Tempat Wisata

Tiket RAWA PENING dan 4 zona wisata

Rawa yang memusingkan

  • Biaya masuk: Rp.15.000
  • Jam buka: 24 jam
  • Nomor telepon:
  • Alamat Lokasi : Desa Klurahan, Tuntang, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, –

Tidak diperlukan rencana perjalanan yang tidak biasa untuk melepas lelah di akhir pekan. Pemulihan mudah di Rawa yang memusingkan Itu bisa saja menjadi aktivitas yang menyenangkan. Danau alami ini telah lama menjadi objek wisata populer. Bahkan setelah kebangkitan, kunjungan ini menjadi lebih menarik.

Lokasi danau tersebut kini meliputi empat kecamatan di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Karena luasnya, disekitarnya terdapat beberapa tempat wisata yang juga sangat menarik. Beberapa diantaranya adalah Kampoeng Rawa, Radesa dan Bukit Cinta. Semuanya menawarkan pengalaman bervariasi dalam menikmati Rawa Pening.

Biaya masuk Rawa Pening

Rawa Pening dapat dikunjungi dari berbagai lokasi wisata. Tiket masuk yang valid cukup murah yaitu hanya Rp 15.000 saja. Biasanya tiket masuk ini tidak termasuk tiket tambahan apa pun.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana ELING BENING Semarang

Jam buka Rawa Pening

Sama seperti harga tiket, jam buka masing-masing tempat wisata juga berbeda-beda. Namun selain itu, objek wisata ini bisa dikunjungi kapan saja. Jika ingin melihat keindahan danau, datanglah saat musim hujan. Biasanya luas danau menyusut pada musim kemarau

Baca: 40 Destinasi Wisata Terbaik di Semarang

Pesona Rawa Pening

Panorama pegunungan dari Danau Rawa PeningPanorama pegunungan dari Danau Rawa PeningKawasan danau seluas 2.470 hektar ini dikelilingi berbagai tempat wisata menarik – Foto: Google Maps / Zhemwel Elanor

Rawa Pening merupakan salah satu danau alami yang ada di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Danau ini terbentang di empat kecamatan: Ambarawa, Bawen, Tuntang hingga Banyubiru. Kawasan danaunya sendiri kini terletak di cekungan terendah Gunung Merbabu.

Daya tarik objek wisata ini pertama-tama adalah panorama alamnya. Selain Gunung Merbabu, danau ini juga menyuguhkan pemandangan Gunung Ungaran dan Telomoyo. Luas telaga yang disebutkan dalam legenda Baru Klinting adalah 2.670 hektar. Oleh karena itu, tidak heran jika danau ini dikelilingi oleh tempat wisata berbayar dan gratis.

Baca: Tiket Masuk Umbul Sidomukti Semarang dan Berbagai Kegiatannya

Savannah dari dasar danau

Pengunjung berfoto selfie di kawasan sabanaPengunjung berfoto selfie di kawasan sabanaSabana Rawa Pening yang hanya muncul saat musim kemarau – Foto: Google Maps / Penthaz Bento

Rawa Pening tercatat mengalami penurunan pada musim kemarau. Penyusutan ini rupanya menciptakan sabana yang indah dan luas. Sabana atau padang rumput tidak lain adalah dasar danau. Objek wisata spontan ini hanya muncul saat musim kemarau.

Sabana yang dihasilkan terletak di Dusun Klurahan, Desa Tuntang, Kabupaten Semarang. Padang rumput ini menempati bagian utara danau. Selama berada di padang savana, pengunjung bisa menikmati panorama kawasan sekitar dan sejuknya udara kawasan danau. Selain itu, padang rumput ini cocok untuk piknik keluarga atau sekedar berfoto.

Baca: Tiket Masuk dan Spot Selfie AYANAZ GEDONGSONGO

Bukit Cinta Rawa Pening

Teras kayu di pinggir Rawa PeningTeras kayu di pinggir Rawa PeningWisata kekinian dengan jalan santai di Bukit Cinta – Foto: Google Maps / Syaillendra

Ingin menikmati suasana yang lebih nyaman dan “kekinian” di Rawa Pening? Wisatawan bisa langsung mengunjungi Bukit Cinta. Lokasinya berada di Desa Kebondowo, Kecamatan Banyubiru. Meski disebut “bukit”, tidak ada dataran tinggi di sini.

Bukit Cinta merupakan kawasan danau dengan taman buatan. Di taman ini terdapat teras kayu yang luas dan nyaman. Terdapat area tempat duduk yang teduh di sekitar lokasi dan gazebo yang juga indah. Ada juga tempat menarik seperti “Gembok Cinta”.

Kawasan sekitar Bukit Cinta sangat cocok dijadikan destinasi relaksasi akhir pekan. Selain tiketnya murah, fasilitasnya juga lengkap dan nyaman. Wisatawan juga bisa naik perahu mengelilingi danau.

Baca: Tiket Masuk dan Perjalanan ke TAMAN GAJAH WATU Semarang

“Menara Eiffel” di tepi danau

Radesa Wisata dilihat dari atasRadesa Wisata dilihat dari atasRadesa Wisata menghadirkan perpaduan suasana laut dan replika bambu raksasa Menara Eiffel – Foto: Google Maps / Ariyo Sulistiyono Suparji

Pernahkah Anda melihat Menara Eiffel dari dekat? Di Rawa Pening wisatawan bisa mengunjungi menara ini. Meski tidak identik, Menara Eiffel terbuat dari bambu dan terletak di Radesa Wisata. Radesa Wisata merupakan salah satu objek wisata yang berada di sudut danau.

Jika Bukit Cinta didominasi fasad kayu, Radesa lebih banyak menggunakan bambu. Lokasinya juga tidak jauh dari padang savana dan masih berada di Dusun Klurahan, Kecamatan Tuntang. Ciri khas Radesa adalah replika bambu Menara Eiffel setinggi 38 meter. Tak hanya indah, menara ini juga bisa dipanjat lho.

Selain berfoto di Menara Eiffel, pengunjung juga bisa menikmati jalan-jalan santai. Radesa menghadirkan dermaga dengan rumah terapung yang terbuat dari bambu. Ada juga wahana unik berbentuk ban dengan bentuk lucu seperti unicorn. Wisatawan juga bisa naik perahu di kawasan Radesa.

Baca : Tiket Masuk Taman Wisata KOPENG dan Aktivitasnya

Rumah terapung

Agrowisata Kampoeng RawaAgrowisata Kampoeng RawaKampoeng Rawa memadukan wisata kuliner dan taman bermain tepi danau – Foto: Google Maps / Uke Indraswari

Tepat di sebelah barat Radesa terdapat objek wisata menarik lainnya. Inilah Kampoeng Rawa, tempat rekreasi yang lengkap dan cocok untuk wisata keluarga. Di sini wisatawan bisa bermain berbagai wahana, memancing, hingga mencicipi kuliner lezat.

Landmark Kampoeng Rawa adalah restoran terapung. Menu utama terdiri dari ikan pilihan yang dibudidayakan di Rawa Pening. Wahana seperti ATV, jet ski, dan sepeda air juga tersedia. Restoran ini juga memiliki aula dan paviliun untuk acara besar seperti pernikahan.

Baca : Tiket Masuk Kopeng Treetop dan Aktivitasnya

Fasilitas Rawa Pening

Kecuali Sabana, tempat wisata di pinggiran Rawa Pening umumnya memiliki fasilitas yang lengkap. Setiap tempat wisata memiliki tempat parkir yang luas, toilet dan musala. Berbagai game drive juga tersedia. Hampir di setiap tempat wisata, pengunjung bisa mencoba naik perahu mengelilingi danau.

Lokasi Rawa Pening

Rawa Pening terletak di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Danau ini meliputi empat kecamatan yaitu Ambarawa, Bawen, Tuntang dan Banyubiru. Dari arah Semarang, rutenya melewati tol Ungaran-Bawen. Danau ini lebih dekat dibandingkan Ambarawa. Jarak dari kota semarang sekitar 41 kilometer sedangkan dari ambarawa hanya 3 kilometer.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button