Tempat Wisata

Curug Sadim, air terjun cantik dengan keindahan taman bunga terompet di Subang

Curug Sadim di Subang, air terjun memukau dengan taman bunga terompet yang mempesona, dikelilingi tebing bebatuan menjulang tinggi menambah keindahan alamnya.

Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: jangkrik, distrik. Sagalaherang, Cab.Subang, Jawa Barat; Map: Periksa lokasinya

Curug Sadim merupakan salah satu air terjun yang ada di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Tempat ini menjadi populer di kalangan wisatawan karena keindahannya. Daya tarik utama di sini adalah air terjun yang tinggi dan kolam dangkal dengan air yang sangat jernih.

Selain itu, air terjun ini juga memiliki taman bunga dan menyuguhkan pemandangan langsung hamparan perkebunan teh hijau.

Suasana sejuk khas pegunungan sangat terasa di sekitar air terjun ini, sehingga tak heran jika banyak orang yang datang ke sini untuk menikmati keindahan alam.

Cek tiket Air Terjun Nyimas Nyai Subang

Daya tarik Curug Sadim

Daya tarik Air Terjun SadimFoto: Google Maps/Vicha Vansischa

1. Air terjun yang dikelilingi tebing batu yang menjulang tinggi

Air terjun ini tingginya sekitar 10 meter dan menciptakan aliran air yang deras mengalir ke bawah. Suara gemericik air meninggalkan kesan mempesona dan menyampaikan rasa kesejukan yang intens.

Yang lebih istimewa lagi, Curug Sadim Subang dikelilingi oleh tebing batu yang menjulang tinggi. Ketinggian tebing tersebut sesuai dengan ketinggian air terjun, sehingga terlihat kawasan air terjun seolah dikelilingi oleh tebing.

Selain warna tebingnya yang kehitaman, kesan eksotis juga tercipta dari beberapa tanaman yang tumbuh di celah-celahnya.

Pemandangan tebing tinggi dengan titik-titik tanaman hijau dipercantik dengan air terjun berwarna putih. Ibarat tirai panjang yang indah di tengah tebing berbatu. Anda pasti betah berlama-lama dan melihat air terjun yang menakjubkan ini.

2. Cekungan air dangkal dan jernih

Aliran air di air terjun menakjubkan ini sangat jernih dan segar. Karena kejernihannya Anda bisa melihat dasar kolam yang berada di bawah air terjun. Keunikan lain dari air terjun ini adalah kolam di bawahnya tidak dalam. Sebenarnya agak datar, meski air terjunnya cukup tinggi.

Terdapat juga batu-batu berserakan di sekitar kolam dan aliran air Air Terjun Sadim yang menambah indahnya pemandangan air terjun ini. Anda bisa bermain-main di tepi kolam yang dangkal atau sekedar duduk-duduk di atas bebatuan.

Karena kolam ini dangkal, maka aman bagi anak-anak untuk bermain air di air terjun ini. Namun kehati-hatian dan pengawasan orang dewasa tetap diperlukan. Apalagi saat cuaca hujan, permukaan air bisa naik dan bebatuan menjadi semakin licin.

Cek hotel murah di Subang

3. Keindahan taman bunga terompet di dekat air terjun

Ada juga taman indah di dekat wisata Air Terjun Sadim. Anda bisa bersantai sambil menikmati pemandangan air terjun yang terlihat jelas dari sana.

Yang istimewa dari taman ini adalah tanaman terompet terbalik atau bunga kecubung yang tumbuh subur di sana.

Bunga-bunga ini seolah menjadi protagonis utama di tengah taman rumput hijau indah yang dikelilingi bebatuan. Selain itu, terdapat sungai kecil yang mengalir di dekat taman dan dilintasi jembatan bambu.

Tempat ini bisa dijadikan sebagai tempat peristirahatan setelah lelah bermain air di kawasan air terjun yang mempesona ini, sekaligus menjadi spot foto yang menarik. Di sana Anda bisa berfoto dengan latar belakang taman yang indah, jembatan bambu, dan air terjun sekaligus.

4. Pemandangan perkebunan teh yang indah

Air terjun eksotik ini terletak di tengah perkebunan teh milik PT Perkebunan Teh Nusantara VII. Yang juga membuat kawasan air terjun ini istimewa adalah dikelilingi oleh kebun teh. Sehingga pesona alam air terjun ini nampaknya sangat menakjubkan. Sangat menarik bukan?

Selain pemandangan indah Curug Sadim dan alam sekitarnya, Anda juga bisa mengunjungi perkebunan teh. Luasnya tanaman teh hijau serta sejuknya udara memanjakan mata, hati dan pikiran.

Voucher Funworld Festive Walk Karawang

Alamat dan rute menuju air terjun

Alamat Air Terjun SadimFoto: Twitter/Ig Kotasubang

Air terjun ini terletak di Panaruban, Desa Cicadas, Subang Selatan, Jawa Barat. Jarak dari pusat Kabupaten Subang sekitar 64 kilometer. Anda harus berkendara sekitar satu setengah jam ke arah selatan menuju air terjun ini.

Sedangkan jika berangkat dari Kota Bandung jaraknya hanya sekitar 35 kilometer. Waktu perjalanan ke utara hanya satu jam.

Jadi bisa dibilang Wisata Curug Sadim ini lebih dekat dengan kota Bandung walaupun wilayahnya berada di Kabupaten Subang.

Biaya masuk wisata alam

Hanya dengan membayar Rp 10.000 pengunjung sudah bisa memasuki air terjun ini sehingga tidak perlu khawatir menguras kantong.

Harga tersebut sudah termasuk jam berkunjung gratis, sehingga Anda bisa mengunjungi air terjun ini sepanjang hari. Namun tarif tersebut dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan manajemen.

Selain tiket masuk, Anda juga perlu membawa uang tambahan. Karena mungkin Anda ingin membeli sembako, menyewa tikar atau bahkan mencoba berkemah di Curug Sadim Subang. Tentu saja semua itu belum termasuk dalam biaya masuk.

Menurut informasi terakhir, harga tiket camping dewasa adalah Rp. 35.000 dan anak-anak Rp 20.000. Sedangkan jam operasional air terjun ini bagi pengunjung air terjun adalah pukul 08.00 hingga 17.00 (WIB). Bagi yang ingin berkemah, air terjun ini buka 24 jam sehari.

Aktivitas yang menyenangkan

Kegiatan di Air Terjun SadimFoto: Twitter/Linimasa

Bermain di kolam yang dangkal

Bermain air Curug Sadim bisa dikatakan aman. Pasalnya, cekungan air jernih tersebut relatif dangkal. Meski harus berhati-hati dengan banyaknya batu di bawah air terjun, bermain air di sini tetap menyenangkan. Airnya yang jernih juga terasa segar di kulit.

Perkemahan air terjun Sadim

Air terjun ini juga memiliki area camping yang nyaman dan layanan penyewaan peralatan camping yang lengkap. Jika Anda senang menghabiskan waktu di alam, jangan lewatkan program berkemah air terjun ini.

Selain untuk program berkemah individu, lokasi ini juga bisa disewa untuk kegiatan kelompok. Sudah terbayang betapa serunya camping bersama rombongan di Curug Sadim. Udaranya yang sejuk dan pemandangannya yang indah akan menjadi teman menginap yang sempurna.

Wisata kuliner dan fotografi

Anda juga bisa mencoba berbagai masakan di air terjun ini. Coba rasakan sensasi menyantap hidangan ditemani suasana sejuk di sekitar air terjun, pasti terasa lebih nikmat. Selain itu, banyak juga spot foto menarik di sini. Abadikan momen sebanyak yang Anda mau!

Fasilitas yang tersedia di kawasan air terjun

Fasilitas menuju air terjun SadimFoto: Google Maps/Lukman Priyadi

Sebagai tempat wisata alam, Curug Sadim Subang mempunyai fasilitas yang lengkap. Di kawasan wisata ini Anda bisa dengan mudah menemukan tempat parkir, toilet, dan musala. Jadi tidak perlu khawatir untuk meninggalkan kawasan air terjun.

Lalu ada juga beberapa warung makan. Bisa dijadikan persinggahan untuk mengisi perut selama berkunjung ke air terjun ini. Pilihan menunya juga banyak dengan harga terjangkau. Anda tidak perlu khawatir dompet Anda kehabisan.

Objek wisata Air Terjun Sadim juga memiliki tempat perkemahan yang nyaman. Jadi jika Anda ingin menginap di dekat air terjun atau mengadakan acara khusus, Anda bisa melakukannya di kawasan ini. Objek wisata ini juga menyewakan perlengkapan berkemah dan tikar bagi pengunjung yang ingin piknik di dekat air terjun.

Sungguh menarik bukan? Sistem air terjun yang lengkap sangat memudahkan pengunjung. Daya tarik wisata air terjun ini juga luar biasa.

Pemandangan air terjun yang indah berpadu dengan indahnya alam sekitar. Ini benar-benar tempat yang sempurna untuk memanjakan mata dan menenangkan pikiran Anda!

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button