Tempat Wisata

Telaga Tamblingan, tempat wisata alam di Buleleng yang pesonanya terdiri dari tiga buah telaga kembar

Danau Tamblingan di Buleleng merupakan destinasi wisata alam yang mempesona dengan keunikan tiga danau kembarnya, menyuguhkan pemandangan alam yang indah dan suasana alam khas Bali.

Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Munduk, Kec. Banjar, Cab.Buleleng, Bali; Map: Periksa lokasinya

Danau Tamblingan bisa menjadi salah satu referensi terbaik jika ingin menikmati keindahan alam Pulau Dewata Bali. Terletak di utara Gunung Lesung, kawasan wisata ini sangat populer karena keindahan dan tempat suci karena 11 pura yang dimilikinya.

Tempat wisata di Buleleng ini merupakan salah satu dari tiga danau kembar yang terbentuk dalam sebuah kaldera besar sehingga cukup unik. Dua danau lainnya adalah Danau Buyan dan Danau Beratan yang letaknya bersebelahan di sebelah timur.

Karena terletak di daerah dataran tinggi dan dikelilingi hutan, tempat ini memberikan udara sejuk alami. Apakah Anda tertarik mengunjungi tempat wisata ini? Sebelum berkunjung ke Tamblingan, harap membaca pernyataan berikut ini.

Daya tarik Danau Tamblingan

Objek wisata Danau TamblinganFoto oleh Ika di Instagram

Bagi yang berada di kawasan Buleleng, telaga ini bisa menjadi destinasi wisata menarik. Jika Anda masih ragu untuk mengunjungi tempat wisata ini, silakan simak tempat wisata berikut ini.

1. Sejarah danau

Sejarah Danau Tamblingan juga menjadi daya tarik tersendiri karena tercipta dari letusan Gunung Leseung yang kemudian membentuk kawah besar. Selain itu, tanah longsor pada abad ke-19 menciptakan tiga danau terpisah.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Namun ada cerita lain tentang proses terbentuknya danau yang dikenal dengan nama Tamblingan. Pada saat itu ada seorang suci yang mengambil air dari danau untuk menyembuhkan berbagai wabah penyakit.

2. Pemandangan yang sangat bagus

Kalau bicara soal objek wisata, pemandangan yang ditawarkan Danau Tamblingan Buleleng adalah jawabannya. Dikelilingi hutan tropis yang lebat, danau ini memancarkan ketenangan bagi wisatawan.

Selain itu, wisatawan juga bisa mengagumi keindahan matahari terbenam di kawasan danau yang memancarkan pesona luar biasa. Karena jauh dari pusat kota, ketenangan bisa terasa di sini.

3. Ada wisata pura religi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, terdapat sejumlah pura di sekitar danau. Anda dapat mengunjungi pura untuk kegiatan wisata religi yang sangat khidmat di tempat ini.

Terdapat beberapa nama pura di sekitar danau seperti Candi Naga setempat, Pura Terta Mengening, Pura Embang, Pura Tukang Timbang, Pura Batu Lepang dan masih banyak lagi. Anda bisa merasakan ketenangan saat mengunjungi pura.

4. Tersedia area untuk berkemah

Kawasan wisata ini juga terbukti menjadi tempat yang populer bagi wisatawan untuk berkemah. Pasalnya, kawasan tersebut menawarkan tempat perkemahan yang cukup luas untuk digunakan wisatawan.

Anda bisa berkemah di sini bersama teman atau keluarga dan menjadikan liburan Anda menyenangkan dan berkesan. Jika ingin berkemah di sini, Anda bisa menyewa perlengkapan dan perlengkapan berkemah.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat di Danau TamblinganFoto Noviana Armansyah di Instagram

Apakah Anda tertarik untuk mengikuti wisata Danau Tamblingan ini? Anda bisa datang ke Desa Munduk di Kecamatan Banjar, tepatnya di Kabupaten Buleleng, Bali. Lokasinya sebenarnya tidak jauh dari Danau Beratan sehingga mudah ditemukan.

Ada beberapa rute yang bisa Anda pilih jika ingin menuju tempat ini. Misalnya wisatawan datang dari Bandara Ngurah Rai maka perjalanan akan memakan waktu sekitar 2 jam.

Pertama, ikuti jalan utama Bedugul menuju Singaraja. Anda kemudian bisa naik ke kawasan perbukitan hingga melihat salib dengan nama danau tersebut. Untuk mencapainya, Anda bisa berkendara melewati Desa Pancasari, Desa Wanagiri dan terakhir Desa Munduk.

Agar perjalanan lebih cepat dan murah, kami sarankan untuk menyewa sepeda motor. Anda tidak perlu khawatir akan bosan karena Anda akan disuguhi panorama alam yang indah sepanjang perjalanan.

Biaya masuk dan jam buka

Seperti kebanyakan tempat wisata di Bali, pengunjung Danau Tamblingan Buleleng harus membayar tiket masuk. Tiket masuknya sangat terjangkau, hanya berkisar Rp 10.000 per orang.

Namun untuk pengendara sepeda motor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp3.000 dan mobil sebesar Rp5.000. Biaya parkirnya sangat murah dibandingkan parkir di kawasan wisata lainnya.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas menarik di Danau TamblinganFoto oleh Ahmad Faizal Muttaqin di Google Maps

Ada sejumlah aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Danau Tamblingan. Jadi jika Anda bingung dengan aktivitas apa yang harus dilakukan, Anda bisa memilih beberapa aktivitas yang ada di bawah ini.

berkemah

Aktivitas yang paling menarik di danau eksotis ini adalah berkemah yang sangat cocok bagi pengunjung yang suka berpetualang. Fasilitas lokal juga menyediakan tempat rekreasi untuk kegiatan ini.

Mengikuti kegiatan ritual keagamaan di Danau Tamblingan

Jangan lupa untuk mengikuti ritual sakral keagamaan di beberapa pura. Candi-candi tersebut antara lain Candi Gubug, Candi Dalem Tamblingan dan lain-lain.

Jelajahi danau dan ikan

Jangan lewatkan menjelajahi danau dengan menyewa perahu kecil di sana. Selain berwisata, jangan lupa untuk mengikuti aktivitas memancing yang seru.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Danau TamblinganFoto Noviana Armansyah di Instagram

Dengan tiket masuk Rp 10.000, pengunjung bisa menikmati sejumlah fasilitas menarik. Namun fasilitas tersebut masih belum lengkap jika dibandingkan dengan tempat wisata lainnya.

Fasilitas tersebut antara lain fasilitas toilet, warung atau restoran, camping Lantai ke fasilitas objek wisata lainnya. Jika Anda berencana untuk berkemah di sini, pastikan untuk membawa perlengkapan dan perbekalan sendiri.

Bali sepertinya punya sederet destinasi menarik berupa danau yang menawarkan pesona alam yang sungguh indah. Silakan datang ke wisata Danau Tamblingan untuk menikmati keindahan alam Bali.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button