Tempat Wisata

Air Terjun Peucari : harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Ternyata di balik rimbunnya hutan di Kabupaten Aceh Besar, terdapat potensi wisata besar yang belum banyak dieksplorasi oleh wisatawan. Banyak potensi wisata dengan pesona yang luar biasa, seperti surga kecil di pedalaman Aceh. Salah satunya adalah Air Terjun Peucari yang saat ini sedang populer di kalangan anak muda karena memancarkan pesona alam yang mempesona.

Setelah dibuka untuk umum sekitar setahun lalu, Air Terjun Peucari terus mengalami peningkatan jumlah pengunjung. Kepopuleran air terjun ini bermula dari seorang mahasiswa pecinta alam yang memposting foto keindahan air terjun tersebut. Semakin banyak wisatawan yang datang untuk melihat keindahan air terjun tersembunyi ini.

Air Terjun Peucari

Secara administratif, air terjun ini terletak di Desa Bueng, Kota Jantho, Kecamatan Jantho, Kabupaten Aceh Besar, Aceh. Untuk mencapai Air Terjun Peucari wisatawan harus menempuh jarak minimal 60 kilometer, namun dari Banda Aceh perjalanan memakan waktu sekitar 3 jam. Sebab, wisatawan harus berjalan kaki setelah sampai di Kota Jantho.

Dari Banda Aceh menuju Kota Jantho bisa ditempuh dalam waktu satu jam dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Setelah sampai di Kota Jantho, wisatawan harus memarkir kendaraannya di pintu masuk hutan belantara tempat Air Terjun Peucari berada. Di sini wisatawan disarankan untuk menyewa pemandu dari penduduk setempat dengan membayar Rp. 200.000 untuk minimal 10 orang.

Hal ini direkomendasikan karena wisatawan belum terbiasa dengan medan hutan yang sulit. Oleh karena itu, ada kekhawatiran wisatawan tersesat atau terjadi hal yang tidak diinginkan. Sebelum melakukan perjalanan, pemandu akan menyarankan Anda untuk selalu berhati-hati dan berdoa selama melakukan perjalanan. Perempuan diperbolehkan untuk berpartisipasi asalkan kondisi fisiknya baik, karena jalur menuju air terjun Peucari sangat berat.

Pesona Air Terjun Peucari

Sepanjang perjalanan, wisatawan disuguhkan hutan belantara yang belum terjamah penuh pepohonan hijau di kiri dan kanannya. Pengunjung juga akan berjalan melewati ladang milik warga dan harus mengarungi beberapa sungai setinggi lutut dengan arus yang cukup deras. Tak jarang wisatawan menjumpai beberapa lintah yang menempel di kaki mereka.

Perjalanan yang agak ekstrim dan melintasi medan yang sulit ini sangat melelahkan. Disarankan untuk mengenakan pakaian yang nyaman dan sepatu hiking untuk melindungi kaki Anda dari lintah, duri, dan batu tajam. Meski melelahkan, namun suasana di hutan belantara ini sangat asri dan menawarkan udara segar. Sesekali terdengar kicauan merdu burung-burung liar yang menemani wisatawan dalam perjalanannya.

Air Terjun Peucari

Setelah kurang lebih dua jam perjalanan, sayup-sayup suara Air Terjun Peucari terdengar di kejauhan, membuat semakin banyak wisatawan yang datang untuk segera tiba di lokasi. Sesampainya di air terjun, kita justru melihat sebuah fenomena alam karya sang pencipta berupa air terjun 7 tingkat yang sungguh luar biasa indahnya.

Air terjun Peucari memiliki 7 tingkat dan dilengkapi dengan kolam alami di setiap tingkatnya. Kolam ini cukup dangkal dan memiliki lebar antara 2 hingga 3 meter, sehingga wisatawan dapat menggunakannya untuk berenang atau bermain air. Ketinggian air terjun ini hanya 1 hingga 3 meter, sehingga Anda bisa menikmati panorama air terjun yang indah dan alami dengan berjalan kaki.

Airnya yang jernih dan segar berasal dari mata air alami pegunungan yang juga menjadi sumber air utama bagi masyarakat setempat. Wisatawan bisa leluasa bermain air atau berenang di danau di Air Terjun Peucari. Hati-hati karena di sekitar air terjun banyak terdapat bebatuan licin yang dapat membahayakan wisatawan.

Nuansa alami air terjun juga semakin dipercantik dengan lingkungan sekitar yang dipenuhi pepohonan hijau. Rasa lelah yang Anda rasakan selama perjalanan akan langsung hilang saat melihat fenomena alam yang mempesona ini. Tak jarang kicauan burung liar menambah pesona air terjun Peucari.

Fasilitas Air Terjun Peucari

Fasilitas di tempat wisata ini masih sangat buruk sehingga belum banyak yang bisa ditawarkan kepada wisatawan. Masih belum ada kamar mandi, toilet, tempat ibadah atau warung sembako. Hanya terdapat tempat parkir kendaraan di sekitar pintu masuk hutan menuju Air Terjun Peucari.

Sangat disarankan bagi wisatawan untuk mempersiapkan perbekalan sebelum menuju Air Terjun Peucari. Di sini masih ada beberapa warung yang menjual makanan. Jika tidak ingin kelaparan di lokasi, sebaiknya siapkan bekal sendiri.

Baca juga: Air Terjun Kuta Malaka, fenomena air terjun yang tersembunyi di balik perbukitan

Karena letaknya yang terpencil di tengah hutan belantara, tidak banyak fasilitas yang bisa ditemukan. Hal ini juga menjadi salah satu faktor yang menyulitkan pemerintah daerah dalam mengembangkan potensi wisata yang ada di Aceh Besar. Namun, ke depan diharapkan pemerintah akan lebih memperhatikan tempat ini karena potensi wisatanya yang luar biasa.

Air Terjun Peucari menawarkan pesona alam dan panorama yang berbeda dari biasanya, sehingga kini semakin digemari wisatawan lokal. Berikut aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di air terjun.

Berenang dan bermain air

Saat berada di Air Terjun Peucari, Anda bisa berenang di danau yang terletak di beberapa tingkat air terjun. Setelah menempuh perjalanan jauh melewati sungai dan hutan, Anda bisa merasakan betapa segarnya airnya. Beberapa danau ini juga sangat dangkal sehingga tidak berbahaya sama sekali meskipun Anda tidak pandai berenang.

Jika tak ingin berenang, Anda bisa menikmati gemericik air yang jatuh di bebatuan sekitar air terjun. Celupkan kaki Anda ke dalam danau dan rasakan dinginnya air yang menenangkan. Terdapat batu di bagian pinggirnya yang dapat digunakan sebagai tempat duduk. Mengunjungi air terjun eksotik ini memang bisa menghilangkan penat dari aktivitas sehari-hari yang membosankan.

Nikmati keindahan alam

Selain berenang dan bermain air, Anda juga bisa menikmati keindahan alam air terjun. Dikelilingi pepohonan yang rimbun, masih hijau dan asri, suasana di tempat wisata ini sangat menyenangkan untuk bersantai. Anda bisa bersantai dengan menikmati segarnya udara yang belum terkontaminasi polutan.

Baca juga: 250 Tempat Wisata di Aceh Paling Menarik Yang Wajib Dikunjungi

Perburuan Foto

Banyak wisatawan yang mengabadikan momen tersebut dengan mengunjungi air terjun Peucari. Tempatnya yang asri dan alami membuat objek wisata ini sangat cocok untuk bersenang-senang bersama teman dan orang terdekat. Ada banyak objek yang bisa dijadikan background, seperti danau, atau foto yang diambil di atas air terjun.

Jika Anda sudah puas dengan hasil selfie lucu Anda, unggahlah foto tersebut ke akun media sosial pribadi Anda. Keindahan air terjunnya pasti akan menimbulkan kekaguman berbagai orang. Selain itu, banyak juga fotografer yang rela menjalani perjalanan melelahkan hanya demi berburu foto. Pesona air terjunnya sungguh mempesona sehingga sangat layak untuk difoto dengan lensa kamera.

berkemah

Anda juga bisa berkemah di sekitar air terjun Peucari. Tentunya harus ditemani oleh pemandu lokal karena lokasi air terjun ini berada di tengah hutan. Jika Anda pecinta alam, tak ada salahnya menginap di air terjun cantik ini.

Tentunya jika Anda pernah berkemah di tempat ini akan menjadi pengalaman yang sangat menarik. Namun, Anda harus selalu waspada dan memastikan bahwa Anda adalah orang yang berpengalaman dengan alam. Saat pulang, jangan lupa membawa semua sampah untuk menjaga kebersihan air terjun.

Jam buka dan tarif masuk air terjun Peucari

Bagi yang ingin mengunjungi tempat wisata ini bisa datang kapan saja karena buka 24 jam. Tiket masuk ke air terjun ini sebenarnya sepenuhnya gratis, wisatawan hanya perlu membayar biaya wisata berpemandu sebesar Rp. Minimal 200.000 untuk 10 orang.

Peta lokasi Air Terjun Peucari

Tips menuju Air Terjun Peucari

  • Persiapkan kondisi fisik Anda karena perjalanan menuju Air Terjun Peucari sangat melelahkan.
  • Kenakan pakaian yang nyaman seperti sepatu, celana, dan jaket saat tracking.
  • Membawa makanan dan minuman dari rumah.
  • Berhati-hatilah saat melewati hutan karena akan menjumpai sungai, lintah dan hewan liar lainnya.
  • Selalu berhati-hati di sekitar air terjun karena banyak bebatuan yang licin.
  • Jagalah kebersihan dengan membawa pulang sampah apa pun yang Anda bawa.
  • Selalu menjamin kelestarian dengan tidak merusak apapun yang ada di air terjun.

Galeri Foto Air Terjun Peucari

Air Terjun Peucari
Akses jalan menuju air terjun
Spot foto di bawah air terjun
Berburu foto di bebatuan
Spot foto di atas kayu
Perburuan Foto

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button