Tempat Wisata

Lihatlah keindahan Diamond Beach, pantai mempesona di Nusa Penida, Bali

Temukan keindahan Diamond Beach di Nusa Penida, Bali, pantai unik dengan pemandangan alam yang mempesona dan perbukitan karang eksotis yang mengingatkan kita pada berlian.

Harga tiket: Rp35.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Pejukutan, Kec. Nusa Penida, Kab.Klungkung, Bali; Map: Periksa lokasinya

Belakangan ini Pantai Diamond sedang menjadi topik populer di kalangan wisatawan. Pantai ini dijuluki “Berlian” karena memiliki tebing di tepinya yang menyerupai bentuk berlian dan terlihat lancip jika dilihat dari kejauhan.

Selain itu, air lautnya yang berwarna kebiruan menyinari sinar matahari dan semakin mempertegas kesan indah berlian di pantai ini. Di pinggir pantai terdapat tebing yang tinggi dan terjal, juga terdapat tangga untuk menuju pantai. Apa yang menarik dari pantai ini? Mari kita bahas bersama!

Atraksi yang ditawarkan Diamond Beach

Daya tarik Pantai BerlianFoto: Unsplash/Mathis Jrdl

1. Pantai alami dengan panorama alam yang luar biasa

Pantai Intan masih tergolong alami karena belum terjamah manusia. Pantai ini baru dibuka untuk umum pada tahun 2018 sehingga masih tergolong pantai baru.

Untuk menuju pantai ini sebenarnya Anda harus menuruni anak tangga yang mengarah ke tebing. Meski dalam kondisi seperti ini, pantai ini menawarkan pemandangan yang sungguh menakjubkan.

2. Tebing karst yang menjulang tinggi

Tebing karst menjulang tinggi tepat di tepi Diamond Beach Nusa Penida, sehingga akses menuju pantai harus dilakukan melalui atas bukit. Pengunjung yang ingin menikmati hamparan pemandangan pantai hanya bisa melakukannya dari atas tebing. Terdapat juga spot foto menarik dengan pemandangan laut lepas yang indah.

Jika ingin lebih dekat ke pantai, Anda harus turun dari tebing. Terdapat tangga tepat di tepi tebing dengan tali pembatas yang menempel di bagian luarnya. Karena beberapa tangga memiliki permukaan yang licin, disarankan untuk berhati-hati.

3. Pantai dengan pasir putih dan air laut biru

Namun jangan khawatir, perjalanan berat menuju Wisata Pantai Diamond akan terbayar dengan pemandangan yang menakjubkan. Pasir putihnya yang halus berpadu indah dengan gemerlap air laut yang berwarna kebiruan. Di sisi pantai juga terdapat tebing tajam menyerupai berlian.

Saat cuaca cerah, pantai ini tampak seperti lukisan alam yang sempurna. Sehingga mereka sepertinya tidak ingin meninggalkan kawasan wisata ini.

Namun jangan lupa membawa topi atau kacamata karena pantainya menghadap ke timur sehingga sinar matahari sangat terik di siang hari.

Pilihan shelter di Diamond Beach juga tidak banyak, jadi Anda perlu bersiap. Selain itu, bermain di pantai ini pun tetap menyenangkan. Karena ombaknya yang besar, dilarang berenang terlalu jauh dari bibir pantai.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai DiamondFoto: Unsplash/Johnny Afrika

Pantai ini terletak di Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. Pantai ini menjadi populer beberapa tahun lalu. Yang membuatnya menarik adalah panorama pantainya jika dilihat dari kejauhan bagaikan berlian.

Jarak antara Diamond Beach dan pelabuhan Nusa Penida kurang lebih satu jam perjalanan. Ada dua jalur menuju pantai ini, yang pertama menyusuri pantai dan keindahannya luar biasa, namun lebih cocok untuk kendaraan roda dua karena medannya cukup bagus.

Kini terdapat jalur lain yang juga bisa dilalui dengan kendaraan roda empat. Namun jalurnya berbeda dengan kendaraan roda dua. Namun secara keseluruhan jalur menuju pantai ini sangat bagus. Tunggu apa lagi untuk mengunjungi objek wisata mempesona ini?

Biaya masuk wisata bahari

Biaya masuk ke Diamond Beach Nusa Penida adalah Rp. 35.000, harga tersebut sudah termasuk minuman selamat datang berupa sebotol air mineral. Harga tiketnya terjangkau, apalagi Anda bisa menikmati pemandangan pantai yang luar biasa sepuasnya.

Biaya parkir dikenakan sebesar Rp untuk kendaraan roda dua. Hanya 5.000. Anda dapat meninggalkan kendaraan Anda dengan tenang dan tanpa rasa takut akan bahaya saat memarkirnya untuk berkunjung ke pantai. Kemudian siapkan uang tambahan jika diperlukan.

Wisata bahari ini buka 24 jam setiap hari. Jadi Anda bisa datang kapan saja. Namun waktu yang disarankan adalah pagi hari karena pengunjung masih sedikit. Pada siang hari, apalagi di akhir pekan, jumlah pengunjungnya sangat tinggi.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas Pantai BerlianFoto: Unsplash/Kami Membuat Film Kreatif

1. Menikmati panorama pantai yang luar biasa

Menikmati panorama pantai ini sungguh menyenangkan dan menenangkan. Air lautnya yang jernih berwarna kebiruan berpadu sempurna dengan pasir putih halus pantai. Menjadikan panorama pantai semakin menarik.

Ditambah lagi dengan tebing terjal di pinggir pantai, seolah menjadi maskot utama Pantai Diamond. Selain itu, tangga yang berada di tepi tebing menjadi daya tarik lainnya. Ini seperti menaiki tangga menuju permata alam yang tersembunyi.

2. Bermain pasir di pinggir Pantai Diamond

Bermain pasir di tepi pantai juga memiliki daya tarik tersendiri: berkat pasir putihnya yang halus, Anda bisa menghabiskan waktu bermain pasir sepuasnya. Selain itu, pantai ini juga memiliki beberapa spot menarik di pinggirnya yang cocok untuk bermain.

Namun nyatanya Anda harus berhati-hati jika ingin ke pantai ini. Perlu memperhatikan tangga menuju pantai. Oleh karena itu, bagi orang tua yang takut ketinggian atau anak-anak sebaiknya tidak turun ke Pantai Berlian yang lebih rendah.

3. Bersantai, nikmati suasana sekitar pantai dan abadikan momen

Pengunjung dapat bersantai di pantai yang fantastis ini. Baik dari atas tebing maupun saat Anda berjalan turun mendekati pantai. Menikmati pemandangan pantai yang luar biasa ini pasti akan meninggalkan kenangan yang tak terlupakan.

Suasana di sekitar Wisata Pantai Diamond juga masih alami. Suasana khas pantai sangat terasa di tempat ini. Meski matahari terik terik, angin sepoi-sepoi masih terasa di pantai ini. Supaya suasananya tetap menyenangkan, Anda tinggal duduk santai menikmati suasananya.

Karena keindahan pantai ini sudah mendunia, sayang sekali jika momen ini tidak diabadikan di sini. Anda dapat mengambil foto sebanyak yang Anda inginkan. Baik itu di spot-spot foto yang tersedia, di tangga menuju pantai bawah, di pinggir pantai itu sendiri atau tempat-tempat lain yang cocok untuk foto-foto asyik.

Fasilitas wisata yang tersedia

Fasilitas di Diamond BeachFoto: Unsplash/Anton Rymarev

Fasilitas Diamond Beach Nusa Penida antara lain tempat parkir mobil yang luas. Disini juga terdapat petugas parkir untuk menjamin keamanan kendaraan di tempat parkir. Anda tidak perlu khawatir lagi. Selain itu jarak pantai ke tempat parkir juga cukup jauh.

Kemudian di sini juga dibangun tangga agar pengunjung bisa turun menuju pantai. Ingatlah bahwa pantai ini sepenuhnya dibatasi oleh tebing terjal. Namun Anda perlu berhati-hati karena tangganya terbuat dari batu kapur sehingga permukaannya licin.

Bahkan pembatas tangga hanya seutas tali. Faktanya, di bagian paling bawah dekat pantai tidak terdapat tangga sehingga pengunjung harus bergelantungan di tali. Oleh karena itu sangat disarankan untuk berhati-hati jika memang ingin turun ke Pantai Diamond.

Keindahan pantai ini sudah dikenal baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Oleh karena itu, pantai indah ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Gemerlap air laut dengan pasir putih halus bagaikan berlian yang indah. Jika ada kesempatan, luangkan waktu untuk mampir ke sini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button