Tempat Wisata

Tiket & Tempat Wisata KEBON ROJO PARK Blitar Januari 2024

Taman Kebon Rojo

  • Biaya masuk: Bebas
  • Jam buka: 08.00 – 16.00
  • Nomor telepon:
  • Alamat lokasi : Jl. Diponegoro No.12, Bendogerit, Sananwetan, Blitar, Jawa Timur, Indonesia, 66133

Blitar memiliki beberapa taman yang dikelola dengan baik di pusat kota. Salah satu yang paling banyak dikunjungi adalah Taman Kebon Rojo atau Taman Bonrojo. Taman ini sangat cocok untuk anak-anak dan keluarga. Pasalnya, taman ini menawarkan banyak pilihan permainan untuk anak-anak.

Selain itu, taman ini juga memberikan edukasi tentang berbagai satwa dan kawasan sekitarnya. Mengingat suasananya yang sejuk dan fasilitas yang menarik, tak heran jika ruang terbuka hijau ini banyak dikunjungi pengunjung, bahkan dari luar kota Blitar.

Biaya masuk Taman Kebon Rojo

Pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun untuk memasuki taman ini, gratis. Namun pengunjung perlu menyiapkan biaya parkir bila membawa kendaraan pribadi ke taman ini.

Baca: BLITAR PARK Tiket Terjangkau Puluhan Wahana Seru

Jam buka Taman Kebon Rojo

Taman buka dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore. Meski taman kota ini dibuka untuk umum, namun petugas tetap akan meminta pengunjung untuk keluar saat hari sudah gelap. Waktu terbaik untuk berwisata adalah pada pagi hari saat udara masih sejuk. Biasanya taman ini ramai pengunjung pada akhir pekan dan libur panjang.

Tempat wisata di Taman Kebon Rojo

Bundaran air mancur di Taman Kebon Rojo, Blitar.  Foto: Google Maps / M Yunus BahtiarBundaran air mancur di Taman Kebon Rojo, Blitar.  Foto: Google Maps / M Yunus BahtiarBundaran air mancur di Taman Kebon Rojo, Blitar. Foto: Google Maps / M Yunus Bahtiar

Sebagai ruang hijau, Taman Kebon Rejo memiliki pepohonan besar dan rindang yang membuat lokasi di sekitar taman menjadi asri. Burung merpati sering datang berkelompok di sekitar air mancur untuk bermain dengan pengunjung.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Kampung Afrika Blitar

Dinosaurus yang bisa bergerak dan mengeluarkan suara

Patung Dinosaurus yang Bisa Bergerak di Taman Kebon Rojo Blitar.  Foto: Google Maps / Taman Kebon RojoPatung Dinosaurus yang Bisa Bergerak di Taman Kebon Rojo Blitar.  Foto: Google Maps / Taman Kebon RojoPatung Dinosaurus yang Bisa Bergerak di Taman Kebon Rojo Blitar. Foto: Google Maps / Taman Kebon Rojo

Atraksi terbaru dan terpenting yang ditawarkan Taman Kebon Rejo saat ini adalah dua patung dinosaurus yang berada di tengah taman. Atraksi ini baru dipasang manajemen pada awal tahun 2020.

Uniknya, patung dinosaurus ini bisa bergerak dan mengeluarkan suara. Tentu saja hal ini menjadi daya tarik bagi pengunjung khususnya anak-anak.

Baca: Tiket Masuk dan Spot Foto Bukit Teletubbies Blitar

Rupanya, jumlah pengunjung meningkat drastis seiring selesainya patung dinosaurus tersebut. Patung ini bisa bergerak dan mengeluarkan suara dengan menggunakan deteksi laser

Berbagai tempat bermain anak di Taman Kebon Rojo

Anak-anak bermain mobil di Taman Kebon Rojo, Blitar.  Foto: Google Maps / Robert Hari KristantoAnak-anak bermain mobil di Taman Kebon Rojo, Blitar.  Foto: Google Maps / Robert Hari KristantoAnak-anak bermain mobil di Taman Kebon Rojo, Blitar. Foto: Google Maps / Robert Hari Kristanto

Bermain di luar selalu menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi anak-anak. Selain suasananya di luar Bagusnya, di Taman Kebon Rojo anak-anak juga akan menemukan berbagai permainan seru yang bisa mereka coba. Mulai dari ayunan, papan selancar, mobil listrik hingga rubah terbang.

Baca : Tiket Masuk KAMPUNG COKLAT Blitar dan Kegiatan

Untuk dapat bermain mobil listrik, pengunjung harus membayar sejumlah uang sewa dalam jangka waktu tertentu. Selanjutnya, anak-anak biasanya menggunakannya untuk berkeliling di bundaran air mancur. Perabot rubah terbangPermintaannya juga tinggi, meski ada biaya tambahan. Tapi naik rubah terbang hanya tersedia pada akhir pekan atau hari libur nasional.

Ruang terbuka ramah anak

Suasana asri di Taman Kebon Rojo Blitar.  Foto: Google Maps / Xiao-PinSuasana asri di Taman Kebon Rojo Blitar.  Foto: Google Maps / Xiao-PinSuasana asri di Taman Kebon Rojo Blitar. Foto: Google Maps / Xiao-Pin

Di wahana ini, anak tidak hanya bisa mengenal keluarganya, tetapi juga belajar bersilaturahmi dengan teman sebayanya dengan cara yang menyenangkan. Ruang ramah anak ini sering digunakan oleh sekolah-sekolah.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Negeri Dongeng Blitar

Mulai dari PAUD, TK dan SD/MI hingga melakukan kegiatan belajar mengajar di luar kelas. Lomba kreativitas seperti menggambar dan melukis juga sering diadakan di taman ini.

Berbagai flora dan fauna

Seorang anak berfoto dengan patung gajah.  Foto: Google Maps / Anjar NugrohoSeorang anak berfoto dengan patung gajah.  Foto: Google Maps / Anjar NugrohoSeorang anak berfoto dengan patung gajah. Foto: Google Maps / Anjar Nugroho

Di taman ini pengunjung juga dapat menemukan beberapa hewan yang dipelihara oleh pihak pengelola yang bentuknya mirip dengan Taman Nasional Kebun binatang mini. Diantaranya adalah burung merak, kera dan rusa. Terdapat pula papan informasi yang berisi berbagai pengetahuan unik tentang hewan tersebut.

Baca: Tiket dan Wahana Taman Ikan Blitar

Papan informasi ini tidak hanya didukung oleh hewan-hewan yang ada, tetapi juga oleh pepohonan yang tumbuh di sini. Dengan cara ini, anak mendapat pendidikan ilmiah.

Selain itu, pengunjung di sini juga bisa merasakan pengalaman memberi makan rusa dengan biaya pembelian pakan ternak sebesar dua ribu rupee. Tak hanya dengan hewan asli, anak-anak juga bisa berpose dengan patung berbagai hewan untuk bersenang-senang. Diantaranya patung gajah, harimau, badak, rusa, zebra, singa, jerapah, banteng, dan unta.

Piknik bersama keluarga

Pengunjung berteduh dan bersantai di pendopo Taman Kebon Rojo Blitar.  Foto: Google Maps / Resmi NanoPengunjung berteduh dan bersantai di pendopo Taman Kebon Rojo Blitar.  Foto: Google Maps / Resmi NanoPengunjung berteduh dan bersantai di pendopo Taman Kebon Rojo Blitar. Foto: Google Maps / Resmi Nano

Tentu saja Taman Kebon Rejo tidak hanya ramah anak, tapi juga tempat wisata keluarga yang nyaman. Tak jarang keluarga datang ke kawasan ini untuk mengumpulkan perbekalan dan makan bersama. Gazebo biasanya menjadi area utama untuk duduk-duduk menikmati makanan sambil memberikan keteduhan.

Jika Anda tidak punya waktu untuk menyiapkan perbekalan, jangan khawatir. Pasalnya di sekitar taman ini banyak terdapat penjual makanan dan minuman yang siap melayani pengunjung.

Baca: 10 Tempat Wisata Menarik di Blitar

Perabot

Taman Kebon Rojo mempunyai tempat parkir kendaraan yang cukup luas. Ada juga toilet umum dan paviliun. Di sekitar taman dan Masjid Syuhada Haji juga terdapat beberapa restoran yang mudah dijangkau oleh pengunjung.

Rute Menuju Taman Kebon Rojo

Untuk menuju Taman Kebo Rojo sangatlah mudah karena taman ini terletak di tengah Kota Blitar. Dari Stasiun Kota Blitar, pengunjung dapat naik angkutan umum menuju Taman Kebon Rojo dalam waktu sepuluh menit.

Lokasi Taman Kebon Rojo

Taman Kebon Rojo terletak di Jalan Diponegoro Nomor 12, Bondogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur. Lokasi ini tepat di depan SMAK Diponegoro atau di belakang rumah dinas Wali Kota Blitar.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button