Tempat Wisata

Pulau Panjang, pulau eksotik di Jepara yang menawarkan sejuta pesona

Sebuah pulau eksotis di Jepara, Pulau Panjang menawarkan pesona alam yang menakjubkan dengan mercusuar bersejarah, hutan tropis yang rimbun, wisata religi, dan pengalaman budaya lokal yang unik.

Harga tiket: Rp8.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Ujungbatu I, Ujungbatu, Kecamatan. Jepara, Kab.Jepara, Jawa Tengah; Map: Periksa lokasinya

Jepara di Jawa Tengah memiliki Pulau Panjang, sebuah pulau kecil yang kini berkembang menjadi destinasi wisata. Pulau ini terletak sekitar 2,4 kilometer dari Pulau Kartini dan terkenal dengan mercusuar di sisi barat pulau.

Di sisi timur Anda akan menemukan pemukiman, dermaga dan masjid. Menariknya, bagian tengah pulau dengan hutan tropisnya masih tetap terjaga keindahannya dan memberikan udara segar bagi pengunjung yang datang ke sini.

Keunikan pulau ini adalah telah disewakan kepada perorangan untuk jangka waktu 30 tahun sejak tahun 1987.

Artinya kontraknya akan berakhir pada tahun 2017 dan pulau tersebut seharusnya kembali berada di bawah administrasi Kabupaten Jepara, Kabupaten Jepara.

Daya Tarik Pulau Panjang

Pemandangan Pulau PanjangFoto oleh Aldiantsa di Instagram

Bahkan di tengah kesibukan sehari-hari, semua orang bisa menikmati petualangan yang menyenangkan. Tempat wisata ini menawarkan berbagai keindahan yang bisa Anda nikmati saat berkunjung ke Pulau Jepara antara lain:

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

1. Pesona bawah air

Indonesia merupakan negara dengan lautan luas dan beragam panorama biota laut yang eksotis. Namun di kota besar seperti Jakarta, sulit menemukan lautan yang menawarkan pesona bawah laut yang eksotis.

Jepara merupakan salah satu kawasan di mana Anda bisa menikmati keindahan bawah laut tanpa harus menyelam. Hal ini dapat dirasakan di kawasan wisata Pulau Panjang.

Menghargai keindahan alam bawah laut bisa menjadi salah satu cara mengapresiasi dan mensyukuri kekayaan alam yang dimiliki Indonesia.

2. Ada wisata religi

Di kawasan ini Anda juga bisa melakukan wisata religi dan mengunjungi makam bersejarah. Sebab pulau ini merupakan tempat pemakaman seorang Waliyullah yang bernama Al Habib Abubakar bin Ahmad bin Syekh bin Yahya Ba'alawy.

Salah satu penyebab meningkatnya jumlah pengunjung ke tempat ini adalah dengan adanya kawasan wisata religi ini.

Perpaduan antara keindahan alam dan kemungkinan untuk berziarah rupanya menjadi faktor yang menarik banyak pengunjung dari jauh ke Jepara.

3. Udara segar dari hutan tropis

Pulau ini dikelilingi hutan tropis di tengahnya, sehingga Anda bisa menikmati segarnya udara yang berasal dari ekosistem alaminya. Hal yang menarik dari pulau ini adalah jumlah penduduknya yang sangat sedikit dan hanya terdiri dari 8 orang saja.

Kelompok kecil ini terdiri dari lima penjaga mercusuar, dua penjaga makam dan seorang wanita yang sudah lama tinggal di sana. Keindahan pulau ini sebagian besar tetap terjaga karena minimnya kehadiran manusia.

Beragam pesona yang ditawarkan Pulau Jepara Panjang menjadikannya destinasi bahari terpopuler di kawasan Jepara. Dan liburan sekolah menjadi waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat ini bersama keluarga.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau Panjangfoto dari Perjalanan Jepara di Twitter

Ada dua jalur untuk menuju kawasan wisata Long Island Jawa Tengah dari Pantai Kartini atau Pantai Bandengan. Jika memilih berangkat dari Pantai Bandengan, Anda bisa menyewa perahu nelayan dengan harga sekitar Rp 15.000 per orang.

Namun jika Anda bepergian bersama rombongan, kami sarankan untuk menyewa perahu lengkap yang bisa disewa dengan harga sekitar Rp 100.000 hingga 200.000. Namun masa sewa ini hanya berlaku selama satu jam di lokasi.

Apabila pengunjung ingin menginap, dapat dijemput kembali keesokan harinya dengan kapal yang sama. Untuk berjaga-jaga, Anda bisa meminta nomor operator kapal agar bisa berkomunikasi dengan baik jika diperlukan.

Biaya masuk dan jam buka

Setelah pengelolaan Pulau Panjang Jepara dialihkan dari tangan swasta ke pemerintah daerah, diberlakukan kebijakan baru mengenai tarif masuk bagi pengunjung. Di hari-hari biasa, mengunjungi tempat ini tidak dipungut biaya, jadi gratis.

Namun biaya masuk sebesar Rp 8.000 dikenakan pada akhir pekan atau hari libur. Sedangkan pada hari libur nasional dan libur panjang seperti sekarang, harga tiket naik menjadi Rp 15.000, hampir dua kali lipat dari harga biasanya.

Kegiatan yang menarik

Hal yang bisa dilakukan di Pulau PanjangFoto oleh Fikri di Google Maps

Ada berbagai aktivitas seru yang bisa Anda lakukan saat mengunjungi salah satu destinasi wisata bahari di Jepara ini. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Berenang di pantai

Pengunjung bisa berenang di pinggir Pantai Pulau Panjang Jepara, meski tentunya perlu memperhatikan kondisi ombak saat berkunjung. Jangan terlalu jauh ke tengah pantai, karena pantai di depan bukanlah kolam renang yang berbatas.

Kalaupun Anda hanya sekedar berenang di pinggir pantai, akan lebih baik jika menggunakan perlengkapan renang yang lengkap. Perhatikan juga di mana anak-anak bisa berenang jika Anda mengunjungi destinasi ini bersama keluarga.

Snorkeling dengan peralatan lengkap di Pulau Panjang

Anda juga bisa melakukan snorkeling dengan menyewa peralatan yang tersedia di Pulau Panjang. Jika Anda memerlukan pemandu profesional, Anda dapat memintanya dari pihak berwenang setempat. Destinasi wisata yang satu ini cocok untuk memacu adrenalin, tentunya selalu dalam pengawasan profesional.

Anda tidak perlu membawa alat khusus dari kampung halaman karena semuanya tersedia secara lokal. Namun, jika Anda secara sadar ingin membawa peralatan sendiri, hal ini juga bisa diterima.

Tantang diri Anda dengan menyelam

Menyelam merupakan aktivitas yang lebih menantang dibandingkan berenang atau snorkeling. Saat snorkeling atau berenang, sebagian tubuh masih berada di permukaan air.

Namun saat menyelam, seluruh tubuh terendam di pantai hingga kedalaman yang lebih dalam. Kegiatan ini membekali pengunjung dengan peralatan menyelam yang lengkap, termasuk tabung dan tangki oksigen.

Pemandu wisata Pulau Panjang umumnya memberikan panduan durasi penyelaman dan mengingatkan pengunjung untuk kembali ke permukaan pada waktu yang ditentukan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pulau PanjangFoto oleh Kam Ael di Instagram

Tempat ini menawarkan fasilitas unik karena pengunjung bisa bermalam namun dengan menyewa tenda dan bukan di dalam gedung. Anda bisa mendirikan tenda di pinggir Pantai Bandengan atau Pantai Kartini.

Meski jumlah penduduknya terbatas, namun terdapat penjual makanan yang mudah dijangkau pada waktu-waktu tertentu. Pengunjung diperbolehkan membawa perbekalan makanan sendiri, namun tidak perlu khawatir kelaparan di lokasi.

Terakhir, jika Anda ingin menikmati keindahan alam sekitar dengan sepeda, terdapat juga titik persewaan khusus. Ada banyak aspek menarik dari keberadaan Pulau Panjang di Jepara yang diminati pengunjung dari berbagai daerah.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button