Tempat Wisata

Pantai Pok Tunggal: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Pantai Pok Tunggal adalah salah satu dari puluhan pantai indah di sepanjang Kegubernuran Gunung Kidul di Yogyakarta. Pantai yang baru-baru ini menjadi destinasi wisata ini memiliki pesona yang tak kalah dengan pantai-pantai lain di Gunung Kidul. Bagi Anda yang menyukai pantai berpasir putih, Pantai Pok Tunggal menjadi salah satu alternatif tempat wisata di Jogja.

Pantai yang terletak di antara Pantai Indrayanti dan Pantai Siung ini secara administratif terletak di Desa Tepus, Kecamatan. Tepus, Kab.Gunung Kidul, Yogyakarta. Dari pusat kota Jogja, Anda harus menempuh jarak sekitar 70 kilometer atau sekitar 2 jam perjalanan. Lokasinya juga tidak jauh dari Pantai Indrayanti, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk mencapai pantai eksotis ini.

Pantai Pok Tunggal

Untuk mencapai Pantai Pok Tunggal tidaklah mudah. Anda harus berhati-hati karena jalur menuju pantai ini tidak terlalu lebar dan berkelok-kelok. Letaknya juga tersembunyi sehingga masih banyak wisatawan yang belum mengetahui lokasi pantai dengan panorama menakjubkan tersebut.

Namun percayalah, rasa lelah dan penat yang didapat dari perjalanan jauh akan langsung terbayar ketika sudah sampai di pantai ini. Pantai yang luas dengan pasir putih yang bersih, laut biru yang luas serta suara deburan ombak menyapa pantai seolah menyambut kedatangan Anda di Pantai Pok Tunggal.

Sejarah Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal bisa dikatakan merupakan tempat wisata yang tergolong baru di Jogja. Pasalnya pantai ini baru diresmikan sebagai objek wisata pada tahun 2012. Asal usul nama Pok Tunggal sendiri berasal dari keberadaan sebuah pohon yang cukup besar di tepi pantai.

Pohon ini merupakan pohon Duras yang konon sangat sulit tumbuh di kawasan pesisir Gunung Kidul. Pohon ini disebut juga Pok Tunggal oleh penduduk setempat karena hanya ada satu. Hal inilah yang akhirnya membuat pantai ini diberi nama Pantai Pok Tunggal. Seiring berjalannya waktu, pohon Duras yang tumbuh di pinggir pantai seolah menjadi simbol dari pantai ini.

Baca juga: Pantai Sadranan, Spot Snorkeling dengan Sejuta Pesona

Pohon Duras merupakan pohon yang tergolong langka dan sangat sulit tumbuh dengan baik. Melalui hal tersebut, masyarakat setempat memastikan pohon yang menjadi simbol Pantai Pok Tunggal ini tetap terjaga kelestariannya. Wisatawan dilarang memanjat atau merusak pohon tersebut. Masyarakat pesisir juga percaya bahwa pohon ini merupakan jimat keberuntungan.

Pesona Pantai Pok Tunggal

Sama seperti pantai-pantai di Kabupaten Gunung Kidul, Pok Tunggal juga dihiasi pasir putih bersih yang membentang jauh di sepanjang bibir pantai. Wisatawan bisa leluasa bermain pasir, berjemur atau sekedar bersantai memandangi lautan biru luas. Keindahan panorama alam di pantai ini seakan memberikan kesejukan dan ketenangan.

Pantai ini seolah tersembunyi di balik bukit karst dan tebing karang setinggi 50 meter. Tebing karang yang mengelilingi pantai yang dipenuhi tanaman hijau seolah menambah keindahan alam pantai ini. Tebing-tebing ini sepertinya dirancang Sang Pencipta untuk melindungi pantai yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia ini.

Pantai Pok Tunggal

Pantai yang sering disebut dengan Pantai Kuta Jogja ini memiliki air yang biru dan cukup jernih. Wisatawan diperbolehkan berenang di sekitar pantai. Namun setiap pengunjung harus waspada karena pantai ini memiliki ombak yang cukup besar.

Jika Anda ingin menikmati keindahan Pantai Pok Tunggal dari sisi lain, Anda bisa berjalan kaki menaiki bukit di sisi kanan dan kiri pantai. Di bagian barat bukit, dibuat jalan setapak oleh warga setempat sebagai akses bagi wisatawan yang ingin mendaki bukit. Di atas bukit juga terdapat gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai dan menikmati keindahan pantai dari ketinggian.

Namun di bukit sebelah timur, akses menuju puncak bukit terbilang berbahaya. Jalan menuju bukit hanya berupa potongan bambu yang dibangun tepat di atas tebing. Siapapun yang ingin mendaki bukit tersebut harus sangat berhati-hati.

Dari atas bukit, Anda bisa menyaksikan keindahan Pantai Pok Tunggal yang terlihat semakin mempesona. Sejauh mata memandang, birunya laut berpadu dengan pasir putih bersih yang membentang di sepanjang pantai. Deburan ombak yang menghantam bebatuan serta semilir angin yang sepoi-sepoi seakan membuat para pelancong tak ingin meninggalkan pantai ini.

Fasilitas di Pantai Pok Tunggal

Fasilitas penunjang di tempat wisata di pantai ini sudah cukup memadai. Selain jalan menuju pantai yang belum melebar dan berkelok-kelok. Terdapat tempat parkir yang cukup luas untuk kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor. Selain itu, terdapat juga toilet umum bagi wisatawan yang ingin berganti pakaian setelah bermain air atau berenang di pinggir pantai.

Ada juga paviliun kecil dengan payung warna-warni yang tersebar di sekitar pantai. Sebuah paviliun juga dibangun di atas bukit. Namun akses jalan di bukit sebelah barat masih terbuat dari bambu dan cukup berbahaya bagi wisatawan.

Di sekitar pantai juga terdapat warung yang menjual berbagai jenis makanan. Setelah puas menjelajahi keindahan Pantai Pok Tunggal, Anda bisa memulai wisata kuliner dan mencoba berbagai makanan lezat yang akan membuat lidah Anda bergetar.

Menikmati keindahan pantai

Bagi Anda yang menyukai pantai berpasir putih, tempat ini menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Pantai Pok Tunggal menawarkan beragam panorama alam indah yang akan membuat orang terkagum-kagum saat menginap di tempat wisata ini. Hamparan pasir putih lembut menanti Anda di sepanjang pantai, laut biru yang luas, suara deburan ombak dan sejuknya udara menjadi daya tarik pantai ini.

berkemah

Anda juga bisa mendirikan tenda dan bermalam di Pantai Pok Tunggal. Jika tidak ingin membawa tenda dari rumah, tersedia persewaan tenda. Menikmati keheningan malam berpadu dengan suara deburan ombak bersama orang-orang di sekitar tentu menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Baca juga: 58 Tempat Wisata di Jogja Paling Menarik yang Wajib Dikunjungi

Selain itu, pantai ini juga menjadi tempat menyaksikan matahari terbenam. Saat hari menjelang senja, matahari terbenam dan langit berubah warna menjadi jingga, tampak seperti lukisan alam sempurna yang menciptakan suasana romantis.

Perburuan Foto

Pantai ini juga menjadi destinasi menarik bagi Anda yang ingin berburu foto. Banyak fotografer lanskap yang ingin mengabadikan indahnya panorama alam Pantai Pok Tunggal dalam sebuah foto. Selain itu, pantai ini juga bisa menjadi alternatif bagi Anda yang sedang mencari tempat untuk foto prewedding.

Jam buka dan biaya masuk Pantai Pok Tunggal

Anda yang ingin berkunjung ke tempat wisata pantai ini untuk menginap bisa berkunjung kapan saja karena buka 24 jam. Harga HTM atau tiket masuknya dapat dilihat di bawah ini:

  • Biaya masuk per orang untuk wisatawan lokal/asing adalah Rp. 10.000
  • Harga sewa tenda Rp 25.000 (untuk 2 orang), Rp 35.000 (untuk 4 orang), Rp 50.000 (untuk 7 orang).
  • Harga sewa pendopo di pinggir pantai adalah Rp 20.000
  • Biaya parkir kendaraan: Rp 3.000-5.000

Peta lokasi Pantai Pok Tunggal

Tips Menuju Pantai Pok Tunggal

  • Berhati-hatilah saat menuju kota pantai ini karena jalannya sempit dan berkelok-kelok.
  • Jika Anda berencana berenang di pantai, sebaiknya bawa baju ganti.
  • Berhati-hatilah saat berenang karena pantai ini memiliki ombak yang cukup besar.
  • Hati-hati saat mendaki bukit di sebelah barat pantai karena jalan menuju bukit itu semua terbuat dari bambu.
  • Jika Anda berada di perbukitan, berhati-hatilah karena monyet liar sering ditemui di sini.
  • Jaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan. Siapapun yang sembarangan membuang sampah akan dikenakan denda sebesar Rp. 10.000
  • Jangan merusak atau memanjat pohon di pantai karena pohon tersebut jarang ditemukan.

Galeri Foto Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal

Perburuan Foto
Gubuk sebagai tempat istirahat
Spot foto di bebatuan karang

Keindahan Pantai Pok Tunggal
pasir pantai

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button