Tempat Wisata

Pemandian Air Panas Jaboi: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan lokasi

Pemandian Air Panas Jaboi terletak tidak jauh dari jalan utama, sehingga lokasi ini juga memberikan kemudahan bagi pengunjung yang ingin mengunjungi tempat wisata populer di Sabang. Tempat ini sering dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara beserta keluarganya sambil menikmati pemandian air panas. Pemandian air panas ini akan selalu ramai dikunjungi terutama pada hari libur. Pengunjungnya berasal dari segala usia, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua.

Keindahan Pemandian Air Panas Jaboi yang mempesona

Satu hal yang menjadi daya tarik pengunjung ke tempat ini adalah air panas yang tersedia berasal dari air mata gunung berapi di dekat pemandian ini. Selain itu pemandangan alamnya juga mampu membuat para pengunjung takjub, dan udara yang bertiup di tempat ini juga cukup sejuk. Tempat ini juga menawarkan kesan dan pesona alam yang menakjubkan. Eksotisnya alam pulau paling barat di Indonesia ini membuat pengunjung terpesona dengan panorama senjata yang dipamerkan. Bahkan tak jarang pengunjung kembali lagi ke kawasan wisata ini. Selain itu, resor tepi laut ini juga dekat dengan pantai sehingga tempat ini menawarkan pemandangan unik dan indah yang bisa dinikmati oleh umum.

Air panas ini berasal dari mata air yang mengalir dari celah Gunung Api Jaboi yang letaknya tepat di depan sumber air panas dengan jarak sekitar 5 kilometer. Air panas yang dipancarkan pengelola kemudian dialirkan sejauh 400 meter melalui pipa khusus yang menjaga air tetap panas hingga mencapai kolam. Air yang mengalir lurus biasanya berwarna kecoklatan. Hal ini disebabkan tingginya kandungan sulfur di perairan tersebut. Namun jangan khawatir, karena setelah kurang lebih 3 hari kandungan belerang mengendap di dasar kolam dan air berubah menjadi kehijauan.

Banyak warga sekitar yang percaya bahwa mandi di air panas alami ini bermanfaat bagi tubuh karena kandungan belerang di dalamnya. Air panas ini juga dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit seperti rematik dan penyakit kulit lainnya. Selain menyembuhkan penyakit, mandi di kolam termal ini juga memberikan efek relaksasi. Berenang di kolam termal di sana juga bisa menghilangkan rasa bosan dan penat yang timbul akibat pekerjaan sehari-hari.

Menurut warga setempat, pancaran air panas yang berasal dari Gunung Jaboi sebenarnya cukup banyak, bahkan ada pancaran air panas yang suhu airnya sekitar 50 derajat Celcius. Namun air selalu mengalir keluar tanpa hambatan dan air tidak dapat digunakan.

Resor tepi laut ini juga memiliki dua kolam pemandian yang diperuntukkan bagi pengunjung. Dan juga terdapat dua tangki berpagar, kedua tangki ini untuk kebutuhan masyarakat sekitar.

Fasilitas Pemandian Air Panas Jaboi

Tak hanya menyuguhkan pemandangan yang eksotik dan berbeda dengan tempat pemandian lainnya. Berbagai fasilitas penunjang juga tersedia di kawasan ini untuk membantu meningkatkan kenyamanan pengunjung. Fasilitas yang tersedia di lokasi ini antara lain toilet umum atau toilet umum dan ruang ganti. Tersedia juga tempat parkir bagi pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi.

Biaya masuk Pemandian Air Panas Jaboi

Bagi pengunjung yang ingin datang ke tempat ini kapan saja dalam waktu 24 jam untuk memanfaatkan air panas atau sekadar menikmati pemandangan alam di tempat ini, tidak perlu membayar tiket masuk. Dengan kata lain, tidak dipungut biaya masuk untuk masuk ke tempat ini secara gratis, namun tetap ada sumbangan sukarela untuk kebersihan. Hal ini tidak bisa dibandingkan dengan keuntungan yang ditawarkan dan pemandangan alam yang mampu memukau pengunjung.

Baca juga: Pantai Ujong Kareung, keindahan bebatuannya yang mempesona

Peta lokasi dan akses ke Pemandian Air Panas Jaboi

Lokasi pemandian air panas ini berada di Desa Gampong Keuneukai, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang. Bagi pengunjung yang ingin menuju lokasi ini, perjalanan dari pusat kota mungkin hanya memakan waktu sekitar 30 menit saja. Namun jika pengunjung datang dari Pelabuhan Balohan Sabang waktu yang dibutuhkan lebih singkat, hanya sekitar 20 menit saja.

Tempat ini sangat cocok bagi anda yang masih ragu dalam memilih tempat wisata. Tempat ini bisa menjadi salah satu destinasi Anda untuk menghabiskan waktu bersama teman atau anggota keluarga saat berlibur.

Tips berlibur ke Pemandian Air Panas Jaboi

  • Siapa pun yang menderita rematik atau penyakit kulit dapat mencoba salah satu alternatif penyembuhan berikut
  • Jangan lupa membawa baju ganti
  • Membawa perbekalan dan perlengkapan lainnya
  • Selalu menjaga alam dengan tidak merusak fasilitas yang ada dan tidak membuang sampah sembarangan

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button