Tempat Wisata

Gentala Arasy, menara jam ikonik di Kota Jambi

Tahta Cemerlang adalah menara jam setinggi 80 meter yang merupakan landmark kota Jambi dan terletak di dekat jembatan penyeberangan. Menara megah ini memiliki museum budaya dan bioskop mini untuk menonton film dokumenter.

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Kecamatan Kasan. Jambi Timur, Kota Jambi, Jambi; map: Cek lokasi

Jika anda berlibur ke Kota Jambi, pasti anda harus mengunjungi tempat wisata yang bernama Gentala Arasy. Tempat ini merupakan museum budaya yang sangat populer sebagai simbol Islam di wilayah Jambi. Museum ini diresmikan pada 28 Maret 2015.

Gentala Arasy Tower dibangun di kawasan budaya Jakarta, yang menghadap ke kota dan menjorok ke tepi Sungai Batanghari. Museum ini menyimpan ratusan koleksi benda-benda bersejarah yang menjadi saksi bisu perjalanan Islam di Kota Jambi.

Menara ini konon merupakan salah satu landmark baru kota Jambi. Sengaja dibangun dengan tujuan untuk lebih mendongkrak pariwisata kota. Dengan pariwisata yang lebih optimal diharapkan nantinya dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi di daerah dan lebih mengenal nilai-nilai sejarah Jambi.

Daya Tarik Tahta Gentala

Banding Tahta GentalKredit foto: Google Maps Er Leksa

Tentunya sebagai salah satu tempat wisata, Gentala Throne juga memiliki daya tarik tersendiri, sehingga mampu menarik wisatawan. Atraksi tersebut antara lain:

1. jembatan penyeberangan

Yang membuat jam tangan ini menjadi salah satu tempat wisata yang unik adalah adanya jembatan penyeberangan yang terletak persis di belakang museum ini. Jembatan ini dikenal sebagai Tahta Titian.

Titian Arasy memang sengaja dibuat oleh pemerintah setempat untuk memanjakan para pejalan kaki agar bisa menikmati suasana di sekitar museum dan sungai. Jembatan ini berukuran kecil dengan panjang 5.000 m dan lebar hanya 4,5 m.

Namun, karena tidak ada kendaraan yang boleh melintasi jembatan ini, berjalan di atas jembatan tentu saja terasa sangat nyaman dan aman.

Jembatan ini menghubungkan museum dengan area di seberang sungai, sehingga memiliki bentuk yang mirip dengan huruf S yang dimaknai sebagai simbol rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Ada juga dua pilar di jembatan, yang penting sebagai keseimbangan kehidupan bagi keberadaan perempuan dan laki-laki. Tahta Gentala juga sangat kental dengan nuansa Islam, baik dari segi arsitektur maupun cerita.

Museum ini banyak bercerita tentang sejarah perkembangan Islam di wilayah perkotaan Jambi. Ada juga Alquran format besar di museum.

2. Desain menara yang menarik

Gentala Arasy adalah museum budaya di tepi Sungai Batanghari Jambi. Menurut penduduk setempat, nama Gentala Arasy terdiri dari 3 suku kata yang berbeda antara lain genta yang berarti suara, tala yang berarti harmoni dan arsy yang berarti bersinar di langit.

Jadi tafsir keseluruhannya adalah Tahta Gentala adalah suara yang serasi dan memancar ke langit. Suara yang dimaksud disini adalah suara lonceng gentala yang dibunyikan untuk menandai waktu sholat fardhu umat Islam.

Menara lonceng ini memiliki ketinggian hingga 80 meter berwarna kuning dan hijau. Di bagian atas adalah jam besar yang bisa dilihat dari jauh. Menara ini tidak jauh berbeda dengan landmark suatu daerah.

Tempat wisata ini juga memberikan informasi tentang sejarah kota Jambi bagi anda yang mengunjunginya. Sisi sejarah ditampilkan melalui museum dan bioskop mini di dasar menara, menampilkan berbagai film sejarah.

3. Museum Mini

Daya tarik lain dari Tahta GentalaSumber gambar: Google Maps Todry

Museum di Gentala Throne ini memiliki koleksi yang cukup menarik untuk dilihat. Koleksinya meliputi buku-buku Islam kuno dan teks-teks kuno.

Ada juga benda-benda bersejarah Islam seperti gamis, ikat pinggang, tasbih, turban, uang logam kuno, gelas, mangkok, rompi dan lain-lain, yang merupakan pemberian dari ulama besar.

Di pelataran dalam menara kini juga dapat ditemukan relief dua dimensi yang menggambarkan perjalanan Islam. Di puncak gedung menara terdapat jam besar yang menggemakan menara jam kota Mekah.

Di sekitar menara juga terdapat warung-warung yang menjadi pusat wisata sehingga bisa menawarkan berbagai kuliner khas kepada wisatawan yang berkunjung ke kota Jambi.

Alamat dan rute menuju situs Gentala Arsy

Alamat tahta GentalaKredit foto: Google Maps Tegar Aji Waskito

Objek wisata Gentala Arasy terletak di Kecamatan Pelawangan, Kota Jambi. Lebih tepatnya, terletak di depan Kantor Gubernur Jambi dan tepat di sebelah pusat perbelanjaan WTC.

Penduduk setempat menyebut tempat itu “Ancolnya Jambi”. Aksesibilitas tempat ini terbilang sangat mudah karena lokasinya yang berada di pusat kota dan juga tidak jauh dari Bandara Sultan Thaha Jambi, sehingga aksesibilitasnya pun sangat mudah.

Ada beberapa moda transportasi yang bisa digunakan seperti bus, angkutan umum, ojek bandara atau ojek.

Salah satu hal yang sangat menggembirakan bagi wisatawan yang berkunjung ke tempat ini adalah Anda tidak dikenakan biaya tiket masuk. Karena untuk bisa mengunjungi tempat ikonik ini tidak dipungut biaya sama sekali. Mungkin nanti kamu hanya butuh uang untuk membeli jajanan yang ada disana.

Hal menarik yang dapat dilakukan di Gentala Arsy

Kegiatan Tahta GentalaSumber gambar: Google Maps Umar

Ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di destinasi wisata ini. Kegiatan ini meliputi:

1. Santai

Anda bisa datang ke Gentala Throne untuk sekedar bersantai. Berjalan-jalan santai di sepanjang jembatan. Di area tersebut Anda dapat menemukan tempat duduk bagi wisatawan yang ingin datang dan beristirahat. Tersedia tempat duduk yang cukup sehingga Anda dapat bersantai dan beristirahat sepuasnya.

Di tempat ini Anda akan menemukan banyak anak muda yang berkunjung, kebanyakan dari mereka hanya untuk melihat pemandangan dan menghabiskan waktu menyeruput es tebu dan jagung bakar.

Tapi tidak hanya anak muda, keluarga juga banyak yang datang ke sini. Ketika Anda berkumpul dengan anak-anak, Anda dapat membuat mereka senang dengan permainan.

Misalnya persewaan skuter dan lain-lain yang sangat digemari oleh anak kecil. Untuk itu, tempat wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi baik oleh kalangan muda maupun yang sudah berkeluarga.

2. Fotografi

Datang ke tempat yang satu ini juga sangat cocok untuk kamu yang suka berfoto. Anda bisa datang saat senja. Karena memang Anda bisa menemukan panorama yang begitu indah di tempat ini saat itu.

Perpaduan luasnya langit jingga-merah cerah berpadu dengan aliran Sungai Batanghari yang tak pernah ditinggalkan oleh aktivitas perahu kecil akan membuat pemandangan semakin asri dan tenang.

Atau anda juga bisa datang pada malam hari saat banyak lampu yang akan menambah efek menarik pada hasil foto anda. Ada banyak spot yang bisa kamu manfaatkan di tempat ini. Jadi jangan ragu untuk datang dan mengabadikan momen di Gentala Throne.

Menara ini juga memiliki lift yang memungkinkan Anda untuk menikmati pemandangan kota Jambi dari ketinggian sekitar 80 m. Pemandangan terindah yang bisa Anda lihat adalah Sungai Batanghari, yang terlihat semakin indah saat hari mulai gelap.

3. Nikmati kelezatan kuliner

Aktivitas Lain Tahta GentalaSumber Gambar: Google Maps Syaiful Hidayah

Di Gentala Arasy Anda tidak hanya bisa menyeberang, berjalan kaki, jogging atau bahkan melihat perahu, ada aktivitas menarik lainnya yang bisa Anda lakukan di tempat ini.

Kegiatan tersebut berupa menikmati kuliner khas Jambi. Di ujung jembatan adalah pusat wisata Kota Jambi, di mana terdapat berbagai warung makan dan toko.

Cobalah gulai kakap, tekwan, ikan bawang goreng dan beberapa makanan khas lainnya yang akan memanjakan lidah Anda. Datang ke tempat ini akan sangat memuaskan rasa lapar Anda dengan berbagai makanan yang enak dan murah.

Fasilitas yang tersedia di Gentala Arasy Jambi

Fasilitas Tahta GentalaSumber Gambar: Google Maps Dimas Adams

Tentunya sebagai salah satu tempat wisata terpopuler di kota Jambi, fasilitas Gentala Arasy cukup lengkap dan memadai. Anda akan menemukan banyak warung makan, rest area, mushola dan toilet.

Namun sayangnya tidak ada tempat sampah umum di tempat ini, sehingga sangat rentan terhadap wisatawan yang datang dan meninggalkan sampah. Oleh karena itu, bagi Anda yang tertarik mengunjungi Jam Gadang diharapkan tidak meninggalkan sampah.

Selain merusak pemandangan, juga bisa menjadi pemicu bagi wisatawan lain untuk mengikuti perilaku buruk yang ditinggalkan sampah.

Itu tadi ulasan lengkap Gentala Arasy dari segi atraksi, aktivitas yang bisa dilakukan, lokasi dan rute, harga tiket dan fasilitas yang bisa didapatkan di sana. Bagi Anda yang kebetulan berkunjung ke kota Jambi, wajib mengunjungi salah satu ikon wisata kota tersebut. Jika Anda tidak menerapkan tiket, Anda tentu tidak akan rugi dengan memilih untuk mengunjungi tempat wisata tersebut.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button