Tempat Wisata

Tiket Masuk & Wahana AIR PANAS GUCI

Harga Tiket Masuk Pemandian Air Panas Guci: Rp 15.000 – Rp 25.000 Jam: 07:00 – 20:00 WIB No Telp: -Alamat: Jl. Tempat Wisata Guci, Kalengan, Guci, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah, Indonesia, 52466

Pemandian air panas Guci adalah tujuan wisata paling populer di kabupaten Tegal. Berada di kaki Gunung Slamet. Kawasan wisata Guci ini menawarkan air hangat alami dari perut bumi dan sejuknya udara pegunungan.

Karena letaknya yang berada di ketinggian 1.300 dpl, suhu udara di kawasan ini berkisar antara 17 derajat Celcius hingga 20 derajat Celcius. Sedangkan suhu air panasnya sekitar ± 41 derajat Celcius. Banyak yang menganggap sumber air panas gunung berapi ini bermanfaat bagi kesehatan. Oleh karena itu, kawasan wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan yang berkunjung ke kawasan Tegal.

Biaya masuk ke pemandian air panas Guci

Untuk menikmati hangatnya pemandian di kawasan wisata Guci, pengunjung harus membayar tiket masuk. Biaya masuk ke area pemandian ini masih sangat murah.

Tiket masuk pemandian di kawasan wisata Guci
Jenis tiket hari dalam seminggu akhir pekan
Tiket Masuk The Baron Hill by Guci Rp 15.000 Rp 15.000
Tiket masuk Jembatan Kaca Rp 10.000 Rp 10.000
Tiket Masuk Gucigung Rp 15.000 Rp 15.000
Tiket masuk kaca Ashafana Rp20.000 Rp20.000
Tiket Masuk Graha Tirta Ayu Rp20.000 Rp20.000
Tiket Masuk Onsen Omahe Banyu Anget Rp20.000 Rp20.000
Tiket Masuk Miss Nature Rp20.000 Rp25.000
Tiket Masuk Shower 13 & Kolam Renang Barokah Rp19.500 Rp19.500

Baca: Tiket Masuk Guci Hot Water Boom & 4 Wahana Keren

Syarat memasuki pemandian air Guci:

  1. Anak-anak berusia 4 tahun ke atas memerlukan tiket masuk.
  2. Wajib memiliki vaksin dan menunjukkannya melalui aplikasi PeduliLinden.
  3. Patuhi protokol kesehatan di area Guci DTW.

Jam Buka Pemandian Air Panas Guci Tegal

Kawasan wisata Guciku buka setiap hari. Dari pagi hingga malam. Waktu terbaik untuk berendam di bak mandi air panas ini adalah pagi hari atau larut malam.

jam operasional
jam operasional 07.00 – 20.00 WIB

Aktivitas Wisata Pemandian Air Panas Guci Tegal

Kawasan wisata Pemandian Air Panas Guci Tegal, Jawa TengahPemandangan indah menyambut wisatawan saat memasuki kawasan wisata air panas Guci Tegal. Foto: Instagram/wisataairpanasgucitegal

Air hangat pemandian ini berasal dari air terjun hangat yang mengalir dari atas bukit. Pemandian air panas Gelasnya panas dan bening, tidak berbau dan tidak berwarna. Dengan 25 pancuran air panas dengan suhu yang berbeda.

Ada dua jenis sumber air panas di kawasan wisata Guci. Ini dibayar dan tidak dibayar. Pemandian gratis dengan pancuran tersebar di 12 titik di area tersebut.

Pancuran 5, pancuran 7, pancuran 13

Kejernihan bak mandi di area Pemandian Air Panas Guci TegalKolam mandi air panas sangat jernih. Foto : Googlemap/riyan selvia Aktivani

Mandi air panas sebenarnya bisa menyehatkan. Mempromosikan aliran darah yang lebih lancar, membuka pori-pori dan menutrisi kulit dari kandungan belerang. Di beberapa negara, mandi air panas adalah kemewahan, seperti onsen di Jepang.

Ada beberapa pancuran yang menjadi pemandian umum di objek wisata Guci. Tidak hanya dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit, tetapi juga membawa keberuntungan dan kesehatan.

Mandi cinta

Pancuran Pengasih adalah salah satu favorit di wisata pemandian Guci. Terutama bagi wisatawan yang belum menikah. Banyak yang percaya bahwa mandi di pancuran ini bisa mendekatkan kebahagiaan jodoh.

Baca: Tiket Masuk RITA PARK Tegal & 28 Wahana Mendebarkan

Sungai Sumber Air Panas dan Kolam Alami

Kolam dan sungai dan pancuran air panas Guci TegalAir panas mengalir dari gunung berapi. Foto : Googlemap/stiker Karyo

Pengunjung tidak hanya bisa mandi di pemandian, tapi juga menceburkan diri ke sungai yang mengalir tepat melewati kawasan wisata tersebut. Air sungai juga merupakan air panas yang memiliki kandungan yang sama dengan kolam karena sumber airnya sama.

Saat pertama kali menyentuh air, pengunjung langsung merasakan panasnya. Namun lambat laun kulit menjadi terbiasa dengan hangatnya air, sehingga menjadi terasa hangat. Dan suasana relaksasi segera tercipta.

Ada juga kolam yang berbeda untuk dipilih. Ada kolam alami dengan banyak pancuran, kolam renang jernih kebiruan dan sungai alami yang dangkal dengan bebatuan.

Kolam air panas di hotel

Pemandian air panas hotel di sekitar kawasan wisata GuciPemandian air panas hotel di sekitar kawasan wisata Jar. Foto: Googlemap/Slamet asari bin warjono

Kolam renang hotel tersedia untuk tamu hotel. Pengunjung di luar hotel bisa masuk dengan harga tertentu. Fasilitas jacuzzi hotel terlihat lebih rapi.

Di sini juga ada papan peringatan untuk berhati-hati saat berendam di kolam renang. Terutama bagi wisatawan dengan penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan stroke.

Air terjun di kawasan wisata Guci

Taman pemandian air panas ini memiliki daya tarik tersendiri, selain tempatnya yang asri dan sejuk juga terdapat air terjun yang menambah semakin indah pemandangannya. Selain itu, ada juga lapangan untuk camping.

Mandi air dingin

Selain air panas, ada juga shower air dingin. 1 kilometer di atas pemandian air panas ini terdapat air terjun air dingin yang disebut dengan Air Terjun Jedor.

Ritual mandi kliwon di jumat malam

Ritual mandi malam di hari Jumat KliwonRitual mandi malam di hari Jumat Kliwon. Foto : Googlemap/Andri Awan

Lebih seru lagi, setiap malam Jumat di Kliwon ada ritual mandi bersama yang dimeriahkan oleh pengunjung dari berbagai daerah. Menurut cerita, ada seekor naga di pemandian ini yang menjaga dan menempati sebuah gua di lereng Gunung Slamet. Naga itu mampu memberikan potensi pada Mata Air Panas Guci. Ritual ini berlangsung pada malam Jumat Kliwon karena diyakini sebagai malam suci.

Fasilitas Pemandian Air Panas Guci Tegal

Selain air panas, tempat ini juga menawarkan berbagai fasilitas. Wisata hutan, lapangan tenis, lapangan sepak bola, hotel, villa dan bumi perkemahan. Akomodasi dan hotel dapat ditemukan hingga sekitar 5 kilometer dari area pemandian.

Tersedia loker di tempat wisata di Guci ini untuk menjamin kenyamanan dan keamanan. Tempat makan dan minum juga tersebar di sekitar area tersebut. Peralatannya sebagian besar terdiri dari tegal tegal dan makanan tradisional lainnya.

Lokasi kawasan wisata Guci

Tempat wisata Guci ini terletak di Jl. Objek Wisata Guci, Kaleng, Guci, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah 52466.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button