Tempat Wisata

Pantai Mutiara, pantai berpasir putih dengan pesona bawah laut yang eksotis di Trenggalek

Pantai Mutiara merupakan pantai pasir putih menakjubkan di Trenggalek dengan kaya akan perlindungan terumbu karang, membuka dunia keindahan bawah laut yang mempesona.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Karanggongso, Kabupaten Tasikmadu. Watulimo, Kab.Trenggalek, Jawa Timur; Map: Periksa lokasinya

Pantai Mutiara di Trenggalek, Jawa Timur merupakan salah satu pantai yang paling mempesona. Keindahan alamnya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin menjelajahi keindahan pantai berhiaskan air laut yang tenang, pasir putih dan pemandangan alam yang menarik.

Berbeda dengan pantai pada umumnya, Pantai Mutiara memiliki air laut yang lebih tenang dan ombak yang tidak terlalu besar. Kondisi tersebut menjadikan pantai ini sebagai tempat yang aman untuk berbagai aktivitas. Berikut beberapa hal menarik yang ditawarkan pantai ini.

Hotel murah di Trenggalek

Objek wisata yang ditawarkan Pantai Mutiara

Daya Tarik Pantai MutiaraFoto: Twitter/Safirq

1. Pesona pantai

Wisata di Pantai Mutiara selalu menyuguhkan keindahan alam yang mempesona. Sebagian besar pengunjung terpesona dengan pesona pantai-pantai di utara dan selatan Pulau Jawa.

Pasir putihnya sangat bersih sehingga lembut saat menyentuh kaki. Selain itu, di sini terdapat teluk tersembunyi yang menambah keindahan. Namun, perjalanan ke sana cukup panjang.

Berkat deretan pohon kelapa, suasana tampak semakin rindang. Selain itu, terdapat bebatuan karang di beberapa tempat di pinggir pantai yang biasanya menjadi tempat menarik untuk dijadikan backdrop foto.

Tempatnya juga tersembunyi sehingga suasananya cukup sepi. Oleh karena itu, destinasi wisata bahari ini cocok dikunjungi rombongan wisatawan seperti teman, saudara atau keluarga.

2. Ombak yang tenang

Perlu diketahui bahwa Pantai Mutiara Trenggalek terletak di sudut teluk kawasan Prigi, dekat dengan banyak pantai indah seperti Pantai Pasir Putih, Pantai Karanggongso, dan Pantai Prigi. Selain keindahan alamnya, pantai ini mempunyai suasana yang sangat tenang.

Pasalnya, ombaknya tidak terlalu besar dan kawasan pantai terlindungi dari penetrasi angin Laut Selatan. Oleh karena itu, pengunjung yang datang diperbolehkan bermain air di sekitar pantai.

3. Atraksi olahraga air

Pantai Mutiara bisa dibilang masih baru, namun berkat dunia digital keberadaannya menjadi sangat populer. Banyak beredar video viral tentang panorama pantai ini. Selain itu, pantai ini juga menawarkan berbagai atraksi air yang bisa Anda coba.

Wisata Seharian Pantai Malang & Island Hopping Beach

Beberapa wahana tersebut adalah perahu, kano, perahu, kayak dan lain-lain. Bahkan, pihak pengelola memperbolehkan pengunjung untuk melakukan snorkeling atau scuba diving. Dengan begitu, wisatawan bisa menikmati pemandangan bawah laut yang mempesona.

4. Rumah terapung yang unik

Berbeda dengan pantai pada umumnya, Pantai Mutiara memiliki beberapa rumah terapung yang tersebar di sekitar lokasi. Rumah tersebut bisa dikunjungi dengan perahu, sehingga Anda pasti akan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan.

Menariknya, pengunjung bisa mengamati budidaya ikan kerapu dan terumbu karang. Selain berlibur, pengunjung juga bisa belajar banyak tentang hewan air dan pantai.

5. Perlindungan biota laut dan terumbu karang

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Pulau Mutiara juga dijadikan sebagai lokasi konservasi karang dan bawah air. Hal ini dilakukan untuk melestarikan keindahan alam bawah laut.

Program ini merupakan hasil kerjasama antara pihak pengelola pantai dengan PKMASWAS Rembeng Raya. Oleh karena itu, tempat wisata ini cocok bagi pengunjung yang sedang mencari petualangan ingin menjelajahi keindahan alam bawah laut.

Wisata Jelajahi Pantai Malang Selatan

Alamat, lokasi, rute dan tiket masuk

Alamat Pantai MutiaraFoto: Twitter/Nhaz Montana

Ingin merasakan pesona Wisata Pantai Mutiara? Perlu diketahui lokasinya berada di jalur selatan yaitu di Sukobanteng, Karangsuko, Kec. Trenggalek, Trenggalek, Jawa Timur. Rutenya sama dengan Pantai Pasir Putih Trenggalek dan jaraknya hanya sekitar 2 km.

Akses jalan mudah dijangkau dan melewati pemukiman penduduk kurang lebih 2 km dari tempat wisata. Jika Anda berada di kawasan Prigi Watulimo, sayang jika melewatkan pantai ini.

Sedangkan jarak dari pusat kota Trenggalek sekitar 44 km dan waktu perjalanan sekitar 1 jam. Dari arah selatan dapat melalui Jalan Nasional III yang berjarak sekitar 9,4 km. Setelah sampai di Jalan Dusun Akun, lanjutkan perjalanan menuju Jalan Raya Bandung.

Anda bisa menyusuri Jalan Raya Bandung-Prigi hingga Ngares Kidul hanya dalam waktu 37 menit. Jarak perjalanan kini sekitar 21,4 km. Jika Anda sudah berada di Jalan Pantai Prigi, Anda sudah sangat dekat dengan tujuan Anda.

Karena wisata bahari ini masih dalam tahap pengembangan sebagai objek wisata baru, harga tiketnya cenderung murah. Hanya dengan Rp 5.000 per orang, Anda sudah bisa menikmati panorama pantai di Trenggalek yang mempesona.

Aktivitas yang menyenangkan

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai MutiaraFoto: Google Maps/Arya Si Bajak Laut Sneakerhead

Jelajahi pantai dengan perahu

Satu hal yang tidak boleh Anda lewatkan di Pantai Mutiara adalah pelayaran pantai dengan menggunakan perahu. Anda akan menyaksikan keindahan alam pantai dari berbagai sudut dengan sensasi berbeda.

Jika membayar Rp 10.000, Anda akan puas berjalan menyusuri pantai menikmati deburan ombak dan angin sepoi-sepoi menerpa perahu. Suasananya yang menyenangkan membuat Anda ingin pulang.

Jika Anda memiliki pengetahuan yang cukup tentang cara menggunakan kano, Anda bisa menyewa kano dan mendayung di tengah pantai. Apalagi saat mengajak kekasih, kesan romantis pasti akan terasa.

Bermain air di pantai Mutiara

Tidak ada asyiknya mengunjungi Pantai Mutiara Trenggalek hanya sekedar melihat-lihat tanpa bermain deburan ombak dan pasir. Pastikan untuk membawa baju ganti terlebih dahulu untuk merasakan segarnya birunya air pantai.

Dengan ombaknya yang lembut, Anda bisa menikmati bermain air di pantai tanpa rasa khawatir. Anda boleh saja mengajak anak Anda bermain, namun usahakan untuk mengawasinya dengan baik.

Kunjungi rumah terapung

Rumah terapung wajib dikunjungi saat berlibur bersama Wisata Pantai Mutiara untuk merasakan pengalaman rekreasi laut yang berbeda dan unik. Perlu diketahui bahwa rumah ini dibangun pada tahun 2016 dan dikenal dengan nama Apartemen Ikan.

Cobalah wahana air

Selain kano, kayak, dan perahu, Anda juga bisa menguji adrenalin dengan menaiki banana boat. Kegiatan ini semakin seru bila dilakukan bersama rombongan wisata. Dengan cara ini Anda bisa bersenang-senang dan berteriak histeris saat perahu berputar-putar.

Makan makanan lezat

Setelah melakukan berbagai aktivitas seru, tentunya Anda perlu mengisi perut untuk mendapatkan kembali energi. Anda bisa mengunjungi warung makan terdekat yang menawarkan berbagai menu makanan dan minuman.

Menu yang wajib Anda coba adalah ikan bakar yang sangat lezat dan memiliki cita rasa tersendiri. Selain itu, Anda bisa mencicipi aneka makanan laut dan minuman segar. Aktivitas makan pun terasa semakin nikmat ditemani panorama pantai yang mempesona.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas di Pantai MutiaraFoto: Twitter/Nhaz Montana

Dari segi fasilitas, Pantai Mutiara di Trenggalek sudah tidak perlu diragukan lagi karena pantai populer ini memiliki sarana dan prasarana yang memadai.

Tempat ini menyediakan tempat parkir dimana pengunjung dapat memarkir kendaraan pribadinya dengan tenang.

Di lokasi tersedia musholla bagi pengunjung yang beragama Islam untuk melaksanakan salat. Ada juga warung makan dan kios. Tikar dan payung dapat dipinjam untuk piknik kelompok.

Fasilitas berupa berbagai wahana olahraga air dapat ditemukan di kawasan wisata pantai dan dapat digunakan bersama rombongan wisata seperti banana boat.

Pilihan akomodasi melayani pengunjung yang ingin bermalam dengan harga terjangkau. Fasilitas lainnya berupa rumah terapung dan perahu.

Pantai Mutiara Trenggalek merupakan pantai yang mempesona dengan beragam pesona indah mulai dari pasir putih, air biru, langit biru, pepohonan hingga panorama bawah laut.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button