Tempat Wisata

11 Destinasi Wisata Alam di Jogja untuk Berburu di Kabut Sejuk

Rekomendasi destinasi wisata alam di Jogja ini menawarkan pengalaman berburu kabut yang menyegarkan, memadukan keindahan alam dengan suasana kabut pagi.

Yogyakarta selalu menjadi tujuan wisata yang istimewa dan banyak dicari oleh banyak orang untuk berlibur. Menjelajahi destinasi wisata alam yang diselimuti kabut di Jogja bisa menjadi pilihan liburan yang menarik.

Yogyakarta tidak pernah kekurangan pengunjung dari dalam dan luar negeri, berkat pemandangan alamnya yang menakjubkan yang menawarkan pengalaman unik bagi pengunjung.

Jogja memiliki berbagai macam tempat wisata alam yang bisa Anda nikmati. Bagi yang mencari suasana sejuk dan tenang, ada beberapa destinasi wisata berkabut di Yogyakarta yang menawarkan suasana sejuk dan menyegarkan.

Wisata alam di Jogja untuk berburu kabut

Wisata alam di Jogja untuk berburu kabutFoto oleh Megawan Handra di Google Maps

1. Bukit Bintang Jogja

Menurut informasi Direktori Pariwisata, Bukit Bintang yang juga dikenal dengan nama Bukit Hargodumilah ini menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan.

Terletak di jalan utama Jogja-Wonosari, bukit ini sangat cocok untuk menikmati panorama kota Jogja dari ketinggian dengan udara segar.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Pengunjung bisa menikmati kopi atau teh panas sambil menyantap jagung bakar. Bukit Bintang terbuka untuk umum 24 jam sehari, setiap hari.

Untuk menuju kesana, pengunjung harus menempuh perjalanan dengan sepeda motor atau mobil selama kurang lebih 45 menit dari pusat kota, jaraknya sekitar 22 km melalui Jalan Lingkar Timur.

2. Hutan Pinus Mangunan

Menurut Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, Hutan Pinus Mangunan terletak di Desa Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta dan buka 24 jam sehari. Lokasi ini menyuguhkan pemandangan hutan pinus yang lebat dan asri.

Terdapat dua titik pandang di Hutan Pinus Mangunan yang memungkinkan pengunjung menikmati keindahan hutan pinus dan sekitarnya.

Untuk biaya parkir, pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp3.000 untuk sepeda motor dan Rp10.000 untuk mobil. Fasilitas yang ada di hutan pinus Mangunan cukup lengkap.

Jika anda berangkat dari pusat kota Yogyakarta, perjalanan menuju Hutan Pinus Mangunan memakan waktu sekitar 45 menit dengan jarak sekitar 25 km melalui Jalan Imogiri dan selanjutnya melalui Jalan Mangunan.

3. Kebun Mangunan

Menurut informasi di situs resmi Pemerintah Kabupaten Bantul, Kebun Buah Mangunan merupakan tempat yang tepat untuk kegiatan liburan dan edukasi, dikelilingi oleh berbagai jenis pohon buah-buahan dan terletak di kawasan dataran tinggi.

Untuk masuk, pengunjung hanya perlu membayar biaya sebesar Rp 5.000 per orang, sudah termasuk biaya parkir bus, mobil, atau sepeda motor. Kebun Buah Mangunan buka setiap hari mulai pukul 05.00 hingga 18.00 WIB.

Karena lokasinya di Jalan Imogiri-Dlingo, Sukorame, Mangunan, Kabupaten Bantul, mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun rombongan.

Dari pusat kota Yogyakarta, Kebun Mangunan berjarak sekitar 26 km atau waktu berkendara sekitar 50 menit.

4. Bukit Panguk Kediwung

Dinas Pariwisata DI Yogyakarta menyatakan Bukit Panguk Kediwung yang dibuka pada tahun 2016 dan berlokasi di Kediwung, Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta ini menawarkan pemandangan alam yang indah.

Untuk menuju tempat ini pengunjung dapat mengikuti rambu jalan yang terletak sekitar 20 km dari pusat kota Yogyakarta, menuju ke selatan melalui Jalan Imogiri Timur, melewati Pasar Imogiri, kemudian belok kiri menuju Dlingo, dari sana akan muncul petunjuk arah menuju Bukit Panguk Kediwung. .

Jalan menuju bukit ini sudah beraspal baik, meski kontur jalan sedikit menanjak dan menurun, namun tetap aman. Biaya masuknya Rp 3.000 dan biaya parkirnya Rp 2.000. Bukit Panguk Kediwung buka 24 jam sehari.

5. Bukit Roso Wulan

Menurut Pemkab Gunungkidul, Bukit Roso Wulan menjadi destinasi liburan yang cocok untuk keluarga. Berkat kreativitas warga sekitar, bukit ini menawarkan berbagai spot foto unik dan menarik.

Tempat ini terletak di Dusun Turunan, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta dan dapat ditempuh sekitar 45 menit dari pusat Kota Yogyakarta.

Buka 24 jam setiap hari kecuali hari Senin, Bukit Roso Wulan menyuguhkan panorama yang memukau pengunjung.

6. Watu Mabur

Menurut sumber Kementerian Pariwisata DIY, Tebing Watu Mabur terkenal dengan pemandangan alamnya yang mempesona dan spot foto yang menarik.

Bukit Roso Wulan terletak di Mangunan RT 28, Lemahbang, Dlingo Mangunan, Bantul. Tempat ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar 50 menit atau 28 km dari pusat kota dengan berkendara melewati Jalan Bantul, Jalan Imogiri-Dlingo dan Jalan Mangunan.

Pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 2.000 per orang dan Rp 3.000 untuk setiap titik foto. Biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Tebing Watu Mabur buka 24 jam setiap harinya.

Destinasi berkabut lainnya di Jogja

Foto oleh Febryan Chandra Gunawan di UnsplashFoto oleh Febryan Chandra Gunawan di Unsplash

7. Kebun Teh Nglinggo

Bagi warga Yogyakarta dan sekitarnya yang ingin menikmati perkebunan teh tanpa harus bepergian jauh ke Jawa Barat, Perkebunan Teh Nglinggo di Kabupaten Kulon Progo adalah pilihan yang tepat.

Sangat disarankan untuk mengunjungi Bukit Roso Wulan pada pagi hari untuk merasakan keindahan kabut yang mempesona. Jika ingin bermalam, terdapat homestay di dekat perkebunan teh yang akan memberikan Anda pengalaman langsung bangun tidur dengan dinginnya udara khas pegunungan.

Kebun Teh Nglinggo terletak di Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, sekitar 39 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta. Perjalanan ke sana memakan waktu sekitar 1,5 jam.

Menikmati keindahan kebun teh dataran tinggi di tempat ini sangat terjangkau dengan biaya masuk hanya Rp 3.000 saja.

8. Waduk Sermo

Waduk Sermo di Kulon Progo merupakan destinasi wisata populer yang sering terjadi kabut, terutama setelah hujan pagi.

Pemandangan waduk yang diselimuti kabut sambil menikmati udara sejuk sangat mengesankan dan cocok bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam atau menyaksikan matahari terbit.

Bagi yang berencana berkemah di pinggir waduk, penting untuk mendapatkan izin dan memperhatikan kondisi cuaca, terutama risiko peningkatan aliran air saat hujan.

Situs tersebut terletak di Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, sekitar 35 kilometer dari Kota Yogyakarta dan sekitar 6 kilometer dari pusat kota Wates.

9.Bunker Kaliadem

Bunker Kaliadem di kaki Gunung Merapi menyuguhkan pemandangan gunung berapi yang menakjubkan di perbatasan DI Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Kabut biasanya terjadi di perkebunan teh Nglinggo sekitar pukul 17.00 WIB dengan suhu udara rata-rata sekitar 22 derajat Celcius. Tempat ini bisa dicapai dengan mobil pribadi atau jeep sewaan mulai dari Rp 350.000.

Meski buka 24 jam, perlu diingat belum ada listrik sehingga kalau sore jadi gelap.

10. Gunung Ireng

Gunung Ireng di Kabupaten Gunungkidul tidak hanya menjadi destinasi wisata pantai tetapi juga tempat yang tepat untuk berburu kabut dan menyaksikan matahari terbit yang menakjubkan.

Letaknya di Desa Pengkok, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta dan berjarak sekitar satu jam perjalanan dari Kota Yogyakarta dengan jarak tempuh sekitar 25 kilometer.

Biaya masuk setiap pengunjung sebesar Rp 3.000, biaya parkir sepeda motor sebesar Rp 2.000 dan mobil sebesar Rp 5.000. Meski disebut “gunung”, jalur menuju puncaknya tidak terlalu sulit dan aksesnya pun mudah.

11. Ngarai Tembelan

Terletak di Dusun Kanigoro, Mangunan, Jurang Tembelan dikenal sebagai “Negeri Di Atas Awan” dan merupakan tempat yang ideal untuk dikunjungi setelah pagi yang hujan. Dari sini pengunjung bisa menikmati kabut yang membentuk lapisan awan.

Dibangun dengan aman di tepi tebing, tempat fotografi dan melihat matahari terbit ini sangat indah. Tiket masuk Ngarai Tembelan sangat terjangkau hanya dengan Rp 2.500 saja.

Berikut ini pilihan destinasi wisata di Jogja yang cocok bagi Anda yang ingin menjelajahi indahnya kabut. Nikmati liburan Anda!

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button