Tempat Wisata

Harga tiket dan aktivitas Pantai Banyu Meneng Januari 2024

Pantai Banyu Meneng

  • Biaya masuk: Rp10.000
  • Jam buka: 24 jam
  • Nomor telepon:
  • Alamat Lokasi : Kandangmerak, Desa Sumberbening, Bantur, Malang, Jawa Timur, Indonesia, 65179

Malang tidak hanya terkenal Taman Hiburan-itu, tetapi juga pantainya yang indah Banyu Meneng. Pantai ini melengkapi salah satu pantai terindah di Malang. Kelebihan dari pantai ini adalah masih sepi dan belum banyak pengunjung. Salah satu penyebabnya adalah masih belum memadainya konektivitas jalan menuju lokasi.

Namun justru karena itulah keindahan pantai ini masih sangat terjaga. Wisatawan petualang akan menyukai pantai ini dengan pemandangannya yang eksotis. Meski tidak terlalu ramai, namun masyarakat setempat telah menyediakan fasilitas pendukung. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan perjalanan pengunjung.

Biaya masuk Pantai Banyu Meneng

Objek wisata ini memiliki tarif masuk yang terjangkau hanya Rp 10.000 saja. Bahkan, biaya masuk ini juga berlaku untuk pantai terdekat lainnya. Yaitu Pantai Selok dan Pantai Kondang Merak yang hanya berjarak sekitar 2 menit saja dari Banyu Meneng.

Baca: Tiket Masuk dan Objek Wisata Pantai TELUK ASMARA Malang

Jam buka Pantai Banyu Meneng

Objek wisata ini dapat dikunjungi kapan saja selama 24 jam. Wisatawan juga bisa berkemah jika tersedia tempat perkemahan. Namun jika ingin berkemah, sebaiknya datang sebelum malam. Sehingga perjalanan lebih lancar karena medan jalan yang belum bagus.

Habiskan liburan seru di Pantai Banyu Meneng yang eksotis

Eksotisnya Pantai BanyumenengEksotisnya Pantai BanyumenengEksotisnya Pantai Banyumeneng. Foto: Pejabat Gmap/ArkaNanta

Pantai Banyu Meneng menawarkan pemandangan yang begitu eksotis. Sepotong pasir putih lembut akan langsung menyambut wisatawan. Saat menginjak pasir terasa hangat, tiba-tiba terasa dingin karena tersapu ombak. Sekadar berjalan-jalan di tepi pantai sambil menikmati pemandangan laut adalah sebuah pengalaman.

Air laut di pantai ini cukup tenang, ombaknya seakan tidak bergulung. Sesuai dengan namanya, “Banyu Meneng” berarti “air yang tenang” dalam bahasa Jawa. Airnya terlihat sangat jernih sehingga wisatawan bahkan bisa melihat dasar laut di dekat pantai. Warna airnya juga tampak kehijauan karena adanya alga dan menjadi lebih biru di tengah laut.

Tak hanya sepi, pantai ini juga menyuguhkan pemandangan daratan yang indah. Tanaman bakau tampak menghiasi area sekitar pantai. Membuat pantai ini terlihat rindang dan indah. Hal ini pula yang menjadi alasan wisatawan menginap di sana karena banyak tempat teduh di sini.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas PANTAI BALEKAMBANG Malang

Habiskan waktu di Laut Biru

Pemandangan air jernihPemandangan air jernihPemandangan air jernih. Foto: Gmap/Edwin

Laut di Pantai Banyu Meneng sangat jernih bahkan dasar lautnya bisa terlihat dari pinggir pantai. Anda bisa melihat bebatuan dan karang kecil serta tumbuhan laut yang hidup di dasarnya. Sesekali Anda bahkan bisa melihat hewan-hewan laut kecil bergerak-gerak di perairan ini. Pemandangan lautnya juga jernih karena airnya tenang.

Air lautnya yang tenang memungkinkan wisatawan untuk berenang. Pantainya juga cukup dangkal untuk bermain air. Jika Anda memiliki peralatannya Snorkelingdapat diadopsi untuk digunakan Snorkeling. Pemandangan airnya cukup jernih sehingga menyenangkan.

Beberapa wisatawan bahkan rela membawa kendaraan hias untuk bersantai di permukaan air. Pastinya lebih menyenangkan, apalagi jika dilakukan pada pagi atau sore hari. Dimana mataharinya belum terik dan udaranya masih sangat sejuk. Dan angin sepoi-sepoi masih membelai perlahan.

Baca: Tiket Masuk PANTAI TIGA WARNA Malang dan Aktivitas Serunya

Bermain di pasir pantai

Bermain pasir di Pantai Banyu MenengBermain pasir di Pantai Banyu MenengBermain pasir di tepi pantai. Foto: Gmap/Witdodo Djoyosaputro

Pasir putih dan tekstur halus pantai ini mengundang Anda untuk bermain-main. Wisatawan yang membawa anak-anak juga bisa bermain dengan nyaman. Anak-anak dapat berlarian dengan bebas dan tetap diawasi oleh orang tuanya. Bermain istana pasir juga bisa dilakukan di sini.

Selain itu, wisatawan juga bisa membawa bola untuk bermain voli pantai. Atau bermain sepak bola santai bersama teman-teman.

Ada juga ayunan kayu di pinggir pantai. Wisatawan biasanya menaiki ayunan ini untuk mengambil foto. Tempat ini merupakan salah satu tempat wisata terpopuler. Sebab jika pengunjung di sana banyak, maka akan terbentuk antrian yang ingin menikmati momentum tersebut.

Baca: Tiket Masuk PANTAI SENDIKI Malang dan Berbagai Aktivitasnya

Nikmati relaksasi dengan piknik

Wisatawan juga bisa bersantai sembari menggelar tikar untuk piknik. Pesisir pantai yang ditumbuhi pohon bakau bisa menjadi tempat yang tepat. Bentangkan matras sambil mengatur perlengkapan yang Anda bawa. Menikmati pemandangan dan ketenangan di bawah naungan pohon pasti membawa keberuntungan.

Wisatawan bisa memulai pikniknya pada pagi atau sore hari. Karena cuacanya tidak terlalu panas dan cukup menyenangkan untuk menikmati pemandangan. Sambil menunggu matahari terbenam di pantai. Pemandangan matahari terbenam di sini sangat menarik.

Baca: Tiket Masuk GATRA BEACH Malang dan Berbagai Aktivitasnya

Berkemah di Pantai Banyu Meneng

Camping di pantai Banyu MenengCamping di pantai Banyu MenengBerkemah di pantai. Foto: Gmap/Mukson Adi

Tidak ada akomodasi atau hotel di sekitar Pantai Banyu Meneng. Meski demikian, wisatawan tetap bisa bermalam di pantai ini dengan berkemah. ada disini tempat perkemahan yang disiapkan untuk berkemah.

Lokasinya berada di pinggir pantai. Letaknya tidak jauh dari pantai namun cukup aman. Karena pantainya berada di teluk dan terhalang perbukitan, sehingga tidak dihantam ombak.

Sembari berkemah, wisatawan bisa menikmati indahnya pemandangan matahari terbit. Di pagi hari ia bersinar terang menyambut wisatawan melalui celah-celah perbukitan. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati gemerlap bintang di langit malam. Sambil menikmati ikan bakar atau jagung yang tersedia untuk Anda.

Menikmati kuliner di tepi pantai

Tidak banyak warung makan di sini. Hanya sedikit yang berdiri dan menawarkan makanan siap saji dan camilan. Jika wisatawan ingin menikmati ikan bakar, mereka bisa memancing dan memanggangnya sendiri. Sebaiknya tanyakan kepada pengelola untuk mencarikan tempat pemancingan yang tepat.

Fasilitas di Pantai Banyu Meneng

Meski belum menjadi tujuan utama wisatawan, namun penawaran di sini cukup lengkap. Terdapat musala, toilet, tempat parkir dan lapak seadanya. Meski masih sederhana, namun bisa memenuhi kebutuhan wisatawan saat berkunjung ke pantai.

Lokasi Pantai Banyu Meneng

Pantai ini terletak di Kandangmerak, Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button