Tempat Wisata

Pantai Air Dingin: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Kabupaten Aceh Selatan terkenal memiliki beberapa pantai mempesona yang masih alami dan belum terjamah. Tak heran, mengingat kabupaten di Aceh ini merupakan wilayah dengan garis pantai terluas. Salah satu pantai yang banyak terdapat di Aceh Selatan adalah Pantai Air Dingin. Tak hanya menawarkan pesona pantai, tempat wisata ini juga memiliki air terjun yang berada tak jauh dari bibir pantai.

Pantai Udara Dingin merupakan tempat wisata yang selalu dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara pada akhir pekan dan hari libur. Pantai ini sungguh indah, dengan garis pantai sepanjang 600 meter dan pasir berwarna putih kecoklatan. Ombaknya selalu bergulung-gulung seolah menyambut wisatawan sesampainya di tepi pantai.

Pantai air dingin

Secara administratif, Pantai Air Dingin terletak di Kecamatan Sama Dua, Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh. Jika wisatawan ingin menikmati pantai ini, mereka perlu menempuh jarak setidaknya 18 kilometer atau 25 menit dari ibu kota Aceh Selatan yaitu Tapak Tuan.

Lebih tepatnya pantai ini terletak di pinggir jalan raya nasional sehingga wisatawan dapat dengan mudah menjangkaunya. Wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum yang tersedia di Kabupaten Aceh Selatan. Kondisi jalan tersebut juga dinilai sangat baik setelah dilakukan perbaikan pasca bencana tsunami tahun 2004.

Pesona Pantai Air Dingin

Setibanya di pantai, wisatawan disuguhkan panorama pantai berupa hamparan laut luas dengan ombak yang cukup besar. Pantai ini memiliki garis pantai yang cukup panjang sehingga sangat cocok bagi wisatawan yang ingin bermain pasir. Tekstur pasir pantainya yang cukup lembut dan memiliki warna putih kecoklatan membuat kesan pantai ini semakin eksotis.

Air lautnya sendiri sebenarnya cukup jernih dan berwarna biru kehijauan, namun ombaknya cukup besar dan bisa berbahaya bagi wisatawan yang ingin berenang di pantai ini. Berhati-hatilah dan jangan pergi terlalu jauh ke laut saat bermain atau berenang di air.

Pantai air dingin

Selama berada di pantai, wisatawan juga disuguhkan panorama alam berupa perbukitan yang mengelilingi Pantai Air Dingin. Bukit-bukit ini tampak hijau karena ditumbuhi pepohonan sehingga memanjakan mata. Apalagi pantainya banyak ditumbuhi pohon kelapa yang menambah asrinya suasana pantai ini.

Karena garis pantainya yang panjang, pantai ini sangat cocok untuk bermain ATV atau sepeda motor trail. Sayangnya masih belum ada persewaan ATV di sekitar pantai. Setelah puas bermain-main di pinggir pantai, kini saatnya menuju ke air terjun bernama sama yaitu Air Terjun Air Dingin. Air terjun ini letaknya sangat dekat dengan Pantai Air Dingin, hanya sekitar 50 meter saja.

Konon penduduk setempat percaya bahwa air terjun ini merupakan tempat pemandian anak dua naga dengan sosok manusia yang terdapat dalam legenda Putri Naga. Air terjun ini tingginya sekitar 20 meter dan memiliki air yang sangat dingin. Mungkin dari sinilah asal usul nama air terjun dan pantai tersebut.

Air terjun Air Cold mengalir ke laut di Pantai Air Cold. Tempat ini sering dikunjungi wisatawan untuk mandi setelah berenang di pinggir pantai. Airnya sangat sejuk dan jernih, dikelilingi bebatuan besar dan pepohonan rindang membuat air terjun ini terlihat alami. Air di air terjun ini berasal dari pegunungan dan tidak hanya dimanfaatkan sebagai objek wisata tetapi juga sebagai sumbernya oleh warga sekitar.

Fasilitas pantai air dingin

Fasilitas yang ada di objek wisata Pantai Air Dingin ini cukup lengkap. Terdapat tempat parkir yang luas, toilet, serta musala dan mushola yang dapat digunakan wisatawan muslim untuk beribadah. Di sekitar pantai juga banyak terdapat warung dan kafe yang menjadi tempat para wisatawan bisa beristirahat sekaligus mengisi perut keroncongan.

Warung dan kafe di sekitar pantai menjual berbagai makanan dan minuman seperti kopi, es krim muda, aneka olahan ikan, dan makanan khas Aceh. Makanan dan minuman ditawarkan dengan harga yang relatif terjangkau di pantai ini. Kafe dan warung didesain agar wisatawan bisa menikmati pemandangan laut lepas sambil makan.

Baca juga: Pantai Batu Berlayar, pantai unik dengan bebatuan besar

Jika wisatawan ingin menginap di dekat pantai, tersedia juga beberapa hotel dan akomodasi yang bisa disewa. Berwisata ke Pantai Air Dingin sangat menarik sebagai salah satu alternatif destinasi wisata di Aceh Selatan. Berikut aktivitas yang bisa Anda lakukan di pantai.

Menikmati keindahan pantai

Pantai Air Dingin menawarkan keindahan alam yang mempesona. Pantai berpasir putih disertai laut biru luas dengan deburan ombak menjadi daya tarik tersendiri dari pantai ini. Anda bisa leluasa bermain pasir, mandi air laut atau sekadar duduk-duduk di pasir pantai ditemani deburan ombak yang sesekali menyapa tepian pantai.

Keindahan alam sekitar dengan hijaunya perbukitan dan pohon kelapa yang bergoyang tertiup angin laut pun seakan semakin mempercantik pantai di Aceh Selatan ini. Tempat ini sangat cocok bagi anda yang menyukai pantai berpasir putih. Di pantai ini Anda bisa menyegarkan diri setelah seminggu melakukan aktivitas sehari-hari yang membosankan.

Kunjungi air terjun yang dingin

Yang unik dari pantai ini adalah terdapatnya air terjun yang berada tidak jauh dari bibir pantai. Jaraknya hanya sekitar 50 meter dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Usai mandi air laut, Anda bisa membilas tubuh dengan air tawar yang segar dan sejuk dengan berendam di air terjun ini. Air di air terjun ini sangat dingin, hampir sedingin es, sehingga sangat menyegarkan setelah berjemur di pinggir pantai lalu terjun ke air terjun.

Pemandangan di sekitar air terjun pun tak kalah indahnya, dipenuhi pepohonan rindang yang menjulang tinggi dan bebatuan sungai yang cukup besar. Anda juga bisa beristirahat di bawah pohon dekat air terjun ini sambil menikmati suara gemericik air yang jatuh di bebatuan.

Perburuan Foto

Saat Anda berada di suatu tempat dengan panorama yang menakjubkan, Anda wajib berpose di depan kamera untuk mengambil foto. Anda juga bisa berburu foto di tempat wisata ini, banyak objek-objek indah yang bisa Anda jadikan background foto Anda.

Anda bisa berfoto dengan latar belakang lautan luas, pasir putih, puluhan pohon kelapa, atau air terjun yang eksotis. Jangan lupa untuk membawa kamera mumpuni untuk memaksimalkan hasil foto Anda. Perhatikan berbagai posisi dan sudut agar foto Anda lebih menarik untuk diunggah ke media sosial.

Jam buka dan biaya masuk Pantai Air Dingin

Anda yang ingin mengunjungi objek wisata Pantai Air Dingin ini bisa datang kapan saja karena buka selama 24 jam. Wisatawan tidak dikenakan biaya sebesar 5.000 per orang untuk memasuki lokasi Pantai Air Dingin.

Baca juga: 250 Tempat Wisata di Aceh Paling Menarik Yang Wajib Dikunjungi

Peta lokasi Pantai Air Dingin

Tips Berwisata ke Pantai Air Dingin

  • Bawalah baju ganti karena Anda akan merugi jika tidak mandi atau bermain air di pantai.
  • Berhati-hatilah saat berenang karena ombak terkadang semakin besar.
  • Jangan membuang sampah sembarangan pada area air terjun dan pantai.
  • Berhati-hatilah dalam melestarikan tempat wisata dan jangan merusak apapun yang ada di tempat tersebut.

Galeri Foto Pantai Air Dingin

Potret pantai air dingin
Titik foto di bebatuan pantai
Bermain di pantai
Bergoyanglah di pantai untuk kesempatan berfoto
Suasana pantai di malam hari
Matahari terbenam di Pantai Air Dingin

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button