Tempat Wisata

Pantai Pok Tunggal, pantai eksotis berjuluk “Surga Tersembunyi” di Gunung Kidul

Temukan keajaiban Pantai Pok Tunggal, “surga tersembunyi” di Gunung Kidul, menawarkan pantai eksotis dengan sungai bawah tanah yang menakjubkan.

Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Kecamatan Tepus, Kabin Gunung Kidul, Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Pantai Pok Tunggal mempunyai julukan yang sangat keren yaitu sebagai surga tersembunyi atau The Hidden Paradise. Julukan ini diberikan karena pantai ini tersembunyi di balik tebing yang menjulang tinggi.

Kini yang dimaksud dengan kata “surga” adalah karena destinasi wisata bahari ini menawarkan pemandangan pantai yang sangat indah dan mempesona. Apakah Anda tertarik menjelajahi pesona pantai-pantai indah di Yogyakarta?

Objek wisata yang ditawarkan oleh Pantai Pok Tunggal

Objek Wisata: Pantai Pok TunggalFoto: Google Maps/Suka Budi Raharja Putra

1. Asal usul nama

Perlu diketahui bahwa kata “Pok” untuk pantai ini berasal dari kata “Pokok” yang berarti “pohon” dalam bahasa Jawa. Sedangkan kata “Tunggal” mengacu pada satu-satunya pohon Duras yang tumbuh subur di sana.

Saat Anda berkunjung ke pantai indah ini, Anda akan menjumpai pepohonan Duras yang tumbuh lebat dan memberikan keteduhan. Masyarakat setempat meyakini keberadaan pohon Duras membawa berkah dan kemakmuran.

Selain itu, siapapun yang datang ke pantai mempesona ini pasti akan terkesima dengan airnya yang sangat jernih dan pasir putihnya.

Mata Anda akan disuguhi pemandangan menakjubkan dan deburan ombak yang tenang. Tentunya dengan kondisi tersebut Anda berkesempatan untuk melakukan aktivitas berenang atau snorkeling dengan aman.

Banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul. Beberapa di antaranya adalah duduk bersantai di pinggir pantai atau mengabadikan momen mencari spot foto terbaik.

Anda bisa mengunggah hasil jepretan terbaik Anda di media sosial untuk mempromosikan kawasan wisata bahari ini kepada masyarakat.

2. Memiliki sungai bawah tanah

Hal unik berikutnya yang bisa Anda temukan di kawasan wisata Pantai Pok Tunggal adalah Anda akan menemukan sungai air tawar bawah tanah yang mengalir hingga ke bibir pantai. Air sungai di lokasi ini menjadi sumber utama air tawar bagi warga sekitar.

Pantai ini dikelilingi perbukitan yang indah, di sebelah timur pantai terdapat Bukit Panjong dan di sebelah barat terdapat Bukit Tirta. Jika ingin menikmati pemandangan yang sedikit berbeda, Anda bisa berjalan kaki ke atas bukit.

Penggemar adrenalin harus mencoba kesempatan panjat tebing yang ditawarkan pantai indah ini. Masih banyak aktivitas lain yang bisa dilakukan sekaligus di kawasan wisata pantai ini seperti berkemah atau menikmati indahnya matahari terbenam.

Cahayanya yang oranye mampu memberikan rasa tenang tertentu. Bahkan, suasana yang tercipta terkesan sangat romantis dan berkesan. Anda bisa mengunjungi kawasan wisata pantai yang menakjubkan ini pada sore hari.

3. Memiliki tebing karang

Seperti yang sudah disebutkan, kawasan wisata Pantai Pok Tunggal dikelilingi oleh tebing-tebing yang tinggi. Tebing karang yang ada di kawasan pantai unik ini tingginya sekitar 50 meter.

Oleh karena itu, tebing ini sangat cocok untuk kegiatan pendakian. Bagi Anda yang ingin menciptakan momen seru dan pengalaman menarik, aktivitas unik ini bisa dipilih.

Menikmati pemandangan dari atas tebing tentu sangat menyenangkan. Perlu diketahui bahwa tebing karang ini juga merupakan rumah bagi primata liar.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai Pok TunggalFoto: Google Maps/Marisa Reni

Pantai indah ini terletak di Desa Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Jika Anda bepergian dari pusat kota, Anda harus menempuh jarak 66,5 kilometer dalam waktu sekitar 2 jam.

Rute yang bisa ditempuh untuk mencapai kawasan wisata indah ini adalah melalui Banguntapan menuju Piyungan lalu terus menuju Jalan Baron. Perjalanan dilanjutkan menuju Jalan Pantai Selatan Java dan Jalan Pantai Pok Tunggal.

Biaya masuk wisata bahari

Hanya dengan tiket masuk Rp 10.000, Anda sudah bisa menikmati segala keseruan Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul. Jika membawa kendaraan pribadi akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp3.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp10.000 untuk kendaraan roda empat.

Masih banyak aktivitas tambahan yang bisa dilakukan di sini. Anda bisa menyewa payung dan gazebo dengan harga Rp 20.000 per unit. Kemudian jika ingin menyewa tenda dan camp dikenakan biaya sebesar Rp 60.000/tenda.

Pantai wisata bahari ini buka 24 jam sehari sehingga bisa dikunjungi kapan saja. Pentingnya menjaga kebersihan pantai dengan membuang sampah pada tempatnya. Siapapun yang melanggarnya harus mendapat sanksi tersendiri.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas di Pantai Pok TunggalFoto: Google Maps/Desi Safitri

Bersantai di pantai

Aktivitas pertama yang bisa Anda lakukan saat berada di kawasan pantai wisata indah ini adalah duduk bersantai di pinggir Pantai Pok Tunggal. Untuk menambah kenikmatan, Anda bisa menyewa gazebo dan payung untuk bersantai.

Tentunya dengan fasilitas tersebut Anda bisa duduk santai menikmati pemandangan pantai tanpa terganggu oleh panasnya sinar matahari. Biaya sewanya juga tidak terlalu mahal sehingga tetap hemat di dompet.

Camping di pinggir Pantai Pok Tunggal

Kegiatan selanjutnya yang tak kalah menarik adalah berkemah. Aktivitas ini menjadi pilihan yang sangat cocok bagi Anda yang belum cukup menikmati keseruan berwisata ke Pantai Pok Tunggal.

Meski tidak membawa peralatan dari rumah, Anda bisa menyewanya kepada pengelola. Sewa tenda untuk camping dikenakan biaya Rp 60.000/tenda.

Artinya, Anda bisa lebih beraktivitas hingga malam hari sambil mendengarkan suara alam. Suasana pantai dengan deburan ombak dan hembusan angin sepoi-sepoi membuat pengalaman berada di sini semakin menakjubkan.

Sembari berkemah, Anda bisa ngobrol bersama teman atau melakukan aktivitas menyenangkan lainnya. Menyaksikan keindahan bintang di langit juga menjadi kegiatan yang menenangkan.

Mendaki

Terakhir di Wisata Pantai Pok Tunggal Anda bisa panjat tebing atau memanjat tebing setinggi 50 meter. Kegiatan ini cukup menantang dan menyenangkan. Kegiatan menyenangkan ini sayang untuk dilewatkan. Lanjutkan dengan hati-hati untuk memastikan Anda mencapai puncak dengan aman.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas di Pantai Pok TunggalFoto: Google Maps/Alif Yulianto Ch

Saat berkunjung ke kawasan pantai Pok Tunggal Gunung Kidul tentu saja fasilitas yang paling banyak dicari. Banyak fasilitas yang akan Anda temukan di kawasan wisata bahari yang indah ini.

Pertama, adanya fasilitas berupa pendopo dan payung yang disewakan kepada pengunjung. Fasilitas-fasilitas tersebut tentunya bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada wisatawan. Masih banyak hal lain yang bisa ditemukan di sini.

Tersedia juga musala untuk salat dan kamar mandi yang super bersih dan nyaman. Siapa pun yang mengunjungi kami pasti akan betah dan berlama-lama di Pantai Pok Tunggal. Anda bisa mengajak keluarga atau teman Anda untuk berwisata bersama ke pantai yang mempesona ini.

Melihat keindahan pantai dari tempat lain tentu akan sangat menyenangkan. Saat berada di sini, Anda bisa menikmati pemandangan dari atas tebing. Saat Anda datang ke kawasan wisata bahari yang indah ini, Anda akan melihat semuanya dengan jelas.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button