Tempat Wisata

Pantai Lampuuk: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Pantai yang terletak di Desa Masjid Meunasah, Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Aceh ini berada di jalur Banda Aceh Calang atau Aceh Jaya atau sekitar 20 kilometer dari kota Banda Aceh. Akses menuju kawasan wisata ini cukup sulit. Satu-satunya cara untuk mencapai tempat ini adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi karena di dekat tempat ini tidak ada angkutan umum yang menuju kawasan pantai wisata ini. Jangan khawatir, jalan menuju lokasi sudah dalam kondisi baik

Kota pantai ini pernah menjadi salah satu tempat yang paling terkena dampak gelombang besar tsunami tahun 2004. Akibatnya berbagai fasilitas di lokasi ini rusak parah. Namun jangan khawatir, kota pantai yang terletak tepat di Samudera Hindia ini sudah mengalami renovasi sarana dan prasarana.

Keindahan Pantai Lampuuk yang mempesona

Pantai Lampuuk merupakan salah satu destinasi wisata utama di Nanggro Aceh Darussalam (NAD), khususnya di Banda Aceh. Di kawasan pantai ini terdapat garis pantai sepanjang sekitar 5 kilometer membentuk sebuah teluk kecil yang sangat indah dan unik. Pantai ini diselimuti pasir putih yang indah, bersih dan lembut, air laut yang berwarna biru kehijauan, serta gulungan ombak yang besar sehingga menambah panorama keindahan yang utuh.

Hamparan pepohonan pinus yang rimbun menciptakan suasana sejuk dan deretan pegunungan hijau menjadi latar pemandangan alam yang menakjubkan. Di tempat ini, pengunjung tidak hanya bisa menikmati keindahan alam pantai ini, namun juga menyalurkan bakat dan hobi berselancar. Kebanyakan pengunjung datang ke sini untuk menjajal ombak besar di Pantai Lampuuk. Ombak di pantai ini terkenal besar, namun tetap ramah bagi para peselancar. Oleh karena itu, tidak heran jika warga dan pengunjung lokal menyebut tempat ini sebagai “Kuta”-nya Aceh.

Kawasan wisata ini juga memiliki 4 pintu masuk yang berjajar dari selatan hingga utara. Keempat pintu masuk ini juga mempunyai nama sesuai urutannya yaitu Babah Satu, Babah Dua, Babah Tiga dan Babah Empat. Pengunjung lokal biasanya masuk melalui Pintu Masuk Satu dan Dua atau Babah Satu dan Dua, sedangkan pengunjung asing biasanya masuk melalui Pintu Masuk Babah Tiga. Pintu masuk ini juga biasanya diperuntukkan bagi mereka yang ingin berselancar.

Selain itu, juga tersedia di lokasi ini perahu pisang dan olahraga air lainnya ditawarkan kepada pengunjung sambil menikmati keindahan alam. Ada juga Lapangan Golf Seulah yang berlatar belakang gulungan ombak. Panorama yang sangat indah semakin terasa di sore hari saat matahari terbenam sehingga menciptakan keindahan yang tak terlupakan.

Terdapat juga kawasan yang cukup menarik dan tidak jauh dari Pantai Lampuuk terdapat pusat konservasi penyu yang didirikan ketika Aceh masih dalam masa pertumbuhan. rekreasi setelah tsunami. Hal ini juga menjadi salah satu daya tarik bagi pengunjung yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini.

Fasilitas di Pantai Lampuuk

Di tempat ini tidak hanya terdapat permainan pantai yang sangat menyenangkan, tetapi juga sederet warung yang menawarkan berbagai jenis makanan untuk mengisi perut yang mulai bernyanyi. Namun sebagian besar makanan yang ditawarkan adalah makanan laut. Jenis ikannya bermacam-macam seperti ikan kerapu, ikan rambe, udang, cumi dan masih banyak jenis makanan lainnya. Jangan lupa pengunjung juga perlu memperhatikan harga makanannya, karena harga yang ditawarkan bisa saja berbeda-beda.

Bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan atau suasana malam di pantai ini tidak perlu khawatir. Di kawasan pantai ini juga terdapat penginapan untuk bermalam. Terletak di ujung pantai, properti ini cukup unik. Lokasi akomodasi ini terletak di atas tebing sehingga membuat pemandangannya sangat indah. Terdapat juga bungalow di tengah laguna kecil tepat di bawah properti ini. Dari kejauhan properti ini tidak terlihat jelas, namun saat pengunjung mendekati kawasan tebing akan melihat sebuah penginapan bernama Joel's Bungalow.

Baca juga: Pantai Lhoknga, pantai eksotis dengan spot selancar yang menantang

Peta Pantai Lampuuk

Jam buka dan tarif masuk Pantai Lampuuk

Untuk mengunjungi lokasi Pantai Lampuuk pengunjung bisa datang kapan saja karena buka 24 jam dan diminta membayar tiket masuk yang cukup murah. Pengunjung hanya dikenakan biaya sebesar Rp 3.000, namun biaya parkir juga berlaku bagi yang datang dengan kendaraan pribadi. Harga tiket yang ditawarkan sangat terjangkau dibandingkan dengan keindahan alam yang disajikan.

Tips berlibur di pantai Lampuuk

  • Jangan lupa membawa baju ganti
  • Bawalah perlengkapan yang diperlukan dan jangan lupa membawa serta menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang berbahaya
  • Membawa perbekalan makanan dan minuman
  • Bawalah kamera untuk menunjang liburan dan mengabadikan momen indah bersama
  • Kepedulian terhadap keindahan dan kelestarian alam senantiasa dilakukan dengan tidak merusak fasilitas yang ada dan tidak membuang sampah sembarangan.

Galeri foto pantai Lampuuk

Potret Pantai Lampuuk
Potret pantai dengan bebatuan tinggi
Potret pengunjung
Ombak kecil di pantai Lampuuk
Sunset di pantai Lampuuk

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button