Tempat Wisata

Candi Kalasan, candi bersejarah di Sleman yang identik dengan kerajaan Hindu-Buddha

Candi Kalasan, candi bersejarah di Sleman yang kaya akan peninggalan Hindu-Buddha, menawarkan kesempatan untuk menelusuri sejarah kerajaan kuno di tengah keindahan arsitektur klasiknya.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 06.00 – 18.00 WIB, Alamat: J L. Raya Yogya – Solo, Suryatmajan, Kec. Danurejan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Salah satu destinasi wisata sejarah di Yogyakarta adalah Candi Kalasan. Kota ini selalu menjadi pusat kebudayaan dengan peninggalan sejarah yang sangat populer. Tentu akan sangat menarik jika dijadikan destinasi liburan.

Disebut juga Candi Kalibening, objek wisata ini termasuk peninggalan sejarah kerajaan Hindu-Buddha. Pesona keindahannya begitu megah, dengan gaya arsitektur yang menawan dan unik. Ada juga prasasti candi yang menceritakan kisahnya.

Tentu saja perjalanan ke candi ini bisa direncanakan tidak hanya pada hari libur, tetapi juga pada hari kerja. Pesona peninggalan sejarah tempat ini memang mampu menarik wisatawan untuk berkunjung.

Daya tarik Candi Kalasan

Daya tarik Candi KalasanFoto Andiq Arief Riyanto di Instagram

Mengunjungi kawasan pura ini tentu akan semakin seru jika mengetahui objek wisata apa saja yang ditawarkan. Selain itu, fasilitas yang sangat terawat dan bersih membuat pengunjung semakin merasa nyaman. Berikut atraksinya:

1. Patung Dewa

Salah satu daya tarik utama kawasan wisata Candi Kalasan adalah adanya patung dewa yang memegang erat bunga teratai di tangannya. Bagi wisatawan yang sering datang kesini, keunikan tersebut tentu sudah menjadi sesuatu yang familiar.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Selain itu, masih ada keindahan lain yang bisa dinikmati dari patung ini. Yakni terdapat singgasana berbentuk singa yang mampu menarik perhatian pengunjung untuk berfoto dan mengabadikan momen berliburnya.

2. Keindahan relief candi

Daya tarik lain dari Candi Kalasan adalah relief candinya yang sangat indah. Relief-relief ini disisipkan sebagai jendela sejarah yang benar-benar mewakili agama Budha. Termasuk kehidupan Siddhartha Gautama Buddha.

Pada relief candi ini Anda juga akan disuguhkan adegan-adegan dari mitologi kehidupan masyarakat pada masa lalu. Detail reliefnya melambangkan seni rupa yang bernilai tinggi dan menjadi saksi tingginya keterampilan artistik masa lalu.

3. Getah tanaman sebagai lem

Salah satu daya tarik yang mungkin belum banyak diketahui orang adalah candi ini menggunakan getah tumbuhan sebagai perekatnya. Hal ini dapat ditemukan pada relief atau ornamen candi yang dibuat dengan bahan tersebut sehingga sangat unik.

Tentunya penggunaan lem ini dapat menambah daya tarik tersendiri bagi pengunjung lokal maupun mancanegara. Anda bisa melihat sendiri seperti apa saksi bisu masa Kerajaan Hindu-Buddha dengan jejak-jejak konstruksi relief yang ada.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Candi KalasanFoto oleh Kunto Susilo di Google Maps

Jika Anda penasaran dengan wisata Candi Kalasan, Anda bisa berkunjung melalui Jl. Solo – Yogyakarta. Tepatnya di Desa Suryatmajan, Kec. Danurejan, Kab. Sleman, Yogyakarta. Pengunjung dapat dengan mudah menemukan jalan menuju alamat tersebut.

Selain itu, area jalan juga sudah beraspal sehingga mulus dan nyaman untuk dilalui. Temukan lokasi dengan mudah menggunakan tanda-tanda di sekitar jalan. Dari pusat kota hingga kawasan candi.

Tinggalkan saja pusat kota Yogyakarta, masuk ke Jalan Laksda Adisucipto lalu lurus menuju Jl. Raya Solo – Yogyakarta. Kemudian ikuti jalan tersebut, perhatikan petunjuk arahnya, hingga mencapai kawasan tersebut.

Biaya masuk dan jam buka

Yogyakarta sangat terkenal dengan banyaknya bangunan candi yang berbeda. Destinasi Candi Kalasan Sleman sendiri memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjungnya karena biaya masuknya yang cukup terjangkau.

Selain itu, bisa Anda jadikan tempat yang ideal untuk rekreasi bersama keluarga atau rombongan lainnya. Anda pasti bisa melihat dari dekat keindahan dan pesona candi bersejarah di Kabupaten Sleman ini.

Harga tiket masuk yang harus Anda bayar sendiri mulai dari Rp 5.000 untuk wisatawan domestik, sedangkan untuk wisatawan asing sebesar Rp 10.000. Anda bisa menjadikannya tempat di mana Anda bisa menghabiskan liburan tanpa perlu khawatir membebani dompet Anda.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas Menarik di Candi KalasanFoto Ony Ispriyanto di Instagram

Liburan ke kuil bersejarah ini tidak lengkap tanpa melakukan aktivitas seru. Anda dapat merasakan sendiri warisan budaya Yogyakarta yang tak ternilai harganya dan menjelajahi keharmonisan kerajaan Hindu-Buddha. Ada berbagai aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sini:

Rasakan pesona arsitektur kuil

Candi Kalasan Sleman memiliki perpaduan unsur Hindu dan Budha dengan ukuran 45 x 34 meter. Terdapat 52 stupa dengan 3 bagian. Mulai dari bagian mahkota, badan, hingga kaki candi juga tak kalah menarik untuk dijelajahi.

Atap candi sendiri mempunyai dua tingkat dengan bentuk segi delapan. Di tingkat pertama Anda akan menemukan patung Buddha. Di tingkat kedua terdapat patung Dhayani Buddha dan beberapa stupa lainnya.

Berfoto di sekitar Candi Kalasan

Kalasan merupakan candi yang tidak hanya menjadi destinasi para pecinta seni namun juga surganya para pecinta fotografi. Oleh karena itu wajib mencari spot foto terbaik di kawasan wisata bersejarah ini.

Anda dapat mengabadikan keindahan relief, arsitektur dan lingkungan sekitar candi. Selain itu, setiap sudut kawasan mempunyai keindahan yang luar biasa dan nilai seni yang tinggi. Tentunya dapat digunakan untuk membuat gambar dengan elemen visual yang menarik.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Candi KalasanFoto oleh Masruchin Nanang di Instagram

Candi ini merupakan salah satu candi tertua di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Bahkan hingga saat ini, kota ini masih ramai dikunjungi wisatawan untuk menelusuri sejarah dan menikmati keindahannya. Belum lagi perlengkapannya juga cukup lengkap.

Pengunjung akan menemukan tempat parkir yang luas, pusat informasi, papan informasi pura, kamar mandi/toilet, air bersih, warung makan, tempat istirahat, kios cinderamata dan spot foto yang sangat menarik.

Objek wisata ini juga merupakan warisan budaya di Yogyakarta yang perlu dilestarikan. Setiap bangunan candi mempunyai desain yang sangat istimewa dengan nilai seni yang sangat tinggi. Area candi sendiri berada di ketinggian 20 meter dan menawarkan pemandangan hijau yang menakjubkan.

Candi Kalasan bisa Anda jadikan destinasi wisata sejarah terbaik di Yogyakarta. Pengunjung dapat menjelajahi setiap sudut candi menggunakan tangga yang disediakan untuk pengalaman yang lebih seru.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button