Tempat Wisata

Curug Cikaso, air terjun di Sukabumi yang pesonanya memiliki tiga air terjun yang eksotik

Rasakan pesona magis Curug Cikaso di Sukabumi dengan keanggunan tiga air terjun eksotis mempesona yang menghadirkan alam yang mempesona dan menawan.

Harga tiket: Rp3.000, Jam beroperasi: 06.00-17.00 WIB, Alamat: Desa Ciniti, Kec. Cibitung, Kab.Sukabumi, Jawa Barat; Map: Periksa lokasinya

Saat berlibur ke kawasan Sukabumi, Curug Cikaso bisa dijadikan destinasi yang tepat. Pasalnya wisata air terjun ini menawarkan berbagai kelebihan dan keunikan yang mampu menarik banyak orang.

Karena aliran airnya yang cukup deras namun masih aman untuk dikunjungi, objek wisata alam ini menjadi tempat yang tepat untuk berlibur. Sejauh ini air terjun ini banyak menarik perhatian wisatawan.

Meski belum sepopuler destinasi wisata di Sukabumi lainnya, mengabaikan kunjungan ke Curug Cikaso berarti kehilangan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman yang benar-benar unik dan tak terlupakan.

Daya tarik Curug Cikaso

Daya tarik Curug CikasoFoto Irwanesia di Google Maps

Keindahan alam dan terawat dari wisata air terjun ini menjadikannya populer di kalangan pecinta alam. Selain itu, objek wisata alam ini juga menawarkan banyak atraksi lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan.

1. 3 Tiga air terjun

Daya tarik pertama di Curug Cikaso Sukabumi adalah tiga buah air terjun yang terlihat jelas. Ketiga pancuran air tersebut memiliki tinggi sekitar 80 meter dan lebar sekitar 100 meter.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Derasnya air yang mengalir jernih dan suara yang menggelegar akan membuat pengunjung takjub dengan keindahan alam air terjun ini.

Ketiga air terjun ini muncul dari aliran sungai yang membelah tebing bebatuan dan menyuguhkan pemandangan yang luar biasa.

2. Pelestarian kondisi alam

Yang membedakan Curug Cikaso dengan air terjun lainnya adalah lingkungan alamnya yang masih terjaga dengan baik sehingga pengunjung jarang menjumpai sampah atau polusi yang mengganggu keindahan lingkungan sekitar selama menginap.

Kesejukan yang dirasakan di air terjun ini berkat udara segar dan pepohonan tinggi rindang memberikan pengunjung kesempatan untuk bersantai dan merasakan kedekatan lebih dalam dengan alam.

3. Kolam alami

Bagi pengunjung yang ingin bermain air namun takut mendekati air terjun, tidak perlu khawatir lagi. Pasalnya di sekitar aliran sungai air terjun ini terdapat kolam alami yang bisa digunakan secara bebas.

Kolam alami ini memiliki bentuk yang cukup besar dan kedalaman hingga 15 meter. Oleh karena itu pengunjung disarankan untuk bermain air di kolam dan selalu berhati-hati.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun CikasoFoto oleh Jaman Siahaan di Google Maps

Untuk menuju kawasan wisata Curug Cikaso Jawa Barat, pengunjung dapat memulai perjalanan di kota Sukabumi kemudian melalui jalan menuju Jampang Kulon. Perjalanan selanjutnya dapat dilanjutkan hingga mencapai kawasan Surade.

Sebelum mencapai Surade, ada Jalan Cikaso yang bisa Anda gunakan untuk mencapai titik lokasi. Jalan yang harus dilalui untuk menuju air terjun cukup menantang sehingga kendaraan yang digunakan harus dalam kondisi prima.

Biaya masuk dan jam buka

Pengunjung yang ingin menghabiskan liburannya di Curug Cikaso Sukabumi tidak perlu khawatir dengan biaya tiket masuk. Pasalnya harga tiket yang harus dibayar untuk masuk ke tempat wisata ini hanya Rp 3.000 per orang.

Namun pengunjung juga harus membayar biaya kebersihan sebesar Rp 2.000 per orang dan biaya parkir kendaraan pribadi. Selain itu, pengunjung yang ingin menyewa perahu dapat membayar biaya sekitar Rp. 60.000 rupiah per perahu.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas menarik di Curug CikasoFoto oleh Taruna Riyanto di Google Maps

Banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di objek wisata alam ini. Meski demikian, pengunjung harus memperhatikan peringatan dan peraturan pengelolaan air terjun eksotik ini agar selalu dalam kondisi aman.

Di hilir sungai

Untuk lebih menikmati keindahan air terjun, pengunjung dapat menyusuri aliran sungai di sekitar Curug Cikaso. Sungai di kawasan ini berwarna jernih dan bebas polusi.

Untuk pengalaman yang lebih menarik, Anda bisa menyusuri sungai di objek wisata Curug. Selain itu, pengunjung juga bisa mencoba menjelajahi dasar sungai dan berenang untuk menyegarkan tubuh.

Perjalanan dengan perahu di Curug Cikaso

Jika pengunjung lelah dan tidak ingin berjalan kaki, perjalanan dengan perahu bisa menjadi alternatif yang tepat. Penyewaan perahu di air terjun ini dapat digunakan oleh pengunjung dengan jumlah maksimal 10 orang.

Selama perjalanan dengan perahu, pengunjung disuguhi keindahan pemandangan alam yang mempesona. Bahkan, pemandangan ini tak kalah indahnya dengan lukisan air terjun yang mempesona.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Air Terjun CikasoFoto oleh Iqbal Jalalludin di Google Maps

Fasilitas Wisata Curug Cikaso cukup memadai dan dapat memberikan pengalaman liburan seru bagi pengunjungnya. Salah satu fasilitas tersebut adalah pendopo yang dapat digunakan sebagai tempat istirahat atau duduk bersama.

Di sekitar air terjun juga terdapat warung makan sederhana dengan menu-menu lezat. Pengunjung yang merasa lapar dapat mengunjungi warung makan tersebut dan menikmati menu menarik sambil menikmati pemandangan.

Air Terjun Cikaso memang menjadi salah satu tempat wisata di Sukabumi yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Keindahan fenomena alam yang dihadirkan akan membuat siapapun tertarik untuk mengunjunginya sekaligus ragu untuk meninggalkannya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button