Tempat Wisata

Curug Bengkawah, air terjun mempesona dengan suasana asri dan alami di Pemalang

Curug Bengkawah di Pemalang, air terjun yang mempesona dengan suasana asri dan alami menawarkan pengalaman liburan yang menenangkan.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 09.00 – 15.00 WIB, Alamat: J L. Sikasur – Simpur, Karangmulyo, Sikasur, Kec. Belik, Kab.Pemalang, Jawa Tengah; Map: Periksa lokasinya

Dikenal sebagai kawasan wisata air terjun, Curug Bengkawah dijuluki “air terjun kembar” karena terdapat dua aliran air yang serupa.

Keindahan panorama yang ditawarkannya juga sangat mempesona dan tidak kalah dengan destinasi wisata air terjun lain di Indonesia.

Meski dekat dengan pantai utara, namun keindahan yang ditampilkan di sana sungguh menakjubkan. Oleh karena itu, objek wisata alam ini menjadi pilihan yang tepat untuk dikunjungi saat liburan dan biasanya banyak dikunjungi oleh pengunjung dari berbagai daerah.

Hotel murah di Pemalang

Daya Tarik Air Terjun Bengkawah

Daya Tarik Air Terjun BengkawahFoto: Google Maps/Jalan Kusdianto

1. Terletak di ketinggian 20 meter

Kawasan wisata Curug Bengkawah tidak hanya populer di kalangan wisatawan lokal saja, namun juga banyak dikunjungi wisatawan dari luar kota.

Keberadaan Air Terjun Bengkawah juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri di Desa Wisata Sikasur bersama beberapa danau yang sangat indah sehingga memberikan suasana yang menyegarkan.

Air terjun unik ini terletak di ketinggian sekitar 20 meter di atas permukaan laut. Meski tidak terlalu tinggi, namun air terjun cantik ini tetap memperlihatkan pesonanya yang luar biasa dan diberkahi dengan aliran air jernih yang membuatnya terlihat sempurna.

2. Jangan pernah kering

Karena sumber air terjun ini berada di pegunungan yang masih asli, maka tidak pernah kering. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengunjungi kawasan Curug Bengkawah Pemalang kapan saja sepanjang tahun karena masih bisa digunakan untuk pariwisata.

Pemandangan alam yang indah juga bisa dikatakan sebagai daya tarik pelengkap. Banyaknya pepohonan besar membuat kawasan wisata alam ini terasa sangat rindang dan sejuk.

Cek tiket Trans Studio Mini Tegal

Seperti yang telah disinggung di awal, kawasan wisata air terjun mempesona ini dijuluki “Air Terjun Kembar”.

Julukan ini diberikan karena struktur tebing di kawasan wisata alam ini menyebabkan air yang jatuh terbelah menjadi dua hingga tiga aliran hingga ke dasar kolam sehingga terlihat seperti kembar.

Aliran utama Air Terjun Bengkawah berasal dari Sungai Kluweh. Saat memasuki musim hujan.

Limpasan air di kawasan wisata alam ini lebih tinggi dibandingkan saat musim kemarau. Oleh karena itu, disarankan untuk berhati-hati saat berkunjung saat musim hujan.

Namun jika bicara kualitas keindahannya, di musim kemarau dan hujan pun tetap sama karena menampilkan hutan yang eksotik.

3. Memiliki kolam dengan kedalaman 3 meter

Perlu diketahui, kolam di bawah Air Terjun Bengkawah memiliki kedalaman kurang lebih 3 meter. Oleh karena itu, wisatawan perlu berhati-hati dalam beraktivitas dan tidak terlalu dekat dengan air terjun jika diperlukan.

Pihak pengelola telah menyediakan pembatas berupa tali untuk menjaga posisi wisatawan tetap aman selama perjalanan. Pastikan Anda mengikuti peraturan yang berlaku di kawasan air terjun ini agar tidak terjadi hal buruk dan berisiko tinggi.

Jika Anda memutuskan untuk mengunjungi kawasan wisata alam ini, Anda bisa menikmati berbagai aktivitas seperti arung jeram, berkemah, bermain air atau sekedar bersantai.

Cek tiket Trans Studio Mini Pekalongan

Alamat dan rute menuju air terjun

Alamat Air Terjun BengkawahFoto: Google Maps/Layanan Dinamo Hayu Jaya

Untuk melihat keindahan Air Terjun Bengkawah, Anda bisa datang ke Desa Sikasur, Belik, Pemalang, Jawa Tengah.

Jika Anda bepergian dari pusat kota Pemalang, Anda mungkin perlu menempuh jarak sekitar 33 km dengan waktu tempuh 1 jam dengan kendaraan pribadi.

Rute yang perlu Anda lalui untuk menemukan kawasan wisata alam ini mudah dengan Google Maps. Dari Pemalang Anda dapat melanjutkan perjalanan ke Jalan Bantarbolang dan selanjutnya ke Jalan Raya Pengingiran.

Setelah itu perjalanan menuju Jalan Raya Pamulang Purbalingga dimana anda akan menemukan lokasi wisata Air Terjun Bengkawah.

Biaya masuk wisata alam

Biaya masuk kawasan Curug Bengkawah Pemalang hanya Rp 5.000. Namun jika ingin melakukan aktivitas menarik, Anda bisa memilih paket wisata camping seharga Rp 250.000 dengan fasilitas lengkap berupa peralatan, makanan, minuman dan hiburan.

Pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi juga dikenakan biaya tambahan yaitu biaya parkir. Untuk kendaraan roda dua, wisatawan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 3.000. Namun dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas seru di Air Terjun BengkawahFoto: Google Maps/Panca Urip Purwoko

Arung jeram

Aktivitas pertama yang bisa Anda lakukan di Curug Bengkawah adalah arung jeram. Kegiatan ini dipimpin oleh para ahli sehingga dapat terlaksana dengan aman bagi wisatawan. Jika Anda menyukai aktivitas yang menantang, Anda wajib menikmati aktivitas ini.

Jangan lupa abadikan segala keseruannya dengan mengambil foto atau video selama kegiatan berlangsung. Namun, pastikan Anda terus mendengarkan instruksi pemandu untuk memastikan keamanan.

Berburu foto di Air Terjun Bengkawah

Bisa dikatakan kawasan wisata alam Curug Bengkawah Pemalang ini menjadi pilihan yang cocok bagi para fotografer. Ada banyak spot foto unik dan Instagrammable di sini. Bisa dipastikan foto yang dihasilkan akan sangat memuaskan.

Semua itu bisa Anda dapatkan karena semua pemandangan di sekitar air terjun unik ini sangat estetis. Berfoto dengan latar belakang air terjun merupakan suatu hal yang simbolis untuk dilakukan.

Anda bisa berkeliling kawasan wisata alam ini untuk mencari tempat terbaik.

Tak jauh dari kawasan wisata alam yang mempesona ini, Anda akan menemukan sumber mata air yang sangat jernih dan menyegarkan. Tentu saja waktu terbaik mengunjungi kawasan wisata alam ini adalah pada pagi hari karena pengunjungnya belum banyak.

Pemandangan pagi hari yang masih menyegarkan membuat Anda bisa lebih leluasa menikmatinya. Anda juga tidak akan merasakan adanya kebisingan dari aktivitas wisatawan lain.

berkemah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kawasan wisata air terjun ini menawarkan paket wisata yang menyenangkan. Dalam paket wisata ini Anda bisa menikmati aktivitas berkemah di pinggir air terjun. Kegiatan ini pastinya akan sangat menyenangkan.

Anda bisa mengajak teman atau keluarga untuk melakukan kegiatan ini bersama-sama. Ada banyak fasilitas yang dapat Anda gunakan jika memilih paket wisata yang menyenangkan ini. Makanan ringan dan minuman juga disediakan untuk membuat camping semakin menyenangkan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan air terjun

Fasilitas Air Terjun BengkawahFoto: Google Maps/Sinar Pagi

Meski pengelolaan wisatanya masih terus berkembang, namun fasilitas yang ada di kawasan wisata alam ini sudah cukup memadai. Tersedia pilihan tempat parkir yang nyaman untuk kendaraan roda dua dan empat.

Untuk mencapai kawasan wisata alam ini Anda harus berjalan kaki sekitar 10 menit dari tempat parkir. Fasilitas lain yang ada di sekitar objek wisata mempesona ini antara lain kamar mandi, toilet dan juga musala bagi pengunjung untuk beribadah.

Terdapat juga kios yang menawarkan berbagai pilihan makanan ringan dan minuman. Fasilitas khusus Wisata Curug Bengkawah antara lain perlengkapan arung jeram dan camping.

Perasaan liburan yang tak terlupakan dan menyenangkan akan Anda rasakan di kawasan air terjun yang mempesona ini. Pemandangannya sangat mempesona dan mampu membuat siapapun ingin menghabiskan waktu lebih lama di sini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button