Berita Wisata

Dengan pemandangan alam yang mempesona, 3 desa wisata di Bone Bolango ini sangat cocok untuk mengisi ulang baterai Anda: Okezone Travel

SEKRETARIS Desa wisata nusantara Provinsi Gorontalo, Mukmin Badu, mengatakan, daerah tersebut memiliki sejumlah tempat wisata menarik, di antaranya tiga desa wisata di Kabupaten Bone Bolango dengan bentang alam yang menarik.

Ketiga desa tersebut adalah Desa Tulabolo di Kecamatan Suwawa Timur, Desa Ilomata di Kecamatan Bulango Ulu dan Desa Lonuo di Kecamatan Tilongkabila.

Menurutnya, Desa Tulabolo yang berada di kawasan penyangga Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW) dan telah menerapkan konsep ekowisata dalam beberapa tahun terakhir.

Tulabolo memiliki bentang alam yang menarik, karena terletak di tepi hutan yang relatif terjaga kelestariannya. “Desa ini sudah memiliki sejumlah rumah dan paket wisata yang dikelola warga sekitar,” kata Mukmin.

Infografis desa wisata

Untuk menuju Desa Tulabolo dari pusat kota Gorontalo, dibutuhkan waktu sekitar satu jam menggunakan kendaraan roda dua atau empat. Wisatawan juga akan melintasi jembatan gantung dengan panorama Sungai Bone.

Sementara itu, Desa Ilomata, kata dia, telah menonjolkan sungai sebagai objek wisata yang menarik pengunjung untuk datang ke sana.

Di sepanjang sungai, tenda-tenda camping yang bisa disewa telah didirikan, dengan berbagai fasilitas pendukung, seperti toilet, dapur khas desa, dan sampan.

Tempat wisata ini diresmikan oleh Bupati Bone Bolango Hamim Pou pada 1 Februari 2022 silam. Jarak dari Ilomata sekitar 1,5 hingga 2 jam dari kota Gorontalo, melintasi tiga sungai sebelum sampai di tempat tujuan.

Sedangkan Desa Lonuo, lanjut Mukmin, menawarkan pemandangan alam di Bukit Arang. Saat ini, bukit tersebut menjadi tempat berkemah favorit, masuk dalam 50 nominasi Indonesian Tourist Village Award (ADWI) 2022.

Infografis Wisata Bawah Laut Indonesia

Pada Juli 2022, objek wisata yang berjarak sekitar satu jam dari Kota Gorontalo ini dikunjungi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.

“Ketiga desa ini bisa menjadi pilihan bagi wisatawan yang mencintai alam. Ketiga desa ini semuanya berbatasan dengan TNBNW, sehingga pengembangan pariwisata di desa ini juga dapat mendukung konservasi di taman nasional,” ujarnya.


Source: travel.okezone.com

Related Articles

Back to top button