Tempat Wisata

Studio Alam TVRI Wisata alam dengan harga terjangkau

Studio Alam TVRI

  • Biaya masuk: Rp5.000
  • Jam buka: 08:30 – 16:00
  • Nomor telepon: 081210769978
  • Alamat Lokasi : Jalan Raden Saleh No.90, Jl. Studio Alam TVRI No.1, Sukmajaya, Depok, Jawa Barat, Indonesia, 16412

Di tengah kesibukan kota, Depok rupanya menyimpan banyak potensi destinasi wisata yang belum dikembangkan. Salah satunya dikenal luas karena mempunyai sejarah yang panjang Studio Alam TVRI. Lokasi yang semula menjadi lokasi syuting acara TVRI, kini menjadi destinasi wisata warga Depok yang mencari suasana alam di tengah hiruk pikuk kota.

Biaya masuk TVRI Alam Studio

Harga tiket masuk Studio Alam TVRI cukup terjangkau hanya Rp 5.000 dan berlaku sama untuk dewasa dan anak-anak. Tidak ada perbedaan harga tiket masuk untuk weekdays dan weekend.

Jenis tiket Harga tiket
Tiket masuk Rp5.000
Tiket sepeda motor Rp5.000
Tiket mobil Rp10.000
Tiket bus/roda 6 Rp.15.000

Biaya masuk TVRI Alam Studio

Baca: Tiket dan Aktivitas INSANI HERBAL GARDEN Depok

Jam buka TVRI Alam Studio

Taman hiburan ini buka setiap hari. Sebaiknya datang pada pagi atau sore hari jika ingin menikmati udara sejuk dan pemandangan langit saat matahari akan terbenam.

Hari jam buka
Selasa Jumat 08.30 – 16.00 WIB
Sabtu Minggu 07.30 – 16.00 WIB

Jam buka Studio Alam TVRI

Berbagai kegiatan di Studio Alam TVRI

Logo Studio Alam TVRILogo Studio Alam TVRILogo Studio Alam TVRI dengan latar belakang paviliun khas – Foto: Google Maps/heru bakmal

Meski bertajuk “Studio”, tempat ini tidak berbentuk bangunan atau struktur tertutup seperti studio pada umumnya. Tempat ini merupakan ruang hijau yang sengaja dirancang untuk kebutuhan program-program TVRI pada masanya, seperti: B. program dibangun aku cinta Indonesia dan syuting drama sejarah.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Green Lake View Waterpark Depok

Tak heran jika di tempat ini terdapat bangunan berupa rumah adat dari berbagai daerah di Indonesia. Dilengkapi dengan kondisi alam yang asri, Studio Alam TVRI menjadi destinasi wisata yang menarik namun terjangkau untuk berbagai kalangan.

Tujuan kegiatan Di luar

Suasana studio TVRI AlamSuasana studio TVRI AlamSebagian besar area taman terdiri dari padang rumput terbuka dan area yang ditanami pepohonan – Foto: Google Maps/Agustinus Asa Yudha Utama

Studio Alam TVRI berdiri di atas tanah berukuran sekitar 20 hektar, dibangun pada tahun 1980 sebagai lokasi syuting acara-acara TVRI dengan latar belakang alam. Hampir seluruh properti ditumbuhi rerumputan dan pepohonan yang rindang dan indah bahkan memiliki telaga atau telaga besar.

Properti luas ini sangat ideal sebagai lokasi untuk berbagai aktivitas luar ruangan. Ada banyak ruang terbuka yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk berolahraga. Kawasan taman wisata juga dilengkapi dengan jogging track dan lapangan tenis yang memadai. Selain itu terdapat telaga bernama Situ Sido Mukti yang dapat digunakan untuk memancing atau mendayung.

Baca: Tiket Masuk DKandang Depok dan Aktivitasnya

Pengunjung yang ingin berkemah juga bisa memanfaatkan area berumput untuk mendirikan tenda. Di sini banyak terdapat wilayah dengan kontur lahan datar dan kering. Namun tidak tersedia persewaan tenda, sehingga pengunjung diharapkan membawa tenda sendiri.

Selain itu banyaknya pepohonan yang tinggi dan rindang membuat Studio Alam TVRI menjadi lokasi yang cocok keluar. Tempat wisata ini kerap menjadi lokasi alternatif untuk melakukan aktivitas keluar, bola cat, pistol udara lunak, dll.

Wisata alam yang murah dan ceria

Studio Kuda Liar Alam TVRIStudio Kuda Liar Alam TVRISejumlah satwa dibiarkan bebas berkeliaran di studio alam TVRI, termasuk kuda – Foto: Google Maps/Wildan Waliyuddin

Studio Alam TVRI juga menjadi destinasi wisata yang murah dan memuaskan. Pengunjung bisa berkeliling dengan berjalan kaki atau menggunakan kendaraan pribadi untuk menikmati suasana asri. Waktu terbaik untuk hiking di sini adalah pagi dan sore hari. Piknik juga diperbolehkan di kawasan ini, namun pastikan kebersihannya dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Jangan heran jika Anda menjumpai kuda atau kerbau saat berjalan-jalan di sini. Kedua satwa tersebut sengaja dilepasliarkan dan dibiarkan berkeliaran bebas di area taman. Tidak perlu khawatir diserang selama tidak mengganggu keberadaan hewan tersebut. Ternyata, pengalaman berdekatan dengan kuda dan kerbau di luar ruangan tentu sangat menarik bukan?

Sepeda air di Situ Sido MuktiSepeda air di Situ Sido MuktiPengunjung mengelilingi lokasi dengan sepeda air di Situ Sido Mukti – Foto: Google Maps/resdi yono

Pengunjung yang membawa keluarga bisa menyempatkan diri untuk menaiki sepeda air di Situ Sido Mukti. Wahana air ini dikelola secara mandiri oleh warga. Dengan tambahan biaya, pengunjung bisa berjalan kaki mengelilingi danau selama 20 menit. Ada juga pilihan lain seperti perahu dan getek.

Ambil foto dengan alat peraga film

Menembak gerbang propertiMenembak gerbang propertiSalah satu objek yang digunakan untuk pengambilan gambar – Foto: Google Maps/syah roni040

Selama berwisata, pengunjung bisa melihat-lihat dan memotret rumah adat di beberapa tempat. Ada pula patung dan gerbang yang dulunya merupakan alat peraga film. Properti yang “terdaftar” ini sering dijadikan lokasi fotografi oleh wisatawan.

Suasana syuting di studio alam TVRISuasana syuting di studio alam TVRIHingga saat ini masih sering dijadikan tempat berfoto – Foto: Google Maps/Ady Arek

Rumah adat di sini bermacam-macam, mulai dari rumah adat Jawa hingga rumah adat Kalimantan. Selain rumah adat, juga terdapat patung dan gapura. Hingga saat ini, seluruh properti tersebut sebagian masih digunakan sebagai lokasi syuting acara televisi. Jika beruntung, wisatawan bisa langsung merasakan langsung syuting film yang sering terjadi di sini.

Fasilitas Studio Alam TVRI

Studio Alam TVRI dilengkapi dengan toilet, mushola, dan warung makan. Ada paviliun untuk acara pertemuan serta lapangan tenis yang bisa digunakan untuk latihan. Jalan setapak di dalamnya lebar dan bisa digunakan untuk memarkir kendaraan kecil maupun besar.

Lokasi Studio Alam TVRI

Taman wisata alam dan rekreasi ini terletak di Jalan Raden Saleh No. 90, Kecamatan Sukmajaya, Depok, Jawa Barat. Lokasi dapat dicapai dengan angkutan umum D.06 dari terminal Depok, kemudian dilanjutkan dengan ojek. Jika tidak, Anda juga bisa menggunakan angkutan umum D.09 yang berhenti tepat di depan gerbang masuk.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button