Tempat Wisata

Pantai Baru: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Kabupaten Bantul merupakan salah satu kawasan wisata di Jogja dengan berbagai daya tarik wisata yang kini banyak dilirik wisatawan. Tak kalah dengan Kabupaten Gunung Kidul yang memiliki puluhan pantai eksotik, Bantul juga menawarkan wisata pantai yang tak kalah menawan. Salah satunya adalah Pantai Baru yang kini populer sebagai tempat rekreasi di kalangan wisatawan lokal.

Berbeda dengan pantai-pantai di kawasan Gunung Kidul yang berpasir putih, Pantai Baru merupakan pantai wisata berpasir hitam. Namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat wisatawan untuk berkunjung ke pantai yang baru diresmikan sebagai objek wisata pada tahun 2010 ini.

Pantai Baru terletak tepatnya di Desa Poncosari, Kecamatan Sandrakan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Untuk mencapai tempat wisata pantai ini dari pusat kota Jogja, wisatawan harus menempuh jarak sekitar 34 kilometer atau sekitar satu jam perjalanan. Lokasi pantai ini juga tidak jauh dari Pantai Pandansimo dan Pantai Kuwaru.

Selain pantainya yang berpasir hitam dan luas lautnya yang luas, pantai ini juga mempunyai keunikan yang tidak dimiliki pantai lainnya. Wisatawan bisa melihat puluhan kincir angin di dekat pantai. Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri yang seolah mengundang rasa penasaran wisatawan untuk berkunjung ke pantai yang ada di Kabupaten Bantul ini.

Pesona Pantai Baru

Pantai Baru bisa dikatakan merupakan tempat wisata yang tergolong baru di kawasan Bantul karena baru diresmikan pada bulan Mei 2010. Oleh karena itu pantai berpasir hitam ini dinamakan juga Pantai Baru. Pantai ini sebenarnya merupakan pengembangan dari Pantai Pandansimo di dekatnya.

Tempat wisata ini memiliki kawasan pantai sepanjang 4 kilometer. Lengkap dengan pasir hitam yang terhampar di sepanjang pantai. Beragam aktivitas bisa dilakukan di pantai ini, mulai dari bermain pasir hingga berjalan-jalan di tepi pantai menggunakan ATV (All Terrain Vehicle) yang disediakan oleh pengelola pantai.

Layaknya pantai yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, pantai ini terkenal memiliki ombak yang ganas. Wisatawan diimbau berhati-hati saat bermain air atau berenang di pantai ini. Sebab ombak yang besar dapat membahayakan keselamatan jiwa wisatawan.

Di kawasan pantai, puluhan pohon pinus tumbuh berjajar dan menghiasi pantai. Pepohonan rindang di pinggir pantai memastikan suasana tempat ini sejuk dan tidak panas di siang hari. Banyak wisatawan yang duduk di atas tikar sambil menikmati keindahan laut dan sejuknya angin di bawah pepohonan pinus.

Daya tarik utama Pantai Baru adalah ribuan kincir angin yang berdiri kokoh di sisi barat pantai. Tentu saja hal ini sangat jarang ditemui di pantai lain. Kincir angin ini dimanfaatkan sebagai PLTH (pembangkit listrik hybrid), perpaduan energi matahari dan angin.

Kincir angin yang berada di dekat pantai ini dimanfaatkan sebagai sumber listrik alternatif untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar. Jika dilihat sekilas, puluhan kincir angin yang berjejer rapi mengingatkan Anda pada Belanda yang terkenal dengan kincir anginnya.

Keberadaan kincir angin ini rupanya menggugah rasa penasaran wisatawan. Banyak pengunjung pantai yang sekadar melihat-lihat keunikan kincir angin tersebut atau berfoto selfie di depan puluhan kincir angin tersebut. Tak sedikit pula wisatawan yang ingin memperluas ilmunya dengan mengunjungi PLTH terbesar di Indonesia ini.

Fasilitas pantai baru

Meski tergolong baru, namun tempat wisata ini memiliki fasilitas pendukung yang cukup memadai. Terdapat tempat parkir yang cukup luas, toilet, musala, dan layanan sewa sepeda quad yang disediakan pihak pengelola pantai bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai sambil menyusuri hamparan pasir hitam.

Selain itu, akses menuju kota wisata pantai ini cukup mudah. Hal ini tidak lepas dari campur tangan pemerintah setempat yang tetap berkomitmen untuk memaksimalkan potensi wisata di Pantai Baru. Di dekat pantai terdapat deretan warung cantik yang menjual berbagai kuliner lezat.

Setelah puas menikmati keindahan pantai, wisatawan bisa berwisata kuliner dan mencicipi hidangan seafood yang akan membuat lidah bergetar. Pengunjung bisa menikmati sajian ini sambil duduk-duduk di bawah rindangnya pepohonan pinus dan menikmati sejuknya angin.

Baca juga: Pantai Glagah, pantai berpasir hitam dengan laguna yang indah

Menikmati keindahan pantai

Meski bisa dibilang tempat wisata baru, namun kini pantai ini sudah menjadi tujuan utama wisatawan lokal maupun mancanegara. Pantai ini merupakan tempat rekreasi yang cocok untuk keluarga dan anak muda. Pengunjung bisa menikmati keindahan pasir hitam yang sesekali tersapu oleh ganasnya ombak laut selatan.

Bagi Anda yang tidak ingin lelah berjalan kaki, Anda bisa menyewa ATV yang disediakan pihak pengelola pantai. Anda bisa menjelajahi hamparan pantai sepanjang 4 kilometer ini dengan menggunakan ATV. Selain itu, Anda juga bisa bersantai di bawah pepohonan pinus yang udaranya sejuk dan segar. Menikmati luasnya laut biru dengan semilir angin yang sepoi-sepoi pasti bisa menghilangkan penat dalam kehidupan sehari-hari.

Wisata edukasi

Pengunjung tidak hanya bisa menikmati keindahan pantai dengan lautnya yang biru, namun juga memperluas pengetahuannya dengan mengunjungi kincir angin yang ada di kawasan PLTH. Panduan telah disediakan bagi wisatawan yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang pembangkit listrik yang menggabungkan teknologi energi surya dan angin. Anda juga bisa berfoto dengan latar puluhan kincir angin yang berdiri kokoh di kawasan PLTH.

Perburuan Foto

Bagi Anda yang mempunyai hobi fotografi lanskap, tempat ini patut menjadi destinasi wisata Anda selanjutnya saat berada di Jogja. Anda bisa mengabadikan keindahan pantai berpasir hitam serta deretan pohon pinus yang tumbuh rapi di tepian pantai. Selain itu, kincir angin juga menjadi objek menarik yang dapat diabadikan sebagai sebuah karya fotografi. Pantai ini juga bisa menjadi alternatif bagi Anda yang sedang mencari tempat untuk foto prewedding.

Baca juga: 58 Tempat Wisata di Jogja Paling Menarik yang Wajib Dikunjungi

Pantai Baru menawarkan panorama yang menakjubkan bahkan setelah gelap. Wisatawan bisa mengamati keindahan matahari terbenam di ufuk barat. Komposisi warna biru laut yang memudar serta gradasi langit jingga seakan menciptakan lukisan alam yang sayang untuk dilewatkan. Keindahan pantai Baru seakan membuat wisatawan terpesona untuk menikmatinya berlama-lama.

Jam buka dan tarif masuk Pantai Baru

Pantai Baru terbuka untuk umum 24 jam sehari. Harga tiket per orang untuk wisatawan dalam/luar negeri Rp 4.000, jika membawa kendaraan pribadi biaya parkirnya 5.000 hingga 10.000. Jika datang dengan kendaraan mini atau bus besar akan dikenakan biaya parkir sebesar 15.000.

Peta lokasi Pantai Baru

Tips Menuju Pantai Baru

  • Sebaiknya membawa baju ganti jika ingin bermain air di tepi pantai.
  • Berhati-hatilah saat bermain air karena pantai ini memiliki ombak yang cukup besar.
  • Datanglah pada sore hari jika ingin melihat indahnya matahari terbenam di pantai ini.
  • Selalu menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Galeri foto pantai baru

Pantai baru di Bantul
Spot foto di Akar Kayu
Pohon-pohon kering di pantai
Perburuan Foto
Penyewaan ATV

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button