Tempat Wisata

Curug Sodong, Nikmati menakjubkannya air terjun di kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi

Curug Sodong di Sukabumi merupakan air terjun menakjubkan di Geopark Ciletuh, dikelilingi gua-gua unik yang menambah keajaiban alam kawasan sekitarnya.

Harga tiket: Bebas, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Komplek Geopark Ciletuh Kec. Ciemas, Kab.Sukabumi, Jawa Barat; Map: Periksa lokasinya

Air Terjun Sodong merupakan destinasi wisata terbaik bagi wisatawan yang membutuhkan kedamaian dan ketenangan. Keindahan alam dan pemandangan alam yang hijau membuat setiap orang merasa nyaman selama berlama-lama berada di kawasan wisata alam ini.

Curug ini merupakan destinasi air terjun yang menampilkan keindahan alam Jawa Barat yang menakjubkan. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang mencari udara segar dan suasana menyenangkan. Ayo jelajahi keindahan alam tempat ini!

Daya tarik Air Terjun Sodong

Objek wisata Air Terjun SodongFoto: Elements Envato/Krisbiantoandy

1. Sejarah Air Terjun Sodong

Kawasan wisata alam indah ini selalu ramai dikunjungi karena lokasinya yang masih dekat dengan ibu kota. Bisa dikatakan destinasi wisata alam ini sangat digemari masyarakat sekitar khususnya di Jakarta dan Jawa Barat.

Perlu diketahui keberadaan air terjun ini masih dikaitkan dengan cerita mistis. Sodong dalam bahasa Sunda dapat diartikan sebagai lubang yang menyerupai gua di air terjun.

Selain itu kawasan wisata alam ini juga dikenal dengan nama Air Terjun Kembar dan Air Terjun Pengantin.

Nama ini dilatarbelakangi oleh derasnya aliran air yang membuat air terjun ini terlihat seperti sepasang suami istri. Banyak wisatawan yang mengetahui kawasan wisata alam ini karena Geopark Ciletuh yang terkenal di dunia.

Perlu diketahui, kawasan wisata alam indah ini tidak hanya ramai dikunjungi saat akhir pekan atau hari libur saja. Di hari-hari biasa, air terjun ini selalu ramai pengunjung.

Masih terjadi perdebatan di kalangan penduduk setempat mengenai cerita mistis yang berkembang di sini. Bisa dikatakan kawasan wisata Curug Sodong terkenal dengan cerita mistisnya yang masih berkaitan dengan ilmu spiritual.

2. Terdapat sebuah gua di sekitar air terjun

Seperti disebutkan sebelumnya, kata Sodong mengacu pada kolam air terjun yang berada di bawah sungainya. Terlihat di sekitar air terjun dan tebing berbatu terdapat ruang sempit menyerupai gua.

Banyak cerita misterius yang menarik perhatian wisatawan. Adanya cekungan ini membuat permukaan batuan tempat aliran air terjun tampak seperti mengambang.

Banyak yang mengatakan bahwa gua tersebut dulunya digunakan sebagai tempat menyendiri atau bermeditasi.

Namun sejauh ini belum ada yang mengetahui kebenarannya. Ini hanyalah cerita yang berkembang di masyarakat setempat. Ada kemungkinan cekungan yang menyerupai gua itu terbentuk secara alami.

3. Terletak di Geopark Ciletuh Sukabumi

Perlu diketahui bahwa kawasan wisata Curug Sodong terletak di Geopark Ciletuh Sukabumi sehingga cukup terkenal di kalangan wisatawan. Geopark Ciletuh Sukabumi telah menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 2018.

Geopark ini terkenal dengan luasnya yang mencapai 126.100 hektar, meliputi 8 kecamatan dan 74 desa, menawarkan berbagai destinasi wisata alam.

Salah satu daya tarik utamanya adalah Air Terjun Sodong yang merupakan bagian dari keindahan alam Geopark Ciletuh.

Salah satu daya tarik dari air terjun ini adalah memiliki ketinggian 20 meter dan pemandangan yang sangat mempesona. Selain itu, tanaman yang rimbun dan hijau dengan pepohonan rindang seakan melengkapi keindahannya.

Air terjun cantik ini juga memiliki mata air yang bersih sehingga cocok untuk mandi atau berenang. Namun perlu diperhatikan bahwa Anda harus melakukan aktivitas dengan hati-hati untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Alamat dan rute menuju air terjun

Alamat Air Terjun SodongFoto: Unsplash/Ache Dipro

Seperti yang sudah disebutkan, objek wisata alam ini terletak di kawasan Geopark Ciletuh. Untuk menuju lokasi dapat dilakukan dari pusat kota Sukabumi. Jawa barat.

Perjalanan akan menempuh jarak kurang lebih 71 km dari pusat kota Sukabumi menuju Air Terjun Sodong.

Selain itu, Anda juga bisa menempuh perjalanan dari Cicepat yang ditempuh dengan jarak 33 km. Diperkirakan perjalanan akan memakan waktu sekitar 6,5 jam 4 jam jika mencari jalur alternatif.

Jika Anda dari Jakarta, Anda bisa melalui Tol Jagorawi lalu keluar di Gerbang Ciawi di Bogor. Selanjutnya perjalanan kita lanjutkan ke Sukabumi.

Biaya masuk wisata alam

Untuk mengunjungi wisata Air Terjun Sodong tidak dipungut biaya masuk sehingga tidak dipungut biaya. Biaya yang harus dikeluarkan di kawasan wisata alam ini hanyalah tiket parkir untuk menjamin keamanan kendaraan yang dibawa wisatawan.

Biaya parkir kendaraan roda dua sebesar Rp 5.000. Untuk kendaraan roda empat dikenakan biaya parkir sebesar Rp 10.000. Wisata air terjun ini buka 24 jam sehingga wisatawan bisa berkunjung kapan saja.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas Air Terjun SodongFoto: Google Maps/Indra Jaya

1. Berenang

Salah satu alasan banyak wisatawan yang datang ke kawasan wisata alam indah ini adalah karena ingin berenang atau mandi di sumber mata air bersih tersebut. Pepohonan disekitarnya memberikan banyak keteduhan, membuat kawasan wisata ini sangat sejuk dan menyenangkan.

Di kawasan wisata alam ini Anda akan menemukan suasana santai dan menyenangkan. Kenyamanan berwisata menuju air terjun cantik ini masih terasa meski larut malam. Anda juga harus berhati-hati saat mandi atau berenang.

Di kawasan Curug Sodong Sukabumi banyak terdapat bebatuan yang licin dan terjal sehingga cukup berbahaya. Pastikan untuk terus memantau anak-anak selama berada di lokasi wisata ini.

Saat musim hujan mulai, arus air terjun ini menjadi lebih deras sehingga berbahaya untuk berenang dan bermain air.

2. Bersantai di pinggir Air Terjun Sodong

Selain berenang, Anda juga bisa duduk santai dan menikmati keindahan Air Terjun Sodong. Suara gemericik air mampu menenangkan siapa pun.

Jadi jika Anda merasa stres dalam kehidupan sehari-hari, Anda bisa datang ke sini.

3. Mengambil foto

Kegiatan wajib ini tidak boleh dilewatkan dalam keadaan apapun. Momen liburan perlu diabadikan agar menjadi kenangan yang tak terlupakan. Ada banyak spot foto menarik yang bisa dijadikan latar belakang yang bagus.

Fasilitas yang tersedia di kawasan air terjun

Fasilitas di Air Terjun SodongFoto: Google Maps/Andreas Raabe

Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu lebih lama di sini, tersedia properti sewaan atau penginapan di rumah warga yang dibuka untuk umum. Banyak fasilitas yang tersedia di kawasan wisata alam ini untuk memberikan kenyamanan kepada wisatawan.

Fasilitas tersebut antara lain terdapat tempat parkir yang luas untuk kendaraan wisata. Selain itu, terdapat juga toilet umum yang cukup bersih dan terawat.

Jika Anda merasa lapar, banyak juga warung yang menawarkan berbagai jenis makanan dan minuman di kawasan Curug Sodong Sukabumi. Anda tidak akan merasa lapar saat berkunjung ke kawasan wisata alam yang mempesona ini.

Bisa dipastikan, sepulang dari kawasan air terjun ini, Anda akan merasa lebih tenang dan bersemangat menjalani rutinitas seperti biasa. Bagaimana? Apakah Anda mulai tertarik menghabiskan liburan di air terjun ini?

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button