Tempat Wisata

Taman Pandan Kuning Kebumen, Harga Tiket dan Lokasi

Taman Pandan Kuning – Kebumen merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah yang memiliki potensi wisata yang besar, khususnya pantai. Ada banyak pantai indah di Kebumen yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Sebut saja Pantai Karang Bolong, Pantai Menganti, Pantai Petanahan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Berbicara tentang Pantai Petanahan, destinasi wisata yang satu ini sudah cukup terkenal sejak lama. Setiap akhir pekan atau musim liburan, pantai ini selalu ramai dikunjungi. Pantainya yang luas dan fasilitasnya yang lengkap menjadi daya tariknya.

Namun kini di penghujung tahun 2023, pantai ini semakin menjadi salah satu destinasi wisata terpopuler di Kebumen. Hal ini berkat adanya tempat wisata baru bernama Taman Pandan Kuning yang disebut-sebut sebagai miniatur Ancol. Pasalnya, tempat wisata terbaru di Petanahan Kebumen ini menawarkan beragam wahana seru dan menantang.

Objek Wisata Taman Pandan Kuning Petanahan Kebumen

Lokasi Taman Pandan Kuning sendiri bisa dikatakan cukup strategis. Kawasan ini berada di jalur selatan dan merupakan jalur menuju Bandara Internasional Yogyakarta. Dari bandara dibutuhkan waktu setidaknya sekitar 1 jam untuk mencapai lokasi. Selain itu, wisatawan juga cukup dekat untuk menjelajahi sejumlah tempat wisata lainnya. Seperti pantai dari Karangbolong hingga Goa Jatijajar.

Menariknya, destinasi wisata ini tidak dibangun oleh pihak swasta melainkan oleh pemerintah daerah setempat. Kehadirannya turut “meramaikan” Pantai Petanahan yang sudah lama dikenal namun belakangan agak tergerus zaman.

Secara konsep mirip dengan Dufan di Jakarta. Pembangunannya mencakup lahan sekitar 26 hektare dengan anggaran sekitar Rp 180 miliar. Namun pembangunannya sendiri akan dilakukan secara bertahap.

Saat ini, pemkab telah meluncurkan sedikitnya 10 wahana. Diantaranya adalah kolam renang, mobil bom, octapus, bebek air dan beberapa wahana lainnya.

Biaya masuk Taman Pandan Kuning Kebumen

Harga HTM Pandan Kuning Park relatif terjangkau sehingga dapat digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat. Berikut informasi harga tiket selengkapnya dilansir Instagram

Jenis tiket Harga (hari kerja) Harga (akhir pekan)
Tiket masuk + 1 perjalanan Rp10.000 Rp.15.000
Tiket masuk berkelanjutan (semua perjalanan) Rp50.000 Rp75.000

Lokasi Taman Pandan Kuning

Lokasi tepatnya berdekatan dengan kawasan Budidaya Udang Berbasis Kawasan (BUBK) Kebumen, yakni di Desa Tegalretno, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Tidak sulit menemukannya. Jika menggunakan Google Maps, cukup arahkan ke Pantai Petanahan karena lokasinya tidak jauh dari pantai.

Perabot

  • area parkir
  • perjalanan
  • panggung
  • kantin
  • kedai kopi
  • restoran
  • Toilet
  • dll.

Wahana seru di Taman Pandan Kuning

Berikut beberapa wahana seru yang bisa Anda coba:

Kolam kece

wahana kolam renang yang kerenwahana kolam renang yang kerenwahana kolam renang yang keren

Wahana ini lebih cocok untuk anak-anak. Sesuai dengan namanya, kolam ini cukup dangkal. Kemudian dilengkapi dengan beberapa slide dengan bentuk dan warna yang cukup menarik.

Gurita

GuritaGuritaGurita

Ini merupakan salah satu wahana yang cukup menantang untuk dicoba. Bentuknya berbentuk gurita yang dikelilingi beberapa tempat duduk. Kursi bergerak maju mundur dan berputar.

Tatakan Naga

Berikutnya ada wahana Dragon Coaster, yaitu wahana kereta api yang menempuh jalur buatan sendiri.

Bom mobil

Sepertinya semua orang sudah familiar dengan wahana ini. Mobil bombom merupakan mobil listrik yang biasanya bergerak maju mundur dengan menggunakan pedal. Kendaraan ini juga dirancang agar aman ketika saling bertabrakan.

Itulah beberapa informasi tentang Taman Pandan Kuning di Petanahan Kebumen. Destinasi ini dijadwalkan mulai beroperasi pada akhir tahun 2023. Jadi bersiaplah warga Kebumen dan sekitarnya menyambut objek wisata terbaru yang pastinya akan bikin heboh.

Source: travelandword.com

Related Articles

Back to top button