Tempat Wisata

Pantai Sodong: Nikmati keindahan pantai dengan pemandangan Gunung Selok di Cilacap yang menakjubkan

Jelajahi Pantai Sodong di Cilacap yang menawarkan keindahan alam yang mempesona dengan pemandangan megah Gunung Selok dan tebing tinggi yang mempesona.

Harga tiket: Rp6.500, Jam beroperasi: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Karangbenda, Kec. Adipala, Cab.Cilacap, Jawa Tengah; Map: Periksa lokasinya

Pantai Sodong merupakan salah satu destinasi wisata menarik di Cilacap, Jawa Tengah. Jika Anda mencari pantai yang indah, Anda bisa mengunjungi destinasi laut yang eksotis ini.

Pantai ini sering disebut dengan Pantai Selok oleh penduduk setempat. Pasalnya, kawasan pantai ini dekat dengan Gunung Selok. Selain lokasinya yang dekat pegunungan, pantai ini juga menawarkan wisata religi berupa gua bernama Goa Ratu dan Goa Raja.

Lalu apa saja keistimewaan pantai cantik di Cilacap ini? Mari jelajahi berbagai atraksi dan fasilitas yang tersedia di sana.

Kunjungi Hotel Merah di Cilacap

Objek wisata yang ditawarkan Pantai Sodong

Daya Tarik Pantai SodongFoto: Google Maps/Rendi Retissu

1. Dekat Gunung Selok

Daya tarik wisata Pantai Sodong Cilacap yang pertama adalah lokasinya yang dekat dengan Gunung Selok. Kehadiran gunung ini membuat pemandangan pantai semakin indah dan membuat anda betah selama berlibur di pantai ini.

Gunung ini juga bisa Anda kunjungi karena memiliki pesona alam yang tidak kalah menarik. Karena pantainya dekat dengan gunung, maka objek wisata ini memiliki jembatan yang menghubungkan gunung dan kawasan pantai.

Jadi pantai populer ini bisa Anda manfaatkan untuk berfoto atau menikmati pemandangan sekitar yang mempesona.

2. Tebing tinggi yang menakjubkan

Karena Pantai Sodong dekat dengan Gunung Selok, berarti tebing gunung tersebut dekat dengan pantai. Nah, tebing-tebing hijau ini menawarkan pemandangan yang akan membuat Anda betah berlama-lama berada di tepi pantai.

Objek tebing ini juga bisa Anda manfaatkan sebagai tempat mengambil foto. Tebing tinggi ini biasanya dijadikan lokasi fotografi yang kebanyakan diambil dari pinggir pantai atau sambil berenang di pinggir pantai.

Tebing ini akan tetap terlihat karena tingginya mencapai 120 meter. Tempat ini digemari banyak orang, apalagi saat suasana masih lembab.

Cek Tiket Trans Studio Mini Tasikmalaya

3. Deretan pohon cemara

Daya tarik alam Pantai Sodong lainnya adalah pepohonan pinus yang berjajar di tepi pantai. Pohon pinus ini tinggi dan memberikan keteduhan di bagian bawahnya.

Jadi Anda bisa bersantai di kaki pohon yang sejuk. Terdapat juga area tempat duduk di bawah pohon yang bisa digunakan untuk bersantai.

Kursi-kursi di sana diatur secara acak. Anda bisa memilih lokasi yang dekat dengan pantai agar Anda bisa menikmati pemandangan pantai dari kejauhan.

4. Ada wisata religi

Keunggulan Pantai Sodong di Cilacap adalah hadirnya wisata religi di dekat pantai. Wisata religi ini berbentuk gua yang diberi nama Goa Ratu dan Goa Raja. Gua ini biasanya digunakan sebagai tempat meditasi.

Bahkan bisa digunakan untuk ritual keagamaan tertentu. Gua ini rupanya menyimpan cerita yang diyakini warga sekitar. Gua ini diyakini dihuni oleh makhluk gaib.

Oleh karena itu, Anda harus menjaga tata krama dan tata krama yang baik saat berkunjung agar tidak terjadi hal-hal yang tidak pantas. Gua ini tersembunyi di dekat Gunung Selok. Jadi jika Anda sedang mencari lokasinya, sebaiknya tanyakan.

Paket Wisata Air Terjun Panetean Tasikmalaya

5. Terdapat taman bermain

Daya tarik lain dari pantai ini adalah wahana bermainnya. Di kawasan pinus Anda akan menemukan ayunan bergaya vintage.

Di sini Anda bisa berfoto atau bermain bersama teman. Selain itu, Anda juga bisa menyewa beberapa wahana untuk berkeliling pantai.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai SodongFoto: Google Maps/Agus R Hermanto

Pantai Sodong terletak di kawasan Desa Karang Benda, tepatnya di Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Anda bisa memulainya dari Kota Cilacap dan menempuh jarak sekitar 24 km. Setidaknya waktu perjalanan sekitar 30 menit.

Dari Kota Cilacap bisa lewat Jalan Raya Slarang lalu Jalan Ahmad Yani dan sampai di Jalan Srandil yang dekat dengan pantai.

Biaya masuk wisata bahari

Jika Anda mencari pantai dengan tiket masuk terjangkau, Anda bisa mengunjungi Pantai Sodong Cilacap. Untuk berlibur di pantai ini Anda hanya perlu membayar sebesar Rp 6.500 per orang.

Biaya parkir juga berlaku bagi pengunjung yang membawa kendaraan. Sepeda motor dikenakan tarif Rp 3.000 dan mobil dikenakan tarif Rp 5.000. Anda bisa mengunjungi pantai ini mulai pukul 8 pagi hingga 6 sore.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas seru di Pantai SodongFoto: Google Maps/Aditiya Kurniawan

Menikmati panorama pantai

Aktivitas pertama yang bisa Anda lakukan adalah menikmati panorama pantai yang sejuk. Anda bisa duduk santai di Pantai Sodong atau duduk di bawah pohon pinus sambil menikmati Gunung Selok dan semilir angin laut.

Ada juga jembatan di dekat tebing tempat Anda bisa mengagumi pemandangan alam sekitarnya.

Bermain ayunan di pohon pinus sekitar Pantai Sodong

Aktivitas lain yang bisa Anda lakukan adalah bermain ayunan di bawah pohon pinus. Ayunan di pohon pinus ini diperuntukkan bagi orang dewasa.

Tingkat keamanan dan ketinggian ayunan ini tidak cocok untuk anak-anak. Jadi berhati-hatilah saat bermain ayunan.

Ada tempat memancing

Karena Pantai Sodong termasuk dalam kawasan Samudera Hindia, maka kawasan pantai indah ini memiliki muara yang bisa digunakan untuk memancing.

Siapa pun yang suka memancing dapat memanfaatkan area ini untuk mendapatkan pengalaman memancing baru. Sayangnya di sini belum ada informasi mengenai jenis ikan dan biaya tambahan untuk memancing.

Berkeliling dengan sepeda motor ATV

Sepeda motor ATV merupakan salah satu jenis sepeda motor yang bisa Anda temukan di Pantai Sodong Cilacap. Sepeda motor ATV memiliki empat roda sehingga tidak mudah rontok meskipun Anda belum pernah menggunakannya.

Nah, bersepeda di pantai dengan sepeda motor ini akan memberikan Anda pengalaman yang tak terlupakan.

Mengendarai Delman di pantai

Tak hanya sepeda motor ATV saja, Anda juga bisa menaiki delman tertutup mengelilingi pantai. Ada persewaan kereta di sana yang bisa Anda coba.

Sayangnya, belum ada informasi mengenai biaya sewa wisata pantai tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya alokasikan dana lebih banyak untuk menutupi biaya sewa.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas di Pantai SodongFoto: Google Maps/Andri Azka

Fasilitas pendukung yang bisa Anda dapatkan di Pantai Sodong antara lain adalah tempat parkir yang luas, tempat ibadah, dan toilet umum.

Terdapat juga warung jajanan di sekitar pantai. Bahkan terdapat toko yang menjual makanan khas seafood, sehingga pengunjung bisa mencoba masakan seafood yang tidak membosankan.

Ada juga Tempe Mendoan di stand pantai setempat. Mendoan Tempe merupakan salah satu kuliner khas yang bisa Anda coba. Oleh karena itu, banyak sekali pilihan makanan yang bisa dipilih saat berlibur di destinasi bahari ini.

Itulah berbagai hal menarik Pantai Sodong di Cilacap yang bisa menjadi referensi liburan Anda. Kalaupun berkunjung ke pantai ini, kamu tidak akan menyesal karena banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di sana. Jadi kapan kamu akan mampir ke sana?

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button