Tempat Wisata

Biaya masuk dan kegiatan CIKADONGDONG RIVER TUBING

Tubing Sungai Cikadongdong

  • Biaya masuk: 30.000 hingga Rp 100.000
  • Jam buka: 09.00 – 16.30 WIB
  • Nomor telepon: +62 857-2227-5551
  • Alamat Lokasi : Desa Payung, Rajagaluh, Majalengka, Jawa Barat, Indonesia, 45472

Jika Anda sedang berada di Majalengka, tak ada salahnya mencobanya Tubing Sungai Cikadongdong. Di sini wisatawan diajak menyeberangi sungai dengan menggunakan ban. Ikuti kelokan sungai dengan arus tenang hingga deras. Cocok bagi siapa saja yang menyukai olahraga yang memacu adrenalin.

Suasana di kawasan objek wisata juga sangat kondusif untuk menyegarkan pikiran. Udaranya yang masih sejuk dan rimbunnya pepohonan menambah suasana menyenangkan. Selain berolahraga, wisatawan juga bisa duduk bersantai sambil membentangkan tikar di tepian sungai. Atau menikmati hidangan yang disediakan pihak pengelola.

Biaya masuk River Tubing Cikadongdong

Masuk ke objek wisata ini tidak dipungut biaya. Namun wisatawan harus membayar biaya antara Rp30.000 hingga Rp100.000 jika ingin mencoba river tubing.

Jenis tiket Harga
Paket reguler Rp.30.000
Paket ekstrim Rp100.000

Biaya masuk dan paket tubing Sungai Cikadongdong

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Kolam Renang Tirta Indah Majalengka

Harga paket reguler: panjang jalur 350 meter, alat pelindung diri, media arung jeram (ban), pemandu sungai, asuransi jiwa, dokumentasi.

Harga paket ekstrim: panjang lintasan 1 kilometer, alat pelindung diri, media arung jeram (ban), river guide, asuransi jiwa, dokumentasi, penjemputan dari titik tujuan menuju tubing center, snack dan minuman.

Jam Buka Sungai Tubing Cikadongdong

Tentu saja objek wisata ini hanya bisa dinikmati pada siang hari saja. Karena pada malam hari tidak memungkinkan untuk berjalan menyusuri sungai. Selain itu, berjalan di sepanjang sungai pada malam hari lebih berbahaya karena kurangnya penerangan. Padahal desain kawasan sungai aman bagi wisatawan.

Hari jam buka
hari kerja 10.00 – 15.30 WIB
Sabtu dan Minggu 09.00 – 16.30 WIB
Senin dan Jumat Liburan

Jam buka River Tubing Cikadongdong

Nikmati alam sekaligus mengenal river tubing

Tubing Sungai CikadongdongTubing Sungai CikadongdongWisatawan bersiap menyusuri sungai dengan peralatan keselamatan lengkap. Foto: Gmap/Cikadongdong River Tubing

River tubing merupakan olahraga pemacu adrenalin yang banyak dikenal setelah arung jeram. Tak jauh berbeda dengan arung jeram, sama-sama menyusuri arus sungai. River tubing sendiri merupakan kegiatan menyusuri sungai yang menggunakan ban dalam. Selang ini sudah dimodifikasi dengan tali sehingga menyambung seperti ular.

Para pemain menaiki setiap pelampung sambil duduk atau berbaring. Kaki dan tangan menggenggam ban dan memegang tali yang disertakan. River tubing dapat dimainkan dengan barisan lima orang atau lebih. Kaki pemain kedua diletakkan pada ring pemain pertama dan seterusnya sampai pemain terakhir.

Tidak perlu menggunakan dayung seperti pada arung jeram. Pasalnya para pemain hanya tinggal mengikuti alur sungai dengan menggunakan ban yang dikendarainya. Wisatawan bisa menikmati indahnya pemandangan sekitar. Pepohonan dimana sesekali kita dapat melihat binatang-binatang hutan seperti burung terbang dari dahan ke dahan.

Baca: GUNUNG CIREMAI: Tiket Masuk dan 4 Jalur Pendakian

Keseruan menyusuri sungai dengan perahu kecil

Keseruan bermain river tubingKeseruan bermain river tubingKeseruan bermain river tubing. Foto: Gmap/MUHAMMAD SOLIHIN

Sungai Cikadongdong merupakan lokasi river tubing dengan medan sungai yang bervariasi. Di beberapa tempat aliran airnya masih tenang dan tenang. Wisatawan masih bisa bersantai dan menikmati pemandangan kawasan sekitar. Ada juga yang menantang dan tidak sabar untuk mencoba aliran yang lebih cepat.

Seiring berjalannya waktu, aliran sungai membawa wisatawan ke arus yang lebih deras. Karena kemiringan sepanjang aliran sungai, gelombang air kadang-kadang terlihat. Ban apung para wisatawan pun ikut lepas dan gelak tawa para wisatawan mulai memudar. Namun bukan itu saja: bebatuan sungai yang berserakan dengan berbagai ukuran juga menimbulkan tantangan.

Sesekali pelampung wisata menabrak bebatuan tersebut. Tidak jarang pelampung terjungkal jika pukulannya cukup kuat. Namun tidak perlu khawatir karena setiap tim didampingi oleh pemandu yang handal. Petugas siap membantu wisatawan di beberapa tempat yang berisiko terjatuh.

Baca: Tiket Masuk PANYAWEUYAN TERRACING Majalengka dan Berbagai Pesonanya

Rute tubing sungai dan jumlah pemain

Serunya menyelam ke sungaiSerunya menyelam ke sungaiSerunya menyelam ke sungai. Foto: Gmap/Awan Shofwanah

Minimal 5 orang dan seorang pemandu harus hadir dalam sebuah permainan. Jika terlalu pendek, wisatawan bisa melayang tak terkendali. Di Cikadongdong, River Tubing sendiri juga menawarkan dua jalur river tubing. Yakni jalur sepanjang 250 meter dan panjang jalur 1 kilometer.

Rute sepanjang 250 meter ini juga cocok untuk pemula. Medan yang kami lewati tidak terlalu berat. Ada arus yang harus diseberangi dan ada juga bebatuan yang menjadi penghalang. Namun tidak se-ekstrim jalur lainnya.

Rute sepanjang 1 kilometer kini juga cocok untuk orang yang lebih berpengalaman. Rute yang lebih panjang ini memiliki medan yang lebih ekstrim. Lebih menantang dan seru dan tentunya lebih seru. Pemula juga dipersilakan karena mereka didampingi oleh pemandu.

Baca : Tiket Masuk dan Aktivitas Majalengka Dinosaur Park

Bersantai sambil berfoto di tepian sungai

Petugas akan mendokumentasikan kegiatan selama river tubingPetugas akan mendokumentasikan kegiatan selama river tubingPetugas akan mendokumentasikan kegiatan selama river tubing. Foto: Gmap/MUHAMMAD SOLIHIN

Pemandangan kawasan Sungai Cikadongdong begitu mempesona. Mata air pegunungan yang mengalir di sungai ini juga terlihat sangat jernih. Letaknya yang tidak terlalu dalam membuat wisatawan bisa melihat dasar air yang penuh bebatuan. Sesekali terlihat ikan sungai kecil berenang dengan cepat.

Wisatawan bisa duduk-duduk bersantai di tepian sungai. Sambil menikmati pemandangan alam yang indah ini. Anda juga bisa piknik dengan membawa bekal. Sebab, tidak ada warung makan yang tersebar di seluruh lokasi.

Jangan lupa abadikan momen bahagia ini dengan sebuah foto. Pemandangan di sekitar sungai yang indah ini bisa menjadi koleksi fotogenik. Akan sangat menarik jika diunggah ke media sosial. Sedikit dekorasi membuat tempat ini sangat indah dan alami.

Baca : Tiket Masuk dan Kegiatan Batu Gantung Majalengka

Nikmati kuliner yang nikmat setelah river tubing

Faktanya, tidak banyak warung di kawasan wisata. Namun pihak pengelola sudah menyediakan paket makanan untuk wisatawan. Apa saja yang bisa disantap wisatawan setelah melakukan aktivitas river tubing.

Kisaran harganya antara Rp 45.000 hingga Rp 60.000 per paket. Wisatawan bisa menikmatinya bersama keluarga atau teman.

Lokasi River Tubing Cikadongdong

Lokasi tabung sungai ini berada di kaki Gunung Ciremai. Tepatnya di Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka. Objek wisata ini dapat dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Dan terdapat truk terbuka yang siap mengantarkan wisatawan ke titik awal river tubing.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button