Tempat Wisata

Taman Bunga Nusantara: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Liburan dan relaksasi merupakan kegiatan yang sangat menarik, apalagi bersama orang-orang tercinta. Anda mungkin sudah sering mengunjungi tempat-tempat alam seperti pantai atau pegunungan, namun keindahan alam yang berbeda bisa Anda nikmati dengan mengunjungi salah satu tempat di kawasan Cianjur. Taman Bunga Nusantara, taman bunga ini menjadi pilihan berlibur banyak orang untuk melepas kepenatan akibat rutinitas sehari-hari.

Kawasan yang dihias dengan berbagai warna dan bentuk yang unik dan sangat indah menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung tempat ini. Dibalut dengan udara sejuk nan sejuk serta taman yang cukup luas dengan beragam bunga-bunga indah, cocok untuk memuaskan dan memanjakan mata.

Di taman ini, pengunjung bisa melihat dan menikmati beragam hamparan bunga yang tidak hanya dikoleksi dalam negeri, tapi juga sengaja didatangkan dari berbagai negara. Tampilan taman bergaya internasional dengan beragam bunga dan ornamen taman dirancang seindah dan seindah mungkin untuk memberikan suasana santai dan mendidik bagi pengunjung.

Sejarah Singkat Taman Bunga Nusantara

Taman bunga ini diciptakan pada tahun 1992 oleh Ibu Dani Bustanil Arifin. Saat itu ia tak lain menjabat sebagai Ketua Yayasan Bunga Nusantara. Taman ini dibuat oleh Ibu Dani Bustanil Arifin dan seluruh anggota Yayasan Bunga Nusantara dengan harapan menjadikan taman bunga ini sebagai salah satu bentuk penciptaan aset agrowisata. Ia pun berharap taman bunga ini dapat menjadi destinasi wisata nasional dan internasional di masa depan.

Taman Bunga Nusantara diresmikan dan dibuka oleh Presiden Soeharto pada tanggal 10 September 1995. Sejak saat itu, taman bunga ini ramai dikunjungi wisatawan bahkan tempat ini pernah menjadi tempat diadakannya upacara peringatan 50 tahun Hari Kemerdekaan Indonesia.

Ada beberapa tujuan dibangunnya Taman Bunga Nusantara, yaitu:

  • Menjadi wadah atau wadah pelestarian tumbuhan langka dan wadah wawasan lingkungan
  • Sebagai wadah penelitian, sarana pembelajaran dan peningkatan kreativitas masyarakat
  • Mendukung pemerintah daerah dalam membangun dan mengembangkan destinasi agrowisata
  • Memberikan kesempatan kerja kepada masyarakat di kawasan Taman Bunga Nusantara
  • Menjadi tempat rekreasi bagi semua kalangan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara
  • Meningkatnya kecintaan masyarakat terhadap keindahan aneka bunga sebagai sumber kekayaan.

Baca Juga: Pantai Karang Hawu, Keindahan Alam dan Legenda Mistis yang Memesona di Tanah Sukabumi

Tempat yang wajib dikunjungi di Taman Bunga Nusantara

Tempat-tempat yang wajib dikunjungi di kawasan ini antara lain:

  1. taman perancis, Seperti namanya, taman ini memiliki desain Renaissance Perancis dengan bentuk geometris dan dihiasi semak-semak Taiwan. Dalam pameran ini Anda bisa merasakan suasana khas Perancis pada masa pemerintahan Kaisar Louis XIV pada abad ke-17.
  2. Taman Rahasia, Taman ini sebenarnya memiliki konsep taman labirin atau yang lebih dikenal orang sebagai taman labirin. Pengunjung yang mencoba memasuki labirin ini mungkin akan pusing karena harus mencari jalan keluar. Jika pengunjung tidak ingin memasuki taman labirin ini, mereka dapat mengambil foto di depan taman ini.
  3. taman dinosaurus, Jika anda berkunjung ke tempat ini anda akan menemukan beberapa dinosaurus raksasa yang tentunya hanyalah replika tumbuhan yang bentuknya menyerupai dinosaurus berleher panjang.

Selain tempat-tempat tersebut di atas, masih banyak tempat lain yang menarik perhatian dan kekaguman pengunjung. Seperti lokasi “Clock Garden”, “Japanese Garden”, “Green House” dan juga terdapat danau di lokasi ini. Danau ini menjadi “surganya angsa” karena banyak terdapat angsa berwarna putih dan hitam di danau ini. Danau ini dikenal dengan nama danau “Dewi Kunthi” dan juga terdapat patung setengah badan Dewi Kunthi, salah satu tokoh dalam cerita Mahabharata, di danau ini.

Lokasi Taman Bunga Nusantara

Tempat wisata ini terletak di Jalan Mariwati KM 17. Desa Kawangluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Rute menuju tempat ini cukup bagus dan dapat ditempuh dengan mudah

Biaya masuk Taman Bunga Nusantara

  • Biaya masuk: Rp 50.000/orang
  • Biaya masuk trem eksotik: Rp 70.000/orang
  • Tiket Masuk Garden Tram: Rp 60.000/orang
  • Biaya masuk ke Wara-wiri: Rp 20.000/orang
  • Biaya masuk rumah kaca: Rp 5.000/orang

Biaya masuk ke destinasi wisata ini dapat berubah sewaktu-waktu. (Pembaruan Desember 2023)

Jam buka Taman Bunga Nusantara

  • Buka setiap hari dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore

Tips mengunjungi Taman Bunga Nusantara

  • Siapkan stamina yang cukup untuk mengelilingi lokasi Taman Bunga Nusantara
  • Kenakan sepatu yang nyaman karena lokasi ini memerlukan berjalan kaki
  • Bawalah makanan dan minuman karena harga makanan dan minuman di tempat ini cukup mahal hingga tiga kali lipat dari harga normal
  • Kenakan pakaian hangat karena udara di tempat ini cukup dingin

Galeri Foto Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara di Cianjur
Patung jerapah di taman
Berburu foto di taman bunga
Potret labirin di taman bunga
labirin

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button