisa-sisa kayu yang ditemukan di sekitar pantai.

Usai menikmati panorama pantai, wisatawan dapat beristirahat di pendopo yang disediakan pengelola objek wisata. Di anjungan sederhana tersebut, wisatawan bisa melepas kepenatan sambil menikmati es krim kelapa dan menikmati pemandangan pantai dengan semilir angin laut yang sepoi-sepoi.

Fasilitas pantai Cemara Indah

Fasilitas yang ada di Pantai Cemara Indah bisa dikatakan cukup lengkap, terdapat toilet umum, tempat parkir yang cukup luas dan musala untuk wisatawan muslim. Terdapat pula pendopo kayu yang disediakan pihak manajemen hotel sebagai tempat peristirahatan wisatawan yang lelah usai bermain di pantai.

Selain itu juga dibangun taman bermain anak dan berbagai fasilitas. Wisatawan yang membawa anak-anak bisa mengajak anaknya bermain di taman tersebut. Agar anak-anak tidak bosan, berbagai wahana tersedia di taman ini. Di pantai ini juga akan dibangun waterpark dengan kolam bermain yang akan semakin meningkatkan nilai jual Pantai Cemara Indah.

Baca juga: Sungai Alas, keindahan alam berpadu dengan jeram yang menantang

Di sekitar pantai, wisatawan juga akan menemukan kafe dan warung yang menjual makanan dan minuman. Pengunjung tidak perlu khawatir jika merasa lapar karena berbagai kuliner bisa dinikmati di café atau di stand. Wisatawan bisa meminum segelas kopi atau es kelapa muda sambil menikmati indahnya pemandangan pantai. Fasilitas di pantai ini juga tersedia seperti air bersih, listrik, dan telepon.

Bagi wisatawan yang ingin bermalam, terdapat juga beberapa hotel dan penginapan di sekitar tempat wisata. Berwisata ke Pantai Cemara Indah bisa menjadi alternatif saat Anda berada di Aceh Singkil. Di sini Anda akan menemukan berbagai aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di pantai ini.

Menikmati keindahan pantai

Pantai Cemara Indah menawarkan panorama pantai yang indah dan mempesona, sehingga pantai ini tidak pernah sepi meski sedang berlibur. Tempat wisata di Aceh Singkil ini bisa Anda jadikan tujuan wisata Anda. Hamparan pasir putih lembut menanti Anda di sepanjang pantai.

Anda bisa menikmati keindahan pantai dengan duduk-duduk di atas pasir putih atau berteduh di bawah pepohonan pinus. Paviliun-paviliun tersebut siap menjadi tempat bersantai sambil menikmati kelapa muda. Pantai ini sangat cocok untuk liburan keluarga atau sejenak melepaskan diri dari hiruk pikuk kota.

Wisata kuliner

Tak hanya menyuguhkan keindahan pantainya saja, Anda juga bisa mencari berbagai kuliner lezat khas Aceh yang dijual di warung dan restoran sekitar pantai. Tentu saja makanan yang paling banyak diminati wisatawan adalah makanan olahan berbahan dasar lokan, sejenis kerang.

Teksturnya yang kenyal dan gurih serta diolah dengan berbagai macam bumbu membuat masakan ini sangat nikmat dijadikan santapan siang hari. Biasanya Lokan direbus menjadi rendang, sate, digoreng atau bisa juga dicampur dengan pisang untuk dijadikan hidangan penutup yang nikmat. Tak hanya Lokan, masakan khas Aceh Singkil juga banyak ditemukan di restoran-restoran sekitar pantai.

Perburuan Foto

Belum lengkap rasanya bila berada di Pantai Cemara Indah namun tidak mengabadikan momen yang sangat berharga dengan berswafoto di depan kamera. Pantai ini mempunyai panorama yang indah sehingga banyak wisatawan yang datang ke pantai ini hanya sekedar ingin berfoto untuk mengabadikan pemandangan di tempat wisata ini.

Baca juga:

Jam buka dan biaya masuk Pantai Cemara Indah

Jika Anda ingin menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga, Anda bisa mampir kapan saja karena buka 24 jam sehari. Untuk memasuki kawasan pantai, wisatawan harus membayar tiket masuk sebesar 3.000 per orang dan membayar biaya parkir sebesar 1.000 rupee. Rp 5.000 untuk sepeda motor, sedangkan Rp 50.000 untuk kendaraan roda empat. Biaya ini sudah termasuk biaya parkir kendaraan.

Tips Menuju Pantai Cemara Indah

  • Bawalah baju ganti jika Anda berencana berenang di pantai.
  • Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen di pantai.
  • Berhati-hatilah saat bermain atau berenang di laut.
  • Jangan sembarangan membuang sampah di sekitar pantai.

Galeri foto Pantai Cemara yang indah

Potret Indahnya Pantai Cemara
Pilihan kabin untuk istirahat
Penyewaan ATV
Potret pantai di malam hari
Sunset di Pantai Cemara Indah

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button