Tempat Wisata

Biaya masuk dan wahana Lamin Etam Ambors

Lamin Etam Ambors

  • Biaya masuk: 15.000 hingga 25.000 rupee
  • Jam buka: 08.00 – 17.00
  • Nomor telepon: +62 813-5177-1207
  • Alamat Lokasi: Jalan Soekarno Hatta, Samboja, Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia, 75271

Kalimantan Timur mempunyai potensi wisata yang tidak kalah menariknya, khususnya di Kota Balikpapan. Tempat wisata tersebut adalah Lamin Etam Ambors. Tempat wisata ini terletak di Samarinda dan Balikpapan dan mempunyai kawasan wisata yang sangat luas.

Padahal, tempat wisata ini merupakan milik pribadi Bapak Koko Hari Sungkono. Nama Lamin Etam diberikan karena menghormati daerah tempat objek wisata ini didirikan. Sekarang Ambors menjadi Ambarawa Samboja, sebuah kecamatan dan kelurahan di wilayah tersebut.

Biaya masuk Lamin Etam Ambors

Untuk menikmati tempat wisata ini, pengunjung dikenakan biaya masuk. Harga tiket bervariasi tergantung usia pengunjung dan hari kunjungan. Sedangkan biaya masuknya mulai dari Rp 15.000 – Rp 25.000.

Jenis tiket Harga tiket hari kerja/akhir pekan
Tiket masuk dewasa Rp 20.000 / Rp 25.000
Tiket masuk untuk anak usia 3 hingga 12 tahun Rp 15.000 / Rp 20.000
Tiket 10.000 – 50.000 Rp
Jenis tiket periode 24 Desember 2023 – 1 Januari 2023 Harga tiket hari kerja/akhir pekan
Tiket masuk untuk anak-anak Rp20.000
Tiket masuk dewasa Rp25.000

Biaya masuk Lamin Etam Ambors

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Bumi Sempaja Water Park.

Jam buka Lamin Etam Ambors

Objek wisata ini dibuka pada pukul 08.00 pagi dan tutup pada pukul 05.00 sore. Dan batas waktu pengunjung menikmati wahana hanya sampai sore hari.

Wahana Lamin Etam Ambor

Nama Lamin Etam Ambors secara kolektif berarti rumah kami di Ambarawa Samboja. Tempat ini tidak hanya menawarkan wisata alam, namun juga wisata buatan yang seru dan mengasyikkan. Hal ini menjadikan tempat ini sangat cocok dijadikan destinasi untuk keluarga.

Ada taman kanak-kanak akan membuat anak-anak betah dan senang berada disini. Tempat ini juga cocok sebagai kesempatan untuk berinteraksi dengan alam karena wisata menunggang kuda ditawarkan di sini. Kehebatan lebih lanjut dari objek wisata ini dirangkum dalam artikel berikut ini.

Baca: Kebun Raya Balikpapan: Tiket Masuk dan Objek Wisata

Wisata edukasi

Koleksi burung di Lamin Etam AmborsKoleksi burung di Lamin Etam AmborsBurung enggang dan kakatua duduk di pagar kayu. Foto: Google Maps / Alfasura Dewi.

Berkunjung ke Lamin Etam Ambors juga dapat memberikan pengetahuan tersendiri khususnya mengenai fauna. Ada banyak fauna khas pulau Kalimantan, serta fauna langka. Faunanya antara lain burung enggang, burung merak, burung gagak, uwa-uwa, dan bekantan.

Burung-burung ini diperoleh dari hutan atau di penangkaran, kemudian dibeli dan dikarantina. Selama proses karantina, burung-burung ini mendapat pelatihan dan perawatan yang sangat baik. Hal ini menciptakan hubungan erat antara pelatih dan hewan.

Pelatihan ini membuat burung menjadi jinak dan memudahkan mereka berinteraksi dengan manusia. Agar burung tidak saling mencakar atau berkelahi saat berfoto bersama. Selain dipelihara di dalam sangkar, ada juga burung yang dilepasliarkan secara bebas.

Burung yang lolos dengan bebas adalah merpati. Pengunjung dapat memberi makan burung merpati dengan membeli benih jagung seharga Rp 5.000. Selain itu, pengunjung juga bisa merasakan sensasi sekawanan burung merpati saat sedang memberi makan.

Baca: Pantai Manggar Balikpapan: Tiket Masuk dan Berbagai Aktivitasnya

Uji adrenalin mengendarai ATV

ATV merupakan kendaraan roda empat namun memiliki pengendalian seperti sepeda motor. Kendaraan jenis ini sangat cocok untuk berkendara off-road. Di sini pengunjung bisa mencoba kendaraan off-road dengan membayar tiket senilai Rp 50.000.

Naik sepeda air

Pengunjung menikmati permainan air dengan perahu dayung dan sepeda air di kolam Lamin Etam Ambors. Foto: Google Maps / Mulyati Sukmana.

Lamin Etam Ambors memiliki kolam buatan yang cukup luas. Kolam ini berfungsi sebagai tempat bermain sepeda air. Sepeda air di sini lucu dan menarik sehingga membuat Anda ingin mencobanya.

Ada pula yang berbentuk seperti bebek atau naga dengan warna cerah. Untuk lebih aman menaiki bebek air, pengunjung juga disediakan jaket pelampung. Harga tiket untuk mencoba bebek air cukup terjangkau yaitu Rp 30.000.

Meluncur bersama Flying Fox

Permainan Flying Fox Lamin Etam Ambors.Permainan Flying Fox Lamin Etam Ambors.Pengunjung mencoba permainan Flying Fox. Foto: Google Maps / FATMAWATI ADEL.

Wahana lain yang memacu adrenalin adalah Flying Fox. Rute Flying Fox mengarah ke kolam sepeda air. Untuk mencoba wahana ini, pengunjung membayar Rp 30.000.

Keamanan yang ditawarkan kepada pengunjung untuk menjajal Flying Fox cukup baik. Jadi pengunjung tidak perlu ragu untuk mencoba wahana ini. Tentu sensasinya tersendiri ketika Anda meluncur di atas kolam bersama Flying Fox.

"Pengunjung"Pengunjung

Pengunjung bisa menjelajahi kawasan wisata ini dengan menunggang kuda. Tidak perlu takut dengan kuda karena kuda di sini jinak. Untuk menaikinya, pengunjung hanya perlu mengantongi uang sebesar Rp 30.000.

Baca: Tiket dan Wahana Taman Cinta Waterboom.

Nikmati terapi ikan

Sebagian besar perjalanan ini biasanya berbayar. Tapi jangan khawatir, ada tumpangan gratis. Atraksi ini merupakan terapi ikan di kolam dimana pengunjung dapat meremajakan kulit kaki.

Fasilitas Lamin Etam Ambors

Banyaknya wahana yang berbeda juga didukung dengan fasilitas yang memadai. Seperti pendopo untuk istirahat, musala, dan toilet. Tersedia juga tempat parkir untuk mobil dan sepeda motor.

Lokasi Lamin Etam Ambors

Tempat wisata ini terletak di kilometer 28 dari Poros di jalan Balikpapan – Samarinda dan cukup mudah ditemukan. Alamat lengkap Jalan Soekarno Hatta, Balikpapan Utara, Ambarawang Darat, Semboja, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur 75271.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button