Tempat Wisata

Pantai Legon Pari, pantai pasir putih di Lebak yang penuh pesona

Dikenal dengan keindahannya yang mempesona, Pantai Legon Pari di Lebak menawarkan pesona Goa Lalay dan desa wisata yang kaya akan budaya dan keindahan alam.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Sawarna, Kec. Bayah, Kab.Lebak, Banten; Map: Periksa lokasinya

Jika anda sedang berkunjung ke Provinsi Banten, tidak ada salahnya menyempatkan diri untuk mengunjungi Pantai Legon Pari. Karena pantai ini mempunyai pemandangan yang sangat indah dan sayang untuk dilewatkan.

Selain karena pantai ini terkenal dengan pemandangan alamnya yang sangat indah dan menarik secara visual, harga tiket masuk pantai ini juga sangat terjangkau.

Hal ini menjadikan pantai ini menjadi destinasi wisata yang cocok bagi Anda yang tidak ingin mengeluarkan banyak uang untuk berlibur.

Tentunya jika Anda memutuskan untuk mengunjungi objek wisata laut ini untuk menghabiskan liburan Anda, sangat penting untuk mengetahui informasi mengenai pantai tersebut agar Anda tidak kecewa saat berada di kawasan tersebut. Untuk informasi lebih lanjut, lihat artikel berikut.

Daya Tarik Pantai Legon Pari

Daya Tarik Pantai Legon PariFoto oleh Ali Ariyanto di Google Maps

Perlu diketahui bahwa pantai ini menawarkan keindahan dan keunikan tersendiri yang membedakannya dengan pantai lainnya. Berikut beberapa di antaranya:

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

1. Panorama laut yang menakjubkan

Pantai Legon Pari Lebak terkenal dengan pemandangannya yang indah dan pasir putihnya yang bersih. Karena keindahannya, banyak orang yang memanfaatkan pantai ini untuk menyaksikan matahari terbenam atau terbit.

Selain pemandangan pantainya yang indah, panorama lautnya juga sangat indah. Karena sepanjang jalan menuju pantai ini anda disuguhi pemandangan persawahan yang sangat memanjakan mata.

2. Asal

Menurut legenda yang diturunkan secara turun temurun oleh penduduk setempat, nama objek wisata Pantai Legon Pari berasal dari gabungan kata “Legon” yang berarti teluk, dan “Pari” yang mengacu pada sejenis ikan.

Dahulu pantai ini terkenal dengan banyaknya ikan pari yang terdapat disana, oleh karena itu dinamakan Legon Pari yang secara harafiah berarti “Teluk Ikan Pari”.

Meski populasi ikan pari di pantai tersebut saat ini sudah menurun, namun nama Legon Pari tetap dipertahankan.

3. Tempat-tempat menarik

Objek wisata ini tidak hanya memiliki kawasan yang indah namun juga menawarkan beberapa tempat menarik untuk dikunjungi pengunjung di tepi pantai. Beberapa tempat menarik yang ada di Pantai Legon Pari adalah sebagai berikut:

  • Gua Lalay: Tempat menarik pertama yang bisa dikunjungi pengunjung di pantai ini adalah Goa Lalay. Lokasi goa ini tidak terlalu jauh dari bibir pantai, yaitu hanya sekitar 10 menit berkendara atau 40 menit berjalan kaki.
  • Desa wisata: Tak jauh dari objek wisata ini, terdapat sebuah desa wisata yang sayang untuk dilewatkan. Pasalnya desa wisata ini sangat indah karena menyuguhkan pemandangan khas lanskap yang sangat indah dan menenangkan.
  • Perjalanan selancar: Tempat menarik terakhir di pantai ini adalah fasilitas selancar yang cocok bagi pengunjung yang menyukai olahraga air. Pengunjung yang belum memiliki pengalaman dengan olahraga ini dapat menggunakan jasa pemandu di pantai.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Legon PariFoto oleh Jangkiss Hermanto di Google Maps

Wisata Pantai Legon Pari merupakan sebuah pantai yang berada di Ds. Sawarna, Kec. Bayah, Kab. Lebak, Provinsi Banten. Wisata pantai ini memiliki konektivitas jalan yang cukup baik, sehingga dapat dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Jalur menuju pantai ini sendiri setidaknya memiliki satu jalur utama yang bisa dilalui pengunjung. Jalur yang bisa ditempuh pengunjung untuk mencapai wisata bahari ini adalah sebagai berikut:

  • Jalur Timur: Dari Jakarta Cibadak/Cijeruk/Cikidang ke Ciawi Bogor, lalu ke Pelabuhan Ratu, selanjutnya ke Cisolok, Sawarna.
  • jalur barat: Dari Jakarta ke Pandeglang, menuju Malingping, lalu ke Bayah, Sawarna atau bisa juga melalui Gunung Kencana.
  • jalur bandung: Dari Cianjur ke Sukabumi, ke Cibadak, lalu Pelabuhan Ratu, Sawarna.

Biaya masuk dan jam buka

Harga tiket masuk Pantai Legon Pari Lebak sangat murah dan terjangkau, hanya Rp 5.000 saja. Namun jika ingin melakukan aktivitas lain seperti selancar, Anda akan dikenakan biaya sekitar Rp 75.000 kecuali Anda membawa perlengkapan selancar sendiri.

Pantai ini buka 24 jam sehari, sehingga pengunjung dapat mengunjungi pantai ini kapan saja. Jadi jika Anda ingin mengadakan pesta di pantai pada malam hari, pantai ini cocok untuk Anda.

Kegiatan yang menarik

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai Legon PariFoto oleh Calo SIM di Google Maps

Saat Anda berkunjung ke pantai indah ini, ada beberapa hal menarik yang bisa Anda lakukan. Berikut beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan antara lain:

Berenang

Aktivitas pertama yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke pantai ini tentu saja adalah berenang. Namun jika Anda memutuskan untuk berenang di Pantai Legon Pari, sebaiknya berhati-hati agar tidak terjadi hal buruk.

Berselancar di Pantai Legon Pari

Bagi Anda yang menyukai olahraga air, berselancar di Pantai Legon Pari tidak ada salahnya. Pasalnya pantai ini memiliki ombak yang tidak terlalu berbahaya, namun cukup besar untuk berselancar.

Berburu spot foto

Seperti yang sudah disebutkan, pantai ini sangat indah dan menawarkan banyak kesempatan berfoto. Oleh karena itu, Anda bisa menjelajahi kawasan sekitar pantai untuk menemukan spot foto menarik.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas pantai Legon PariFoto oleh Rizky Baitullah di Google Maps

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata ini sangat lengkap dan disesuaikan dengan kebutuhan pengunjung. Pertama, adanya musala yang bersih dan nyaman sehingga memberikan tempat beribadah yang tenang.

Lalu terdapat berbagai restoran yang menawarkan beragam kuliner lokal dan internasional, dengan tempat duduk yang nyaman dan pemandangan yang menarik.

Untuk kebutuhan pokok, kamar mandi yang tersedia bersih, terawat, dan mudah dijangkau dari berbagai titik kawasan wisata.

Terakhir, kawasan wisata ini juga dilengkapi dengan tempat parkir yang luas dan aman sehingga memudahkan pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi.

Semua fasilitas tersebut ditata dengan baik untuk menjamin kenyamanan dan kepuasan para pengunjung selama berada di kawasan wisata.

Demikianlah informasi mengenai Pantai Legon Pari di Lebak yang perlu anda ketahui jika anda berencana mengunjungi pantai ini. Semoga informasi yang diberikan diatas dapat bermanfaat bagi anda ketika berkunjung ke pantai ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button