Tempat Wisata

Pantai Ngliyep Malang – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pemandangan, aktivitas liburan, lokasi & harga tiket – Pantai Pantai Ngliyep adalah objek wisata populer di miskin dengan panorama alam yang mempesona. Pantai berpasir putih yang eksotis di dekat Gunung Kombang yang mistis.

harga tiket: Rp15.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Kedungsalam, Kec. Donomulyo, Kab.Malang, Jawa Timur; map: Cek lokasi

Pantai selalu menjadi destinasi yang tak pernah gagal menarik perhatian wisatawan. Sebagai negara bahari, Indonesia tentu memiliki banyak pantai yang indah untuk ditawarkan. Setiap pantai juga memiliki karakteristik berbeda yang menjadi daya tarik tersendiri.

Terletak di selatan provinsi Jawa Timur, Malang memiliki daya tarik wisata yang sangat beragam. Mulai dari destinasi wisata alam hingga buatan, destinasi pegunungan hingga pantai bisa kamu temukan di sini. Terutama destinasi wisata pantai, ada banyak pantai dengan pemandangan menakjubkan yang bisa Anda kunjungi di Malang.

Salah satu pantai yang wajib dikunjungi di Malang adalah Pantai Ngliyep. Pantai ini memiliki keindahan dan eksotisme yang diselimuti mitos yang berkembang di masyarakat menambah daya pikat pantai ini. Nah, sebelum kita pergi berlibur ke pantai ini, yuk simak dulu informasi apa saja yang harus kamu ketahui tentang pantai ini.

Atraksi Pantai Ngliyep

Pemandangan di Pantai NgliyepKredit foto: Google Maps Harwindra Yoga Prasetya

Ketika Anda pergi berlibur ke suatu destinasi, Anda pasti akan mengetahui atraksi apa saja yang membuat Anda datang ke tempat tersebut, bukan? Nah, jika Anda ingin menghabiskan waktu liburan di Pantai Ngliyep, berikut ini akan menjadi daya tarik yang bisa Anda nikmati.

1. Air laut biru jernih

Daya tarik utama yang bisa Anda temukan adalah lautnya yang begitu jernih sehingga warna biru air lautnya bersinar. Air laut di pantai ini sangat jernih sehingga menjadi pemandangan yang sangat menyejukkan mata sejauh mata memandang.

Pantai eksotis ini berada di pesisir selatan yang terkenal dengan ombaknya yang besar. Namun karena terdapat tebing tinggi di sisi kanan dan kiri pantai, ombak yang menerjang kawasan pantai ini tidak terlalu besar. Anda bisa memilih tempat yang tertutup oleh pulau tebing jika ingin berenang atau bermain dengan aman.

2. Pantai dengan pasir putih yang membentang

Daya tarik Pantai Ngliyep selanjutnya adalah pasir pantainya yang putih dan halus. Pantai berpasir putih halus ini tampak seperti bingkai air laut biru jernih dan perbukitan hijau yang mengelilinginya.

3. Gunung Kombang dengan mitos yang menyelimuti

Masih di daerah pantai ada sebuah tempat yang bernama Gunung Kombang. Gunung Kombang bukanlah gunung seperti yang Anda bayangkan. Gunung Kombang adalah sebuah pulau kecil tidak jauh dari pantai.

Ada mitos seputar Gunung Kombang dimana di pulau kecil ini terdapat sebuah Petilasan yang konon merupakan tempat munculnya Nyi Roro Kidul. Orang sering menaruh sesajen di sekitar petilasan ini. Di kawasan Gunung Kombang juga terdapat pura dimana masyarakat sekitar mengadakan pemujaan dan tradisi Larungan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Ngliyep

Alamat Pantai NgliyepKredit foto: Google Maps ROVI Glblues

Pantai ini terletak di Malang Selatan, tepatnya di Desa Kedungsalam, yang merupakan bagian dari Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Berangkat dari kota Malang, ambil jalur menuju kabupaten Kepanjen kemudian ikuti jalan utama hingga sampai di kawasan Pagak.

Setelah sampai di Pagak, ambil jalur menuju kecamatan Donomulyo. Setibanya di Donomulyo, Anda dapat dengan mudah menemukan arah menuju Pantai Ngliyep. Rute dan aksesnya pun cukup mudah sehingga tidak membuat perjalanan ke pantai ini terlalu lama. Dari pusat Kota Malang, dengan jarak tempuh 62 km, perjalanan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngliyep Malang

Harga Tiket Masuk Pantai Ngliyep MalangSumber gambar: Google Maps Nana

Masuk ke kawasan pantai ini tidak membutuhkan biaya yang besar. Tiket masuk ke pantai ini hanya seharga Rp 15.000. Anda bisa mengunjungi pantai ini setiap hari mulai pukul 08.00 dan tutup pukul 18.00.

Bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat mengaksesnya dengan kendaraan pribadi, baik mobil maupun sepeda motor. Anda tidak perlu khawatir karena akan ada area untuk memarkir kendaraan Anda. Untuk parkir, dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Biaya parkir cukup terjangkau.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai Ngliyep

Aktivitas Menarik Pantai Ngliyep PantaiKredit Foto: Google Maps Johan Kurniawan

Pantai selalu menjadi tempat yang tepat untuk berbagai aktivitas menarik dan menyenangkan, termasuk di Pantai Ngliyep. Nah, ketika Anda berada di pantai ini, berikut adalah aktivitas menarik dan menyenangkan yang bisa Anda lakukan.

1. Nikmati keindahan pantai lebih lama dengan berkemah

Salah satu kegiatan yang paling disukai banyak pengunjung adalah berkemah. Jika tidak membawa bekal, pengelola juga menawarkan persewaan tenda dengan harga dan ukuran yang berbeda-beda. Namun, pastikan Anda memiliki izin pengelola terlebih dahulu sebelum merencanakan berkemah.

2. Berenang dan bermain air laut pantai yang jernih

Air laut Pantai Ngliyep yang jernih akan selalu menggoda Anda untuk sekedar bermain di pantai atau berenang. Namun, Anda harus berhati-hati karena pantai ini termasuk wilayah pantai selatan dengan ombak yang besar. Pilih tempat bermain atau berenang dengan ombak yang tidak terlalu besar.

3. Jelajahi keindahan pantai dengan berjalan kaki

Jika tidak ingin berenang, Anda bisa menikmati pemandangan di pantai ini dengan berjalan kaki menyusuri garis pantai yang berpasir putih halus. Garis pantai sepanjang kurang lebih 2 km ini bisa menjadi cara yang tepat untuk menikmati pemandangan pantai secara keseluruhan.

4. Jangan lewatkan ritual Labuhan, ritual sekaligus kekayaan budaya masyarakat sekitar

Aktivitas lain yang bisa kamu ikuti jika datang ke Pantai Ngliyep di waktu yang tepat adalah ritual Labuhan. Labuhan adalah ritual penebusan di mana seekor sapi atau kambing disembelih untuk kemudian disumbangkan kepada masyarakat sekitar.

Sebagian hasil pemotongan sapi dan kambing tidak hanya dibagikan kepada masyarakat sekitar, tetapi juga dibuang ke tengah laut. Selain itu, masyarakat akan membawa sesajen ke Gunung Kombang, disertai dengan pertunjukan Jaranan. Orang yang membuat sesaji ini juga diharuskan memakai pakaian tradisional.

5. Menikmati pemandangan pantai dari sudut pandang yang berbeda? Coba panjat tebing

Ingin menikmati pemandangan pantai dari sudut pandang yang berbeda? Jangan khawatir, tebing-tebing yang mengelilingi pantai ini bisa menjadi lokasi Anda untuk menikmati pemandangan Pantai Ngliyep dengan cara yang berbeda.

Namun Anda harus berhati-hati, tidak semua tebing ini bisa didaki. Hanya tebing di sisi timur atau kiri pantai. Dari sini kamu bisa melihat pemandangan pantai favorit ini dari sudut yang berbeda. Di sini seluruh sisi pantai terlihat jelas. Apalagi jika Anda mendaki sebelum matahari terbenam, pemandangan yang disajikan semakin menakjubkan.

6. Jangan lupa abadikan momenmu dengan foto

Berwisata belum lengkap rasanya tanpa membawa pulang oleh-oleh yang akan diabadikan dalam sebuah foto. Keindahan pantai ini tidak akan terlupakan jika diabadikan dalam bentuk foto. Ada juga banyak spot foto yang instagramable untuk dipilih.

Anda dapat mengambil gambar dengan latar belakang yang jelas dengan pemandangan laut atau pantai dengan pasir putih halus. Atau Anda juga bisa mengambil foto sesaat sebelum matahari terbenam. Kali ini adalah saatnya Anda bisa berfoto dengan latar belakang langit jingga yang menakjubkan.

Ada juga spot foto berupa perahu gantung. Spot foto ini menjadi spot selfie yang populer di kalangan pengunjung. Spot foto ini dibangun menyerupai kapal legendaris Titanic namun lebih sederhana. Sangat cocok untuk Anda yang suka mencari spot foto instaged untuk diunggah ke akun media sosial Anda.

Penginapan murah di pantai Ngliyep

Penginapan murah di pantai NgliyepKredit foto: Google Maps Bung Fadil

Ingin menikmati pemandangan alam lebih lama? Jangan khawatir, selain berkemah, dengan menyewa tenda di pinggir pantai, Anda juga bisa menginap di berbagai penginapan yang tidak jauh dari pantai.

Lokasi penginapan ini tidak langsung berada di kawasan Pantai Ngliyep. Beberapa penginapan berada di kawasan pantai wisata lainnya seperti Pantai Balekambang dan lain sebagainya. Namun Anda tidak perlu khawatir karena sebenarnya lokasi masing-masing pantai berdekatan.

Salah satu penginapan yang paling dekat dengan pantai adalah Hotel Wibisono. Lokasinya sekitar 12 km dari pantai ini. Penginapan milik BUMD ini tersedia dalam tiga tipe kamar dengan fasilitas dan harga yang berbeda.

Ada tipe kamar dengan double bed, kamar mandi pribadi dan fasilitas sarapan untuk 4 orang. Jenis kamar ini ditawarkan dengan harga per malam mulai dari Rp 350.000 hingga Rp 400.000 per malam. Ada juga tipe kamar dengan single bed dan kamar mandi pribadi yang disewakan dengan harga Rp 250.000 per malam. Terakhir, ada gubuk bambu dengan fasilitas yang sama disewakan dengan harga Rp 200.000 per malam.

Penginapan lain yang lebih dekat dengan pantai Ngliyep adalah Istana Laut 1. Lokasinya hanya sekitar 4,5 km dari pantai. Fasilitas yang disediakan juga sangat nyaman bagi pengunjung. Dimulai dengan tempat tidur yang nyaman, TV di kamar dan kamar mandi pribadi. Untuk menginap di sini, pengunjung dikenakan pajak tempat tinggal sebesar Rp 300.000 per malam.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Ngliyep Malang

Fasilitas Pantai Ngliyep MalangSumber gambar: Google Maps Jodipaness 1

Pantai Ngliyep semakin populer di kalangan wisatawan. Untuk membantu kenyamanan para pengunjung, pengelola telah menyediakan berbagai fasilitas yang cukup memadai. Bagi pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi, tidak perlu khawatir karena sudah tersedia lahan parkir yang luas di kawasan pantai ini.

Pengunjung yang ingin berkemah dapat menyewa tenda dari pengelola. Selain itu, terdapat fasilitas lain untuk menunjang kenyamanan mulai dari toilet, kamar mandi, warung makan di pinggir pantai dan mushola. Ada juga tempat di mana Anda bisa menyewa tikar sehingga Anda bisa bersantai di pantai.

Jika Anda ingin membawa oleh-oleh, Anda bisa membelinya di sini. Masih di sekitar area pantai banyak terdapat warung dan toko yang menjual berbagai macam oleh-oleh. Semua fasilitasnya lengkap untuk menunjang kenyamanan para pengunjung.

Itu saja informasi yang perlu Anda ketahui tentang Pantai Ngliyep, pantai yang sangat sayang untuk dilewatkan di ujung selatan Kabupaten Malang. Dengan berbagai atraksi, aktivitas yang menyenangkan dan fasilitas yang lengkap, Anda bisa menikmati waktu liburan yang lebih nyaman dan tentunya menyenangkan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button