Tempat Wisata

Air Terjun Kuta Malaka: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Air Terjun Kuta Malaka menyimpan begitu banyak keindahan alam yang luar biasa. Air terjun ini juga memiliki tujuh tingkat dan setiap tingkat memiliki ciri khas tersendiri. Untuk mencapai tempat ini cukup sulit karena akses jalan belum sepenuhnya beraspal. Lokasi air terjun ini berjarak sekitar 45 kilometer dari kota Banda Aceh. Dan untuk menuju kesana akan lebih baik menggunakan sepeda motor atau mobil dua gardan. Saat berkendara, Anda akan melihat jalan yang dikelilingi pemandangan persawahan hijau di sisi kiri dan kanannya. Dari kejauhan terlihat megahnya gunung Seulawah Agam di sisi kiri jalan.

Air terjun ini juga terletak di bukit Kuta Malaka. Dan untuk menuju air terjun tersebut Anda harus melewati berbagai jalan terjal, bahkan menanjak dan berkelok-kelok. Jalanan licin, apalagi saat musim hujan, sehingga risiko kendaraan terjatuh dan terpeleset sangat tinggi. Tak jarang pengunjung melewati beberapa anak sungai yang rata-rata memiliki kedalaman sekitar 40-80 cm. Tidak ada jembatan yang sengaja dibangun untuk melintasi anak sungai ini yang terlihat di sini. Mau tidak mau, pengunjung harus berhati-hati saat melintasi anak sungai tersebut. Perjalanan ini pun menimbulkan kegaduhan dan memicu adrenalin.

Namun semua itu terkompensasi dengan keindahan air terjun ini. Saat pengunjung mencapai puncak dan melihat ke arah timur, mereka akan disuguhi pemandangan indah dengan perpaduan latar belakang perbukitan Savannah, daratan kota Aceh, dan latar belakang Selat Malaka yang terlihat samar-samar. Sungguh panorama alam yang begitu menakjubkan. Di puncak bukit ini juga terdapat sebuah bangunan yang khusus digunakan sebagai tempat parkir, sehingga pengunjung yang datang dengan kendaraan sendiri tidak perlu khawatir untuk memarkir kendaraannya.

Keindahan Air Terjun Kuta Malaka

Untuk memasuki air terjun ini, pengunjung harus menjelajah kurang lebih 200 meter lebih dalam ke dalam hutan. Pengunjung juga harus melanjutkan jalur dengan berjalan kaki melalui kurang lebih 412 anak tangga, yang dimaksudkan untuk memudahkan jalur. Di kiri dan kanannya akan terlihat beberapa pepohonan rindang yang memberikan udara sangat sejuk. Pengunjung juga diiringi suara merdu burung liar dan jangkrik yang seakan menyambut kedatangan para pengunjung.

Aliran air terjun ini berasal dari mata air pegunungan dan menghasilkan air yang sangat jernih dan dingin saat disentuh. Air yang dihasilkan sangat jernih sehingga dasar danau di bawah air terjun terlihat jelas dari permukaan dan memancarkan warna kehijauan.

Seperti yang telah disebutkan di atas, air terjun ini memiliki sekitar tujuh tingkat. Setiap tingkatnya juga memiliki ketinggian yang berbeda-beda, antara 3-6 meter. Di bawah tiap air terjun juga terdapat telaga dengan kedalaman rata-rata 1-2 meter dan lebar 2-3 meter.

Pengunjung umumnya tergoda dengan air di danau. Aktivitas seperti berenang dan bermain seluncuran air atau bahkan meluncur dari atas danau merupakan aktivitas yang sering dilakukan banyak pengunjung. Namun pengunjung yang tidak bisa berenang bisa menikmati kejernihan air dengan mandi di telaga yang dangkal. Atau nikmati keindahan alam ini dengan duduk santai menikmati suara air dan kicauan merdu burung-burung liar. Panorama alam yang indah ini diyakini mampu menghilangkan penat akibat kebisingan bahkan penat akibat rutinitas pekerjaan sehari-hari.

Baca juga: Pulau Klah, keindahan tersembunyi di kota Sabang

Peta lokasi air terjun Kuta Malaka

Air Terjun Kuta Malaka terletak di Daerah Samahani, Kabupaten Aceh Besar. Akses menuju tempat ini agak sulit. Sebab jalan menuju ke tempat ini belum sepenuhnya beraspal. Bahkan ketika sampai di kawasan ini, medan jalan bisa dibilang ekstrim karena wisatawan akan menemukan jalan berwarna merah, apalagi jika sudah hujan jalan akan sangat licin. Untuk itu wisatawan yang ingin berkunjung harus selalu berhati-hati.

Fasilitas di Air Terjun Kuta Malaka

Fasilitas umum di kawasan wisata ini masih minim.

Jam buka Air Terjun Kuta Malaka dan biaya masuk

Jika anda ingin mengunjungi tempat wisata Air Terjun Kuta Malaka di Aceh, anda bisa datang mulai pukul 08.00 dan tutup pada pukul 16.00. Untuk memasuki tempat wisata alam ini, pengunjung dikenai biaya masuk yang cukup terjangkau. Pengunjung hanya dikenakan biaya masuk sekitar Rp 10.000. Sedangkan pengunjung hanya dipungut biaya parkir sebesar-besarnya.

Tips berlibur ke Air Terjun Kuta Malaka

  • Pastikan Anda menjaga kesehatan dan memiliki stamina yang cukup
  • Bawalah perbekalan yang diperlukan seperti makanan dan minuman
  • Jika ingin berkunjung ke tempat ini sebaiknya saat cuaca cerah atau musim kemarau karena jalanan sangat licin setelah hujan
  • Selalu menjaga alam dengan tidak merusak fasilitas yang ada dan tidak membuang sampah sembarangan

Galeri foto air terjun Kuta Malaka

Potret air terjun Kuta Malaka
Bersepeda ke air terjun
Tur keluarga ke air terjun
Berenang di air terjun Kuta Malaka
Menikmati keindahan air terjun
Pesona Air Terjun Kuta Malaka

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button