Tempat Wisata

Harga tiket, atraksi, kegiatan rekreasi, dll

Air Terjun Cikaso mungkin masih belum diketahui wisatawan. Tentu saja karena letaknya yang sangat terpencil, bahkan berada di sudut kota di Jawa Barat. Meski hanya sedikit orang yang mengetahuinya, namun kita tidak perlu meragukan keindahan air terjun tersebut.

Tempat wisata ini sudah menjadi tempat populer bagi para pecinta wisata alam. Sebenarnya tempat wisata bergaya mini ini mempunyai nama asli Curug Luhur. Namun karena airnya berasal dari Sungai Cikaso, masyarakat setempat akhirnya memberi nama Curug Cikaso.

Informasi Umum

  • alamat: Desa Ciniti, Cibitung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat 43172
  • peta: Google Peta
  • Harga tiket: Rp5.000
  • Harga perahu: Rp 65.000, maksimal 10 orang
  • Jam operasional: 06.00 – 17.00 WIB

Keindahan panorama wisata alam Curug CikasoKeindahan panorama wisata alam Curug Cikaso

Sejarah Singkat Air Terjun Cikaso

Air terjun yang terletak di sebelah selatan Kabupaten Sukabumi ini memiliki tiga titik air terjun yang saling berdekatan dalam satu lokasi, yang masing-masing air terjun memiliki namanya masing-masing. Air terjun di sebelah kiri dinamakan Curug Asepan, air terjun di tengah disebut Curug Meong, dan air terjun di sebelah kanan dinamakan Curug Aki.

Kedua titik air terjun di Curug Cikaso terlihat jelas, namun satu lagi agak tersembunyi. Ketiga air terjun ini memiliki tinggi sekitar 80 meter dan lebar bebatuan sekitar 100 meter.

Di dasar air terjun ini juga terdapat kolam berwarna dengan air berwarna hijau kebiruan. Sungai dari kolam ini berlanjut hingga Muara Tegal Buleud, Kabupaten Sukabumi.

Tempat wisata alam Curug Cikaso

Sebenarnya air terjun ini bukanlah destinasi wisata baru di Sukabumi. Air terjun dengan lokasi yang sangat terpencil ini menjadi tujuan para wisatawan.

Air Terjun Cikaso terletak di Desa Ciniti, Desa Cibitung, Sukabumi, Jawa Barat. Jika memulai perjalanan dari kota Jakarta, mungkin membutuhkan waktu sekitar enam jam untuk mencapai lokasi air terjun yang sungguh indah ini.

Namun jangan khawatir lagi karena perjalanan jauh yang Anda tempuh akan terbayar dengan keindahan yang terhampar di sana.

Pesona Curug Curug Cikaso akan membuat Anda takjub saat melihatnya, apalagi letaknya di antara tebing tinggi dan hutan rindang. Pastinya dapat membuat liburan anda menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan.

Itinerary Menuju Kawasan Wisata Curug Cikaso

Walaupun tempat wisata Air Terjun Cikaso Sukabumi terbilang cukup terpencil karena terletak di sudut kota Sukabumi, namun tidak sulit untuk menemukan objek wisata Air Terjun Cikaso. Anda dapat mencapai kawasan wisata ini dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Jika memulai perjalanan dari kota Jakarta, Anda akan menemukan pertigaan Surade saat memasuki kawasan Sukabumi. Dari sana, Curug Cikaso hanya berjarak sekitar 12 km. Terdapat banyak rambu jalan yang mengarahkan Anda ke tempat-tempat wisata, sehingga Anda tidak perlu khawatir tersesat.

Anda yang bepergian dengan kendaraan umum tidak perlu lagi khawatir karena tersedia banyak ojek yang siap mengantarkan Anda menuju Air Terjun Curug Cikaso.

Ketika Anda sampai di pintu masuk Curug Cikaso, Anda mempunyai dua alternatif pilihan untuk menuju kawasan wisata Curug Cikaso. Anda bisa menyewa perahu menyeberangi Sungai Cikaso atau bahkan berjalan kaki. Kedua opsi ini memiliki nuansa tersendiri yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja.

Rute dengan perahuRute dengan perahu

Jika Anda salah satu traveler yang memiliki jiwa petualangan yang kuat, Anda bisa menjelajahi kawasan wisata ini dengan berjalan kaki. Dalam perjalanan Anda akan melewati perbukitan, pemukiman penduduk bahkan persawahan.

Pemandangan hijau di sepanjang perjalanan akan menyegarkan mata Anda. Agar Anda tidak merasa lelah selama kurang lebih 15 menit perjalanan.

Selain berjalan kaki, Anda juga bisa menyewa rakit yang disediakan oleh pemandu wisata. Harga sewa rakit sangat terjangkau, sekitar Rp 80.000 hingga 120.000 per perahu. Perahu tersebut mampu menampung sekitar 10 penumpang.

Menyusuri Sungai Cikaso Fitmei SetiawanMenyusuri Sungai Cikaso melalui Google Maps Fitmei Setiawan

Tentunya dengan merogoh kocek lebih dalam, sebagai wisatawan Anda bisa merasakan sensasi diayun-ayun di atas rakit yang akan membuat Anda lebih bahagia.

Pesona keindahan objek wisata alam Air Terjun Cikaso

Curug Cikaso mempunyai pesona yang luar biasa. Keindahan air terjun menjadi tujuan para wisatawan, meski lokasinya terhalang oleh lembah dan cukup sulit dijangkau, namun mereka selalu ingin merasakan sensasi sejuk dan menyegarkan.

Keindahan Air Terjun Cikaso SukabumiqKeindahan Air Terjun Cikaso Sukabumi

Curug Cikaso sebenarnya mempunyai keunikan tersendiri yang berbeda dengan air terjun lainnya. Lebar tebing sekitar 100 meter dan tinggi sekitar 80 meter. Curug Cikaso terlihat semakin menawan jika dilihat, apalagi saat debit air sedang tinggi, tentu saja menimbulkan aliran air yang cukup deras.

Ketiga kanal yang membentang di Curug Cikaso ini memang menawarkan pemandangan indah yang menyegarkan mata. Ada dua aliran sungai yang bisa kita lihat dengan jelas, sedangkan satunya lagi agak tersembunyi karena tertutup tebing.

Ketiga aliran ini pada akhirnya akan mengalir ke cekungan di bawahnya. Warna airnya hijau kebiruan karena dipengaruhi oleh alga yang tumbuh di dalamnya.

Pesona keindahan objek wisata alam Air Terjun CikasoPesona keindahan objek wisata alam Air Terjun Cikaso melalui Google Maps Mulyana Senya

Karena airnya yang sangat sejuk dan terutama warnanya yang indah, kolam ini dapat menjadi tempat yang populer bagi wisatawan yang ingin memanjakan diri.

Namun wisatawan harus berhati-hati karena kedalaman kolam bisa mencapai 22 meter. Bahkan, objek wisata Air Terjun Cikaso juga menawarkan berbagai fasilitas menarik kepada para pengunjungnya.

Jika Anda merasa lapar karena hari raya, Anda bisa menikmati semua hidangan di warung kecil tersebut. Selain itu, bagi anda yang ingin membeli oleh-oleh khas, tersedia di berbagai kios oleh-oleh yang ada di sekitar kota wisata Curug Cikaso.

Abadikan momen foto indah di Curug Cikaso

Air Terjun Cikaso Cahyadi AgustonoAir Terjun Cikaso melalui Google Maps Cahyadi Agustono

Pasti sayang jika jauh-jauh ke Sukabumi dan mengunjungi tempat wisata Curug Cikaso. Yang pasti Anda berkesempatan untuk mendokumentasikan keindahan yang dihadirkan Curug Cikaso.

Kemegahan ketiga aliran air ini menyatu dan menyatu menjadi satu kolam dengan latar belakang pepohonan, menjadikannya kombinasi yang sempurna untuk dijadikan subjek fotografi.

Jika Anda pergi berlibur ke suatu tempat, pastikan untuk membawa kamera untuk digunakan sebagai alat mengambil foto. Karena tempatnya yang berhubungan dengan air, ada baiknya jika Anda membawa kamera tahan air agar sesi foto tidak terganggu.

Keindahan panorama objek wisata alam Air Terjun Cikaso yang mempesona sering dijadikan ajang berburu foto oleh para fotografer. Berdiri di atas bebatuan dan melihat dua aliran air sebagai latar belakang merupakan sudut yang sangat bagus untuk mengambil foto. Anda juga bisa mengabadikan panorama Curug Cikaso secara keseluruhan.

Tips penting berwisata ke Curug Cikaso

Jika Anda ingin berwisata alam ke Curug Cikaso, sebaiknya tidak perlu berpakaian terlalu mewah. Karena perjalanannya yang sangat melelahkan, belum lagi jarak yang akan kamu tempuh cukup sulit. Tentunya dengan mengenakan pakaian santai seperti T-shirt dan celana akan terasa lebih nyaman dan memudahkan perjalanan Anda nantinya.

Dan yang tak kalah menariknya bagi para traveller, anda bisa mengunjungi objek wisata air terjun ini pada pagi hari saat matahari sedang bersinar. Saat pagi tiba, Anda bisa melihat segala aktivitas penduduk setempat di sawah.

Selain itu, pemandangan alam di sekitar air terjun pun terlihat semakin indah karena pancaran sinar matahari pagi mampu menembus sela-sela pepohonan di sekitar air terjun. Air Terjun Cikaso Itu. Jangan lewatkan juga: 46 Tempat Wisata di Sukabumi Jawa Barat

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button