Tempat Wisata

Tiket murah ke Air Terjun Semirang. Januari 2024 akan ada kolam renang alami

Air terjun Samirang

  • Biaya masuk: Rp10.000
  • Jam buka: 08.00 – 16.00
  • Nomor telepon:
  • Alamat Lokasi: Tourist Desk, Gogik, Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50551

Air Terjun Semirang merupakan salah satu wisata air terjun yang ada di semarang. Air terjun ini terletak di kaki Gunung Ungaran. Daerah sekitarnya penuh dengan pohon pinus yang indah. Selain itu, ada juga beberapa hewan kecil yang sering berkunjung ke sini. Wisata air terjun ini mempunyai nama lain yaitu Air Terjun Semirang. Kawasan ini tidak hanya terdiri dari air terjun saja, namun juga dikelola sebagai kawasan wisata buatan.

Terdapat kolam renang di antara pepohonan, seolah-olah Anda sedang berada di tengah hutan. Pada tahun 1955, kawasan ini didirikan oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dengan dukungan Perhutani. Tempat wisata ini tersebar di area seluas 10 hektar. Di sini pengunjung juga bisa berkemah di lokasi yang tersedia.

Biaya masuk Air Terjun Semirang

Jika ingin berwisata ke sini, pengunjung harus membayar tiket masuk yang cukup terjangkau, hanya Rp 10.000 saja. Harga tersebut sudah termasuk wahana kolam renang. Namun harga tersebut belum termasuk biaya parkir dan sewa tenda untuk berkemah.

Baca : Tiket Masuk dan Objek Wisata Curug Lawe Benowo Ungaran

Jam buka Air Terjun Semirang

Air Terjun Semirang buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 16.00. Waktu terbaik untuk menikmati pemandangan di sini adalah sepanjang hari. Meski siang hari tidak panas karena lebatnya pepohonan di kawasan tersebut.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Wisata di DUSUN SEMILIR

Menikmati pemandangan Air Terjun Semirang

Pemandangan air terjun di kawasan wisata Air Terjun SemirangPemandangan air terjun di kawasan wisata Air Terjun SemirangDaya tarik utama di kawasan Air Terjun Semirang adalah pemandangan air terjun dengan ketinggian 45 meter. Foto: Google Map/Cicilia Nuryati

Daya tarik utama di kawasan wisata ini adalah pemandangan air terjun yang menyegarkan. Air terjun ini memiliki ketinggian 45 m, untuk mencapai air terjun pengunjung harus berjalan kaki sejauh 1 km. Dalam perjalanan Anda akan mendengar suara gemericik air dan harus menyeberangi sungai kecil yang merupakan muara air terjun. Selama perjalanan, wisatawan bisa bertemu dengan beberapa hewan kecil seperti burung, kadal, dan tupai ekor panjang. Tupai merupakan salah satu hewan langka yang ditemukan di sini.

Untuk menuju air terjun sebaiknya saat cuaca tidak sedang hujan. Sebab, jalur menuju air terjun cukup terjal dan licin. Saat hujan, rute menjadi semakin sulit untuk dilalui. Namun dalam perjalanan menuju air terjun terdapat bangku-bangku untuk beristirahat. Kalau tidak, ada juga warung dan pedagang kaki lima jika tidak membawa makanan. Pengunjung juga bisa menikmati pemandangan air terjun sambil berkemah. Terdapat area untuk camping serta tempat penyewaan tenda dan perlengkapan camping.

Baca: Tiket Masuk Coban Parang Tejo Malang dan Berbagai Wahananya

Berenang di Kolam Air Hijau

Kolam renang hijau dikelilingi pepohonan pinusKolam renang hijau dikelilingi pepohonan pinusDi kawasan Air Terjun Semirang terdapat kolam renang dengan air berwarna hijau yang berasal dari mata air Gunung Ungaran. Foto: Google Map/Ricky Januarit

Selain air terjun, terdapat juga kolam renang dengan nuansa alami. Tepi dan dasar baskom ini tidak terbuat dari keramik, melainkan diamankan dengan batu. Kesan natural juga semakin diperkuat dengan air kolam yang berwarna hijau alami. Meski berwarna hijau, air ini dijamin bersih dan jernih. Air kolamnya berasal dari mata air di kaki Gunung Ungaran.

Airnya sejuk dan sejuk, sehingga berenang di sini bisa membuat tubuh dan pikiran rileks. Karena dikelilingi pepohonan pinus yang indah, suasananya semakin menenangkan. Bahkan dari sini terdengar kicauan burung dan gemericik air sungai di sekitarnya. Selain berenang, pengunjung juga bisa duduk-duduk di tepi kolam renang dan menikmati segelas es kopi yang dijual di kafe sekitar kolam renang.

Baca: Tiket dan Kegiatan COBAN PELANGI

Lokasi yang kaya untuk foto-foto indah

Berfoto di rumah pohon Air Terjun SemirangBerfoto di rumah pohon Air Terjun SemirangAda beberapa area foto menarik di Air Terjun Semirang, antara lain rumah pohon dan tangganya. Foto: Google Map/Nandang Pitoyo

Ada beberapa lokasi foto menarik di sini. Salah satunya di kawasan air terjun. Menggunakan air terjun sebagai background dapat memberikan tampilan foto yang keren. Selain itu, di sini juga terdapat rumah pohon dengan beberapa anak tangga untuk naik ke lantai paling atas. Rumah pohon ini memiliki pemandangan keseluruhan kawasan wisata dan menjadi tempat yang menarik untuk berfoto.

Selain itu, pengunjung juga bisa berfoto di sekitar kolam atau di jalan setapak yang ditumbuhi pohon pinus di kanan dan kirinya. Jika Anda mengambil foto di sini, Anda dapat melihat bahwa Anda akan menjelajahi hutan. Selain itu, bangku-bangku di sepanjang jalan menuju air terjun juga bisa dijadikan spot foto yang indah.

Baca: 20+ Destinasi Wisata Terbaik di Semarang

Mitos tentang Air Terjun Semirang

Air Terjun Semirang tidak hanya menawarkan keindahan alam namun juga cerita mitos yang menarik. Pada zaman dahulu kala, ada seorang wanita yang sudah menikah bernama Sari. Saat itu Sari sedang mandi di air terjun. Namun, ketika ia selesai mandi dan mengenakan kain Jariknya, datanglah makhluk halus bernama Barok.

Saat Sari Jin melihat kehadiran Barok, dia kaget dan ingin melarikan diri. Namun, saat hendak melintasi lereng yang dipisahkan jurang, jarinya ditarik oleh hantu tersebut. Akibatnya, Sari terpaksa telanjang bulat saat melarikan diri. Keluarnya kain sari-sari menjadi awal mula nama Semirang. Semirang berasal dari kata Wirang yang artinya malu.

Fasilitas di Air Terjun Semirang

Fasilitas umum yang ada di kawasan Air Terjun Semirang antara lain toilet, kamar mandi, ruang ganti, musala, dan tempat parkir. Selain itu juga terdapat kolam renang dan banyak area foto. Selain itu, terdapat kafe, warung makan, dan pedagang kaki lima yang menjual berbagai jenis makanan.

Lokasi Air Terjun Semirang

Air Terjun Semirang terletak di Dusun Gintungan, Desa Gogik, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Untuk menuju ke sini, pengunjung bisa menggunakan sepeda motor atau mobil. Air terjun ini berjarak 15 km dari kota Ungaran. Kendarai kendaraan menyusuri jalan raya Semarang-Solo hingga mencapai Kampus Stikes Ngudi Waluyo. Dari sana Anda langsung naik ke Gunung Ungaran dan sampai di kawasan wisata dengan air terjun ini.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button