Tempat Wisata

Wisata Situ Ciburuy di Telaga Hijau Sejuk Januari 2024

Situ Ciburuy

  • Biaya masuk: Gratis – Rp20.000
  • Jam buka: 24 jam
  • Nomor telepon:
  • Alamat Lokasi : Ciburuy, Padalarang, Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia, 40553

Wisata alam di Bandung memang sangat beragam. Mulai dari gunung, tebing berbukit, hutan hingga danau. Salah satu danau wisata yang bisa menjadi tempat rekreasi bisa dikunjungi Situ Ciburuy. Keindahan alam di sana mampu memikat wisatawan sedemikian rupa sehingga terasa tiada duanya di Indonesia.

Dahulu kawasan wisata tepi danau ini sering menjadi tempat berkumpulnya masyarakat dan acara-acara. Namun karena kurang perawatan, tempat ini semakin terbengkalai dan terlihat tidak terurus. Namun pada tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Bandung mulai menata ulang dan mempercantik kawasan Danau Ciburuy.

Biaya masuk Situ Ciburuy

Keindahan Situ Ciburuy bisa dinikmati dengan biaya murah. Pengunjung yang ingin mencoba menaiki perahu tersebut dapat membayar sebesar Rp 20.000.

Jenis tiket Harga tiket
Tiket masuk Bebas
Tiket sewa perahu Rp20.000

Biaya masuk Situ Ciburuy

Baca: Tiket Masuk SITU PATENGGANG dan Berbagai Tempat Wisata

Jam buka Situ Ciburuy

Tidak ada jam buka khusus untuk mengunjungi objek wisata ini. Namun, datangnya hanya pada pagi hingga sore hari. Dengan begitu Anda bisa terus menikmati keindahan alam dan wahana yang tersedia.

Menikmati eksotisme Situ Ciburuy

Pemandangan indah Danau Situ CiburuyPemandangan indah Danau Situ CiburuyKeindahan telaga ini memang mampu menyegarkan mata pengunjung. Pemandangan danau yang ditumbuhi pepohonan hijau menjadi kenikmatan utamanya. Foto: Gmap/Cep Budhi Darma

Situ berarti danau sedangkan Ciburuy adalah nama desanya. Awalnya danau ini terdiri dari dua sungai kecil yang ujungnya bertemu di Desa Ciburuy. Pada tahun 1918, tempat pertemuan kedua sungai ini dibendung dan airnya diatur untuk mengairi sawah.

Lambat laun, air di bendungan itu naik dan menggenangi area seluas 14 hektare. Karena berbentuk danau, masyarakat menyebutnya Situ Ciburuy. Sedangkan daratan tertinggi di tengah danau tidak tergenang air dan membentuk pulau kecil.

Tempat wisata ini sangat indah, air danaunya jernih dan masih terdapat pepohonan disekitarnya. Tentunya agar terlihat bagus dan sejuk, udara disekitarnya juga sejuk. Sesekali muncul bayangan pepohonan di dalam air, yang seolah terpantul di air danau yang jernih.

Baca: Tiket Masuk BAMBU DUSUN Lembang dan 8 Kegiatan

Perjalanan perahu mengelilingi Situ Ciburuy

Naik perahu mengelilingi danauNaik perahu mengelilingi danauWisatawan bisa menyewa perahu untuk menjelajahi kawasan Danau Ciburuy. Foto: Gmap/HipReni Wiraatmadja

Anda bisa menghabiskan waktu di Situ Ciburuy dengan berjalan-jalan di sekitar kawasan. Pengunjung bisa berjalan-jalan santai menyusuri tepian danau sambil menikmati pemandangan yang indah. Ambil foto sesekali untuk mengabadikan momen dengan latar belakang pemandangan yang indah.

Selain itu, pengunjung juga bisa mengelilingi danau dengan menggunakan perahu. Duduk santai di atas perahu dan nikmati angin sepoi-sepoi berpadu dengan sejuknya air danau. Pemandangan yang Anda lihat akan jauh lebih indah.

Di tepian danau, banyak orang yang menyewa perahu kayu untuk berkeliling. Harga yang ditawarkan bervariasi, namun rata-rata masih cukup terjangkau. Pengunjung juga bisa menegosiasikan harga sewa dengan pemilik perahu.

Baca : Tiket Masuk D'Dieuland Bandung dan Aktivitasnya

Kisah dibalik keindahan Situ Ciburuy

Objek wisata ini tidak hanya indah tetapi juga bernilai sejarah. Menurut sejarah, Situ Ciburuy pernah menjadi pewaris Prabu Siliwangi. Prabu Siliwangi terkenal dengan kesaktian dan tarian macan putihnya.

Awalnya danau ini digunakan sebagai tempat pertarungan para juara di Pulau Jawa. Tercipta oleh dua sungai yang ujungnya bertemu di Desa Ciburuy. Jadi bisa dikatakan tempat ini berperan penting dalam ajang bergengsi pada masanya.

Tradisi lotere sejak tahun 1942

untuk menangkap ikanuntuk menangkap ikanOrang-orang menangkap ikan di danau. Foto: Gmap/cep budhi darma

Bahkan sebelum Indonesia merdeka, tepatnya pada tahun 1942, Situ Ciburuy kerap menjadi tempat acara. Acara yang berlangsung di dekat telaga ini biasanya merupakan upacara untuk mengusir kejahatan. Upacara ini bertepatan dengan tradisi memancing yang disebut “undian”.

Selain itu, pertunjukan ini sering kali mencakup hiburan dan pertunjukan. Pertunjukannya antara lain wayang golek, pencak gendang, dan ronggeng. Sayangnya, tradisi ini sudah sangat langka saat ini.

Keistimewaan lainnya adalah ikan-ikan yang ada di danau ini. Jika penduduk setempat memancing atau menjaring, ikan mudah didapat. Sedangkan jika pendatang melakukan hal tersebut maka akan sangat sulit mendapatkan ikan.

Nikmati masakan ikan khas Situ

Di sekitar danau terdapat warung makan yang menawarkan masakan khas danau. Tentu saja masakan khasnya terbuat dari ikan yang ditangkap di danau. Ikannya segar dan pengunjung dapat memilih hidangan sesuai kesukaannya.

Lokasi Situ Ciburuy

Telaga ini terletak di Desa Pamalayan, Kecamatan Bayongbong, Padalarang. Sekitar 25 km dari pusat kota bandung. Atau sebagai penanda agar mudah ditemukan yang lokasinya tidak jauh dari Terminal Damri.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button