Tempat Wisata

Curug Song, air terjun tersembunyi di Banyumas dilengkapi dengan berbagai wahana seru

Curug Song merupakan air terjun tersembunyi di Banyumas yang menawarkan pemandangan alam yang mempesona dan dilengkapi dengan berbagai wahana seru untuk petualangan keluarga.

Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Kalisalak, Kec. Kebasen, Kab.Banyumas, Jawa Tengah; Map: Periksa lokasinya

Pernahkah anda mendengar tentang objek wisata Curug Song? Terletak di Kabupaten Banyumas, air terjun ini menjadi destinasi tersembunyi yang sering terlupakan.

Di Jawa Timur air terjun biasa disebut Coban, sedangkan di Jawa Tengah dan Jawa Barat dikenal dengan nama Curug yang dalam bahasa Sunda berarti air yang jatuh dari tempat yang tinggi.

Tempat ini tidak hanya menyuguhkan keindahan air terjun saja, namun juga diberkahi dengan hutan pinus yang lebat, area outdoor yang luas, dan berbagai fasilitas menarik lainnya. Ini adalah tempat yang tepat untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga.

Daya Tarik Curug Lagu

Daya Tarik Curug Song BanyumasFoto oleh Akhmad Nurul Imam di Google Maps

Keindahan air terjun yang eksotis

Objek wisata alam ini terkenal dengan air terjun setinggi 40 meter yang mengalir deras di antara tebing bebatuan yang ditumbuhi lumut. Dan memiliki bentuk gradasi indah yang terlihat menggemaskan dari berbagai sudut.

Meski aliran airnya tidak sedramatis lainnya, Curug Song di Banyumas memiliki kolam yang cukup dalam, sekitar 3 meter lebih dalam.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Pengunjung disarankan untuk tidak langsung bermain di bawah air terjun melainkan menikmati kesegaran air terjun di sungai atau di kolam renang yang ada.

Spot foto yang menarik

Berkunjung ke tempat ini belum lengkap tanpa berfoto sebagai kenang-kenangan. Banyak spot foto dengan dekorasi menarik dan Instagram-friendly telah disiapkan di kawasan wisata Curug Song. Beberapa tempat wisata ini bahkan menyuguhkan pemandangan air terjun dari kejauhan.

Perjalanan rekreasi lainnya

Selain kolam renang, Curug Song Banyumas memiliki berbagai wahana menarik, antara lain taman satwa dengan berbagai jenis hewan peliharaan seperti burung peliharaan, monyet, dan rusa.

Terdapat juga istana kelinci yang sangat populer di kalangan anak-anak, tempat mereka dapat memberi makan dan bermain dengan kelinci.

Wahana lain seperti pedal boat, Flying Fox, ATV, sepeda suspensi, dan wahana outbond juga tersedia sehingga cocok dijadikan destinasi untuk bersenang-senang bersama keluarga.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Curug Song BanyumasFoto oleh Cirasubho Clp di Facebook

Kawasan Wisata Curug Song terletak di Desa Kalisalak, Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Meski belum ada angkutan umum, namun perjalanan menuju Air Terjun Song cukup nyaman jika menggunakan kendaraan pribadi.

Letak kawasannya juga cukup strategis, hanya 10 km dari Alun-Alun Banyumas. Anda juga bisa menuju ke selatan dari Purwokerto dengan menempuh jarak sekitar 23 km.

Tempat parkir yang tersedia cukup luas dan loket masuknya juga tidak jauh dari pintu masuk objek wisata. Dari pintu masuk air terjun, Anda hanya perlu berjalan kaki sekitar 500 m hingga air terjun tersebut muncul.

Biaya masuk dan jam buka

Hanya dengan mengeluarkan uang Rp 10.000 per orang, Anda sudah bisa menikmati keindahan Curug Song dan Taman Candra Giri.

Tentunya jika ingin menikmati wahana lain yang tersedia seperti ATV atau Flying Fox harus membayar lagi secara terpisah.

Air Terjun Song buka setiap hari mulai jam 8 pagi hingga jam 5 sore, ratusan wisatawan datang berkunjung setiap harinya. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena tempat ini mampu menampung hingga 3.000 orang.

Kegiatan yang menarik

Kegiatan Air Terjun Lagu BanyumaFoto oleh Sam Sudin di Google Maps

Anda memiliki berbagai macam aktivitas untuk dipilih di destinasi wisata yang dikelilingi hutan pinus ini. Destinasi wisata ini tidak hanya sekedar air terjun namun semakin dihiasi dengan berbagai fasilitas dan aktivitas menarik sebagai berikut:

1. Bersantai di Taman Candra Giri

Taman bunga yang indah di sekitar Curug Song Banyumas menyambut Anda saat datang ke air terjun dengan bunganya yang beraneka warna.

Taman Candra Giri mempunyai banyak sekali tempat indah yang sayang untuk dilewatkan. Di area taman ini terdapat Tempat tidur gantung sehingga Anda bisa bersantai setelah menikmati wahana.

2. Keluar di Curug Lagu

Jangan heran jika melihat banyak anak sekolah yang datang ke Curug Song untuk kegiatan outbond. Tempat wisata ini menawarkan area yang luas untuk kegiatan tamasya, baik satu hari maupun beberapa hari tempat perkemahan apa yang ada.

3. Menikmati pesona air terjun

Air terjun adalah salah satu alasan utama untuk mengunjungi air terjun yang indah ini. Namun perlu Anda ketahui bahwa Air Terjun Song bisa Anda nikmati dari dekat maupun jauh. Jika Anda takut air, Anda tetap bisa menikmati keindahan air terjun dari jarak yang nyaman bagi Anda.

4. Berkemah

Berkemah sering kali dianggap sebagai cara terbaik untuk mengenal alam. Anda juga bisa berkemah di sekitar Curug Song. Anda dapat membawa perlengkapan berkemah sendiri dan hanya membayar biaya masuk ke air terjun.

Jika tidak ingin repot membawa perlengkapan berkemah, Anda bisa menyewa tenda berkapasitas 4 orang hanya dengan Rp. 60.000/-.

Meski kawasan air terjun tutup pada pukul 10 malam, namun petugas dan penjaga tetap menjaga pengunjung yang berkemah.

5. Cobalah berbagai wahana seru

Bagi Anda yang menginginkan wisata alam lebih menantang, Anda bisa mencoba Flying Fox. Dan jika Anda khawatir terseret menuruni bukit, Anda bisa mencoba trampolin dan mengayuh perahu.

Anda juga bisa berkeliling kawasan hutan pinus dengan kendaraan off-road. Anda tidak perlu khawatir tersesat karena rute yang dibuat sudah diperhitungkan demi alasan keamanan.

6. Taman bermain anak

Salah satu favorit anak-anak dan keluarga adalah Istana Kelinci dan wahana kebun binatang mini. Di sini Anda bisa mengamati berbagai satwa yang hidup di sekitar Curug Song Banyumas.

Di Istana Kelinci, anak-anak dapat menyentuh dan mengelus kelinci. Dengan wahana ini Anda bisa mengenalkan anak Anda pada binatang sejak dini.

7. Dek selfie

Bagi Anda yang hobi fotografi, Air Terjun Song punya banyak tempat menarik untuk berfoto. Dan buat kamu yang suka selfie dan sudah tidak sabar untuk mengunggahnya ke media sosial, ada beberapa selfie deck yang bisa kamu gunakan.

Salah satu yang paling populer berada tepat di depan air terjun, sehingga Anda bisa menikmati pemandangan sambil terus mengunggah ke Instagram. Selain selfie deck, ada juga jembatan yang sering digunakan untuk selfie.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Air Terjun Lagu BanyumasFoto oleh Cirasubho Clp di Facebook

Objek wisata ini menawarkan berbagai fasilitas untuk meningkatkan kenyamanan perjalanan Anda. Dari akses mudah ke tempat parkir hingga banyak tempat duduk dan Tempat tidur gantung santai.

Bagi Anda yang mudah lapar, terdapat beberapa warung makan di air terjun. Anda juga bisa membawa bekal dari rumah, apalagi jika berencana berkemah di kawasan air terjun. Akses air bersih dan toilet juga terjamin di kawasan wisata.

Sudah siap untuk berwisata ke Curug Song? Sebagai objek wisata alam, jangan lupa untuk menjaga kebersihan dan keindahan air terjun dengan mengikuti aturan dan terutama membuang sampah pada tempatnya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button