Tempat Wisata

Pantai Sundak: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Kabupaten Gunung Kidul terkenal memiliki puluhan pantai indah yang seolah memikat wisatawan lokal maupun mancanegara untuk menikmatinya. Tak heran jika kabupaten di Provinsi Yogyakarta ini dijuluki “Lombok-nya Jogja”. Pantai Sundak merupakan pantai dengan pesona alam yang mempesona dan pantai berpasir putih di pesisir pantainya.

Meski tidak memiliki hamparan pantai yang luas seperti pantai lainnya, namun tempat wisata ini tetap menjadi pilihan menarik bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu berlibur. Pantai Sundak menawarkan beragam panorama alam yang indah seperti tebing, pasir putih, dan air laut yang jernih.

Pantai Sundak

Lokasi Pantai Sundak secara administratif terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Dari pusat kota Jogja wisatawan harus menempuh jarak sekitar 70 kilometer atau setidaknya dua jam. Lokasinya sendiri tidak jauh dari Pantai Kukup, hanya sekitar 3 kilometer saja.

Lokasi pantai ini juga cukup mudah dijangkau. Jalan utama yang menghubungkan lokasi tersebut dalam kondisi baik, meski wisatawan terkadang menjumpai jalan berkelok-kelok. Dalam perjalanan menuju pantai Anda akan menikmati pemandangan perbukitan tebing dan ladang milik warga sekitar yang terlihat hijau asri. Pemandangan indah ini tentu akan membuat perjalanan semakin menyenangkan.

Sejarah Pantai Sundak

Ada mitos yang diyakini penduduk setempat yang masih diturunkan secara turun temurun tentang penamaan pantai ini. Pantai yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia ini awalnya bernama Pantai Wedimbedah. Nama pantai ini berasal dari fenomena alam yang sangat unik yang terjadi setiap tahun di pantai ini.

Saat musim hujan, sebagian besar air yang berasal dari daratan mengalir ke laut. Fenomena ini menyebabkan daratan pantai timur terbelah dan membentuk cekungan mirip sungai. Air mengalir dari daratan ke laut dan memecah pasir sehingga terciptalah sungai kecil.

Namun fenomena tersebut tidak akan terjadi pada musim kemarau. Cekungan yang membentuk sungai kecil itu hilang ditelan gelombang laut. Fenomena alam inilah yang memberi nama pantai ini dengan nama Pantai Wedimbedah. Wedi sendiri dalam bahasa Jawa artinya pasir, sedangkan mbedah bisa diartikan pembagian.

Pada tahun 1976, terjadi peristiwa yang melatarbelakangi perubahan nama pantai ini menjadi Pantai Sundak. Konon ada seekor anjing lapar di pantai ini mencari mangsa. Anjing itu sedang mencari makan di sebuah gua tak jauh dari pantai ini. Di gua ini anjing tersebut kebetulan menemukan seekor bulu babi.

Anjing yang kelaparan tanpa pikir panjang itu langsung memakan bulu babi tersebut. Akhirnya anjing itu keluar dengan setengah tubuh landak di dalam mulutnya. Pemilik anjing tersebut mengetahui hal tersebut, namun anehnya tubuh anjing tersebut basah kuyup, seolah-olah baru saja menceburkan diri ke dalam air. Pemilik anjing tersebut pun mengajak warga sekitar untuk melihat ke dalam gua tempat anjing tersebut memakan bulu babi.

Setibanya di gua, pemilik anjing dan warga menemukan sumber air tawar yang melimpah. Peristiwa ini akhirnya menjadi berkah bagi warga sekitar yang sudah bertahun-tahun kekurangan air bersih. Kejadian tersebut diabadikan atas nama pantainya yaitu Pantai Sundak kependekan dari Asu dan Landak.

Pesona Pantai Sundak

Panorama alam yang ditawarkan pantai ini tak kalah indahnya dengan pantai lain di Yogyakarta. Setelah memarkir kendaraan, wisatawan terlebih dahulu harus berjalan kaki sekitar 30 hingga 50 meter untuk sampai ke pantai ini. Sesampainya di lokasi, wisatawan disuguhi hamparan pasir putih yang membentang di sepanjang pantai.

Pantai ini memiliki air laut yang cukup jernih dengan warna kebiruan. Jernihnya air laut memudahkan wisatawan melihat bebatuan karang dan biota laut di dalamnya. Wisatawan bisa leluasa bermain pasir, bermain air atau sekadar duduk-duduk di atas pasir putih sambil memandangi lautan luas dengan segala deburan ombaknya.

Pantai Sundak

Karakteristik ombak di Pantai Sundak cukup besar, seperti pantai-pantai lain yang berbatasan langsung dengan laut selatan. Sehingga wisatawan perlu berhati-hati jika ingin bermain atau berenang di air di pantai eksotis ini. Di pantai ini juga terdapat bebatuan yang cukup besar. Sayangnya batu tersebut jauh dari pantai sehingga wisatawan tidak bisa memanjat batu tersebut.

Banyak pohon tumbuh subur di sekitar pantai. Hijaunya pepohonan ini seolah menciptakan suasana asri dan alami. Wisatawan bisa berteduh di bawah pepohonan dan menikmati sejuknya angin laut saat matahari bersinar terik.

Selain itu, terdapat juga pondok bambu sederhana yang bisa digunakan wisatawan untuk bersantai setelah lelah bermain di pantai berpasir putih. Pengunjung bisa bersantai di gubuk ini ditemani segarnya es krim kelapa muda dan pemandangan laut yang mempesona.

Fasilitas di Pantai Sundak

Fasilitas penunjang bagi wisatawan di tempat wisata ini sudah cukup memadai. Misalnya saja tempat parkir yang cukup luas, toilet umum dan beberapa warung yang menjual makanan dan minuman. Namun, masih belum tersedia hotel atau akomodasi di sekitar pantai ini bagi wisatawan yang ingin bermalam.

Wisatawan juga disuguhi warung-warung yang menawarkan kuliner seafood di sekitar pantai. Meski ragam kulinernya tidak sebanyak Pantai Depok, namun tidak ada salahnya mengisi perut Anda dengan berbagai hidangan menggugah selera usai menikmati keindahan Pantai Sundak.

Baca juga: Pantai Wediombo, pantai mempesona dengan kolam renang alami

Menikmati keindahan pantai

Jika Anda berencana berlibur ke Jogja, tidak salah jika memasukkan Pantai Sundak ke dalam daftar destinasi wisata Anda. Pantai ini sangat cocok bagi anda yang menyukai pantai berpasir putih yang terhampar di sepanjang pantai. Selain itu, pantai ini juga menawarkan beragam keindahan alam yang pasti akan membuat Anda jatuh cinta saat melihatnya.

Anda bisa leluasa bermain pasir, bermain air atau bersantai di atas pasir putih ditemani angin dan deburan ombak yang menghantam bebatuan. Pantai ini juga masih alami dan belum terlalu ramai dikunjungi wisatawan. Sangat cocok bagi anda yang ingin menenangkan diri dan melepas penat dari hiruk pikuk ibukota.

Wisata kuliner

Selain panorama alamnya yang indah, pantai ini juga menawarkan wisata kuliner yang didominasi makanan laut. Bagi anda pecinta seafood sangat cocok mengunjungi tempat wisata ini. Terdapat banyak warung yang menyajikan berbagai hidangan ikan yang menggiurkan.

Ada banyak ragam kuliner seafood yang bisa dipilih, seperti ikan, cumi, udang, dan kepiting. Harga yang dipatok tergolong murah namun sangat terjangkau. Nikmati lezatnya hidangan seafood sambil menikmati keindahan alam di tepian Pantai Sundak.

Perburuan Foto

Tempat wisata ini juga populer di kalangan fotografer lanskap. Jadi jika Anda mempunyai hobi fotografi, tidak ada salahnya mengunjungi pantai dengan ombak besar ini untuk mencari subjek foto. Ada berbagai objek menarik yang bisa Anda abadikan, seperti lautan luas, pasir putih, dan bebatuan karang yang indah.

Pantai Sundak juga sangat cocok bagi anda yang sedang mencari objek untuk foto prewedding. Keindahan pantai ini mampu membuat foto prewedding Anda semakin berkesan. Pengambilan foto dengan latar belakang keindahan pantai dan terbenamnya matahari akan menciptakan sebuah karya fotografi yang bernilai seni tinggi.

berkemah

Berkemah juga merupakan kegiatan yang biasa dilakukan di Pantai Sundak. Banyak anak muda dan komunitas pecinta alam yang mendirikan tenda di sekitar pantai pada akhir pekan. Hal ini juga sering dilakukan oleh wisatawan yang ingin bermalam. Karena jarang ditemukan hotel atau akomodasi di dekat kota pantai ini.

Di pantai ini Anda bisa menghabiskan malam bersama teman dan orang terdekat Anda. Menikmati indahnya malam yang tenang dan mulai sejuk, ditemani api unggun dan bintang-bintang yang bertebaran di langit, tentu menjadi pengalaman tersendiri.

Biaya masuk Pantai Sundak

  • Biaya masuk pada hari kerja: Rp 5.000/orang
  • Biaya masuk akhir pekan: Rp 6.000/orang
  • Biaya parkir sepeda motor: Rp 2.000
  • Biaya parkir: Rp 5.000

Biaya masuk ke destinasi wisata ini dapat berubah sewaktu-waktu. (Pembaruan Desember 2023)

Jam buka Pantai Sundak

Baca juga: 58 Tempat Wisata di Jogja Paling Menarik yang Wajib Dikunjungi

Peta lokasi Pantai Sundak

Tips menuju Pantai Sundak

  • Berhati-hatilah saat berkendara ke kota pantai ini karena jalannya berkelok-kelok dan terkadang berbelok tajam.
  • Wisatawan sangat disarankan untuk tidak berenang karena ombaknya cukup besar.
  • Wisatawan diperbolehkan bermain air namun tetap perlu berhati-hati.
  • Di sekitar pantai belum terdapat hotel atau akomodasi, wisatawan dapat menggunakan tenda jika ingin bermalam.
  • Jaga terus kelestarian dan kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Galeri foto Pantai Sundak

Pantai Sundak
Dinding batu karang di pantai
Spot foto di bawah batu
Fasilitas istirahat

Pilihan akomodasi
Sunset di Pantai Sundak

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button