Tempat Wisata

Gunung Bunder: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Bagi wisatawan yang suka hiking atau berlibur dekat dengan alam, kunjungan ke tempat ini wajib dilakukan. Gunung Bunder memberikan suasana santai dan sejuk dengan berbagai pepohonan pinusnya membuat tempat ini sangat nyaman dan tenang. Selain mengagumi keindahan pepohonan pinus, pengunjung juga bisa mengunjungi air terjun yang ada di gunung ini. Jika ingin aktivitas yang lebih menantang, Anda bisa mengunjungi Kawah Ratu yang membutuhkan waktu hampir 4 jam untuk mencapainya.

Pesona Gunung Bunder

Gunung Bunder yang terletak di ketinggian 750-1050 meter diatas permukaan laut ini tidak hanya menawarkan suasana yang tenang dan sejuk, tempat ini juga memiliki banyak air terjun yang bisa dikunjungi antara lain Air Terjun Cigamea, Air Terjun Ngumpet-, Air Terjun Cihurang dan Air Terjun Ngampar dan Seribu Air terjun. Pengunjung semakin tertarik untuk mengunjungi Curug Seribu karena air terjun ini mempunyai ketinggian air terjun yang mencapai 100 meter dan inilah yang menjadi salah satu daya tarik dari air terjun ini. Meski harus melintasi medan yang cukup sulit untuk mencapai air terjun ini dan membutuhkan waktu hingga satu jam perjalanan, namun perjalanan tersebut worth it dengan pemandangan yang sangat indah.

Selain air terjun, ada juga Goa Lumut Indah. Gua ini letaknya tidak jauh dari Curug Ngumpet dan Curug Seribu. Ada yang unik dari gua ini. Pengunjung tidak akan menemukan gua seperti yang dibayangkan di dalamnya, melainkan air terjun dengan warna hijau yang sangat mempesona sehingga memanjakan mata dengan keindahannya. Letak air terjun ini disebut goa karena terletak di antara tebing-tebing tinggi dan hampir menutupinya, sehingga sekilas tempat ini terlihat seperti goa.

Ada pula kawasan yang membutuhkan usaha dan cukup tantangan untuk menikmati keindahannya yaitu Kawah Ratu. Kawah Ratu merupakan kawah yang hampir selalu mengeluarkan gas belerang dan bau khasnya. Untuk mencapai tempat ini harus melalui jalur yang cukup ekstrim dan melelahkan, sekitar 14 kilometer berjalan kaki atau sekitar 3 hingga 4 jam untuk menemukan kawah ini. Namun hal itu terkompensasi dengan indahnya pemandangan yang ditawarkan Kawah Ratu.

Terdapat juga tempat perkemahan di lokasi Gunung Bunder. Lokasi ini diperuntukkan bagi pengunjung yang lebih suka menghabiskan waktunya di bawah pohon pinus yang rindang tersebut. Di sekitar tempat ini juga banyak terdapat warga sekitar yang menjual berbagai jajanan untuk para pengunjung.

Fasilitas yang ada di kawasan wisata ini juga beragam, antara lain fasilitas tamasya, bumi perkemahan, tempat ibadah (masjid), akomodasi dan masih banyak lagi. Bagi pengunjung yang ingin merasakan bermalam di tempat ini, tersedia berbagai jenis akomodasi seperti tipe villa dan resort dengan fasilitas yang memadai dan juga tersedia pilihan harga mulai dari terjangkau hingga termahal di tempat ini juga tersedia. Selain itu juga terdapat fasilitas ibadah bagi umat Islam yaitu Masjid Khusus Inca. Uniknya lagi masjid ini terletak di atas bukit dan dibalut dengan desain yang sangat unik dan eksotis.

Lokasi dan akses menuju Gunung Bunder

Lokasi Gunung Bunder berada di Kecamatan Pemijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Letaknya di sebelah selatan kota Bogor, sekitar 25 kilometer dari pintu tol Bogor. Akses menuju tempat ini cukup mudah. Keluar dari pintu tol Bogor atau Baranangsiang, Anda bisa menuju Universitas IPB Dramaga. Kemudian lurus menuju Ciampea dan melanjutkan perjalanan melalui Cibungbulang. Di sana Anda akan melihat objek wisata Gunung Bunder. Dalam perjalanan menuju Gunung Bunder Anda akan melewati desa-desa yang penduduknya cukup banyak. Selain itu, Anda juga akan menemukan panorama indah seperti persawahan, sungai, dan lain-lain.

Baca juga: Taman Budaya Sentul City, cobalah Wahana Outbound dan Mini Adventure Bogor

Jam buka dan harga tiket Gunung Bunder

Anda yang ingin menikmati keindahan alam Gunung Bunder bisa datang kapan saja karena Gunung Bunder buka 24 jam. Anda kemudian akan dikenakan biaya masuk yang cukup murah dan terjangkau. Harga tiket masuk yang ditawarkan di sini sekitar Rp 5.000/orang. Namun bagi anda yang menuju tempat ini menggunakan kendaraan pribadi baik sepeda motor maupun mobil akan dikenakan biaya tambahan sekitar Rp 10.000 saja. Perlu diketahui bahwa harga ini dapat berubah sewaktu-waktu.

Tips berlibur di Gunung Bunder

Berikut beberapa tips bagi anda yang ingin berlibur ke kawasan wisata alam di Bogor ini:

  • Siapkan stamina yang cukup untuk menjelajahi indahnya panorama alam di Gunung Bunder karena jarak antara satu tempat dengan tempat lainnya cukup jauh.
  • Bawalah perbekalan secukupnya.
  • Selalu menjaga kelestarian dan keindahan alam dengan tidak merusak fasilitas yang ada.

Galeri Foto Gunung Bunder

Selamat datang di Gunung Bunder
Akses jalan menuju Gunung Bunder
Potret pohon pinus
Gunung Bunder di malam hari
Berkemah di Gunung Bunder

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button