Tempat Wisata

Tiket & Pesona CURUG CIJALU Januari 2024

Air Terjun Cijalu

  • Biaya masuk: Rp17.500
  • Jam buka: 07:30 – 17:00
  • Nomor telepon:
  • Alamat Lokasi : Cipancar, Serangpanjang, Pusakamulya, Kiarapedes, Subang, Jawa Barat, Indonesia, 41282

Air Terjun Cijalu merupakan objek wisata dengan air terjun yang berada di Cagar Alam Gunung Burangrang. Ketinggian air terjun ini mencapai 70 meter. Lokasinya berada di perbatasan barat-selatan Kabupaten Subang dan Purwakarta.

Kawasan wisata air terjun ini berada di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut. Jadi jika hari cerah wisatawan bisa melihat kota Subang, Purwakarta dan Waduk Jatiluhur. Objek wisata ini diresmikan dan sangat populer di kalangan wisatawan sejak 1 September 1984.

Biaya masuk Air Terjun Cijalu

Pengunjung yang berkunjung ke kawasan wisata air terjun ini akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 17.500. Harga tiket ini berlaku setiap hari.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Pemandian Air Panas Ciater Subang

Jam buka Air Terjun Cijalu

Wisatawan bisa mengunjungi air terjun tersebut setiap hari. Buka mulai pukul 07.30 hingga 17.00, hari kerja dan akhir pekan.

Berbagai kegiatan wisata

Perkemahan di Curug CijaluPerkemahan di Curug CijaluWisata air terjun Curug Cijalu Subang sangat cocok dijadikan destinasi keluarga. Foto: Google Maps/Amir Udin

Objek wisata air terjun ini selalu ramai dikunjungi wisatawan terutama di akhir pekan dan hari libur panjang. Air Terjun Cijalu seolah membelah Gunung Sunda, ketinggian air terjunnya mencapai 70 meter.

Trekking

Jalur aksesnya tertata jelas di sepanjang jalur menuju air terjun Curug Cijalu SubangJalur aksesnya tertata jelas di sepanjang jalur menuju air terjun Curug Cijalu SubangJalur aksesnya tertata jelas di sepanjang jalur menuju air terjun. Foto: Google Maps/Yuli Yulyanie

Setelah melewati pintu masuk, suasana sejuk karena wisatawan memberikan keteduhan di kedua sisi jalan. Dari kejauhan terlihat bukit-bukit yang menyembul dari balik awan yang indah dan sejuk dipandang. Wisatawan juga disuguhi panorama perkebunan teh seiring dengan perlahan udara yang semakin dingin.

Jalan setapak mulai menanjak melewati undakan batu belah yang ditata rapi. Beberapa artis terlihat bermain gitar dan menabuh drum sambil menyanyikan lagu-lagu klasik Sunda.

Jalan menuju air terjun berjalan kaki sekitar 300 meter dari tempat parkir. Medan trekkingnya cukup mudah dengan rute yang jelas dan bergradasi.

Melewati pesona dua air terjun

Ada lagi air terjun yang lebih kecil sekitar 100 meter sebelum air terjun Cijalu. Air terjun ini bernama Curug Putri (Perempuan), sebagian penduduk setempat menyebutnya Curug Cibuntu. Ketinggian Curug Putri sekitar 30 meter dengan air perlahan mengikuti tebing bebatuan.

Wisatawan mengibaratkan dua air terjun bertetangga ini seperti sepasang kekasih. Air Terjun Cijalu dianggap sebagai air terjun “laki-laki” karena “jalu” berarti “laki-laki” dalam bahasa Sunda. Air Terjun Cibuntu atau Air Terjun Putri merupakan air terjun perempuan.

Menikmati keindahan air terjun

suasana hijau di sekitar air terjunsuasana hijau di sekitar air terjunAir terjun ini memiliki ketinggian hingga 70 meter. Foto: Google Maps/Bpk. Perjalanan yang menyenangkan

Air terjun ini menawarkan suasana sejuk dan tenang dengan panorama alam yang indah. Nama air terjun ini dipercaya berasal dari kedatangan para pejuang yang kemudian menetap di sana. Ci atau “cai” berarti air dan “jalu” berarti manusia.

Air terjun yang terletak di ketinggian 1300 m dpl ini memiliki suhu udara antara 18 hingga 26 °C. Suasana kawasan objek wisata air terjun ini memberikan kesejukan dan kesegaran bagi para wisatawan. Kicauan burung yang tiada henti membuat panorama alam terlihat jelas.

Menurut warga, dulunya banyak keturunan Tionghoa yang datang ke sini untuk berdoa. Mereka menganggap air terjun ini sebagai tempat mandinya para bidadari. Kepercayaan ini muncul karena saat matahari pagi bersinar, pelangi kecil terpantul dari air terjun.

Bermain di air

percikan air terjun sebagai background fotopercikan air terjun sebagai background fotoWisatawan bisa bermain air di bawah air terjun. Foto: Google Maps/zenny anam

Riak air yang terbawa angin bisa dirasakan dari kejauhan. Air yang tumpah dari Air Terjun Cijalu mengalir deras melewati perbukitan di kawasan Gunung Burangrang. Air yang tumpah dari Gunung Sunda jatuh ke kolam di dasar air terjun.

Biasanya wisatawan bermain air di kolam yang menyegarkan dan memberikan efek relaksasi. Mereka pun terjun ke dalam kolam untuk merasakan sensasi percikan air terjun. Namun suhu airnya sangat dingin sehingga wisatawan biasanya tidak berlama-lama bermain air.

Baca: Tiket dan Wahana ke Planet Waterboom Subang

Daya tarik mistis Air Terjun Cijalu

Sejak diresmikan pada tahun 1982, pengunjung pertama yang mengunjungi air terjun ini mayoritas adalah masyarakat Indramayu. Datang bertapa dan mandi untuk mengobati serangan kelumpuhan yang dideritanya dan mampu sembuh. Sejak saat itu, wisatawan khususnya dari Indramayu datang dan mempopulerkan air terjun ini.

Beberapa mitos berkembang di Air Terjun Cijalu, antara lain mandi di air terjun agar cepat mencari jodoh. Meski mitos ini tidak bisa dibenarkan, namun tetap menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Difoto

Setiap wisatawan pasti tertarik untuk mengabadikan pemandangan alam Curug Cijalu. Berbeda sudut Foto memberikan hasil gambar yang indah. Dengan latar belakang keindahan air terjun dan panorama alam yang luar biasa.

berkemah

Tenda wisata di Curug CijaluTenda wisata di Curug CijaluBerkemah memberi Anda lebih banyak waktu untuk menikmati keindahan alam Curug Cijalu Subang. Foto: Google Maps/Setyo Budi

Wisatawan bisa menikmati suasana malam Air Terjun Cijalu dengan berkemah di kawasan wisata ini. Dengan bermalam, wisatawan mempunyai waktu lebih banyak untuk merasakan nuansa alam air terjun. Diiringi suara air terjun yang menghempas bebatuan.

Pelajar dan sejumlah komunitas pun memanfaatkan kawasan wisata ini sebagai tempat berkemah bersama. Kawasan objek wisata air terjun ini dipilih karena memiliki kawasan hutan, air terjun, peluang pendakian, dan lain-lain tempat perkemahan. Suasana alamnya masih bersih, dengan rimbunnya pepohonan di beberapa area air terjun.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Wisata Air Terjun Maribaya

Perabot

Kawasan Curug Cijalu dilengkapi dengan jalur pendakian, sarana air dan berbagai fasilitas penunjang. Toilet, musala, loket tiket, dan tempat parkir dilengkapi dengan cukup. Jalan setapak sedang dibangun dan dilengkapi Tempat berlindungTempat duduk, tempat sampah dan pos jaga.

Wisatawan bisa membeli berbagai makanan dan minuman dari berbagai kios yang ada di sini. Bisnis Suvenir juga menjual kaos oblong dan daster bagi wisatawan yang membutuhkan baju ganti.

Rute Menuju Air Terjun Cijalu

Kawasan Curug Cijalu secara administratif merupakan bagian dari wilayah Desa Cipancar, Subang, Jawa Barat. Air terjun ini berjarak 37 km dari kota Subang dan 63 km dari Bandung. Sedangkan air terjun ini berjarak sekitar 40 km sebelah selatan Purwakarta.

Wisatawan dapat melalui jalan raya Wanayasa – Cagak kemudian memasuki pintu gerbang kawasan wisata Cijalu. Wisatawan kemudian harus menyusuri jalan desa sekitar 3 km. Mendekati Wana Wisata Curug Cijalu, pemandangan dan hamparan perkebunan teh akan menyambut wisatawan.

Kontak dan Lokasi Curug Cijalu

Objek wisata air terjun ini terletak di desa Cipancar di kecamatan. Serangpanjang, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41282.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button