Tempat Wisata

Sentul Auto Museum: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Wisata otomotif tentunya menjadi sesuatu yang unik dan berbeda dengan museum lain yang biasanya menyajikan benda-benda bersejarah yang penuh kealamian. Di museum mobil ini pengunjung disuguhkan berbagai jenis mobil yang dianggap antik. Mobil klasik ini memang merupakan barang langka sekaligus memiliki nilai yang tinggi.

Sentul Auto Museum memiliki koleksi berbagai jenis, baik mobil dan motor unik, antik, hingga langka. Bagi Anda yang hobi berkendara atau sekedar ingin berlibur dengan beda, lokasi ini bisa menjadi pilihan liburan untuk Anda dan keluarga.

Museum ini resmi dibuka pada tanggal 20 Agustus 2000 setelah beroperasi selama hampir 16 tahun. Penggagas berdirinya museum ini merupakan hasil ide dan kolaborasi antara Gunawan Chandra dan Tinton Suprapto. Tujuan awal dibangunnya tempat ini bukan sekedar museum mobil, melainkan museum mobil yang penuh dengan cerita sejarah.

Ada mobil bersejarah unik di museum ini, yaitu mobil bekas Dewi Soekarno, Chrysler Imperial Crown Le Baron tahun 1962. Sedan empat pintu ini bermesin V8 dan rupanya bertransmisi otomatis Torquefieldte A-727. Tenaga yang dihasilkan saat itu konon mencapai 340 hp. Ada pula fungsi lain yang cukup lengkap, mulai dari power steering, electric window, AC, dan head unit.

Selain mobil Dewi Soekarno, ada juga mobil Gubernur DKI yang paling terkenal yaitu mobil Ali Sadikin. Koleksi Pak Ali Sadikin terdiri dari mobil Chrysler New York keluaran tahun 1962. Selain itu, juga ada mobil milik mantan Wakil Presiden RI Tri Sutrisno yaitu sedan Volvo warna biru tua tahun 1988.

Di museum ini banyak terdapat mobil-mobil legendaris yang cukup terkenal pada masanya seperti Dodge Fargo tahun 1956, Buick Roadmaster tahun 1954 dan sedan tahun 1954 Chevrolet Bel-Air tahun 1957, namun mobil tertua yang terdokumentasi di Museum yang satu ini adalah Austin Seven Tourer Inggris, yang diluncurkan pada tahun 1933.

Di lokasi ini pengunjung hanya bisa melihat-lihat koleksi museum ini saja, pengunjung tidak diperkenankan masuk atau sekadar membuka pintu mobil. Dengan mengunjungi museum sepeda motor, pengunjung mendapatkan banyak wawasan tentang otomotif, terutama dari masa lalu. Lokasi ini tidak hanya terdapat mobil-mobil antik, namun juga berbagai sepeda motor unik dan antik. Bahkan, pengunjung juga bisa menikmati berbagai bentuk dan produk keramik yang bernilai tinggi.

Museum Mobil Sentul akan terus berupaya memperbanyak koleksinya. Pihak museum bahkan mengundang para kolektor mobil atau motor antik dan klasik untuk mempercayakan mobil atau motornya ke museum ini. Pengunjung pasti tahu bahwa berbagai jenis mobil dan motor yang ada di museum ini semuanya masih dalam kondisi berjalan. Sebab menurut General Manager Sirkuit Internasional Sentul, ia mengungkapkan koleksi mobil yang ada di museum ini masih dalam kondisi baik, bahkan beberapa bulan sekali mobil tersebut dirawat seperti penggantian oli.

Museum Mobil Sentul juga memiliki mobil antik yang menjadi mahakarya yaitu mobil tipe Packard Super 8 produksi tahun 1948 berkapasitas 5.833 cc dan 8 silinder. Meski mobil jenis ini kurang dikenal masyarakat, namun merek Packard pernah menjadi mobil yang cukup terkenal di Amerika Serikat. Mobil dengan desain cantik dan daya tahan tinggi ini pada saat itu tidak ditujukan untuk masyarakat umum dan tidak digunakan. Eksklusivitasnya bahkan bisa disejajarkan dengan besarnya nama salah satu merek ternama saat ini, yakni Rolls-Royce dan Ferrari. Mobil yang dianggap sangat mewah pada masanya ini tidak banyak dimiliki oleh banyak orang, penggunanya adalah anggota keluarga kerajaan dan pejabat tinggi negara. Mobil Packard berakhir di koleksi pribadi pendiri museum untuk dipamerkan kepada pengunjung yang berminat. Mobil ini kini memiliki kisaran harga sekitar Rp 2 miliar yang merupakan nilai wajar untuk membeli mobil ini.

Baca juga: Museum Etnobotani, mempelajari sejarah dan botani dari budaya etnis Indonesia

Lokasi Museum Mobil Sentul

Lokasi Museum Mobil Sentul terletak tepat di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat. Lebih tepatnya berada di Jl. Citeureup, Desa Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Bogor. Tempat wisata ini terletak sekitar 40 kilometer dari pusat kota Bogor. Dengan waktu berkendara sekitar 1-1,5 jam, Anda sudah bisa mencapai tempat-tempat wisata yang menawarkan berbagai spesies dan keunikan yang tersaji di tempat ini.

Biaya masuk dan jam buka Museum Mobil Sentul

Harga tiket masuk ke tempat wisata ini cukup murah, pengunjung hanya membayar Rp 10.000 per orang dan tempat ini juga dilengkapi dengan AC dan toilet. Pada jam operasional, tempat wisata ini buka pada hari Selasa hingga Minggu mulai pukul 09.00 hingga 17.00 WIB, namun saat ini ditutup sementara.

Galeri foto museum mobil Sentul

Beberapa mobil antik di Museum Mobil Sentul
Berburu foto dengan mobil antik
Sepeda motor antik di museumSepeda motor antik di museum
Salah satu Volkswagen tua di museum
Potret mobil mewah di masa lalu

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button