Berita Wisata

Apakah Anda suka liburan? Berikut 5 aturan perjalanan yang perlu Anda ketahui

CANTIKA.COM, Jakarta – Setiap tanggal 27 September pecinta pariwisata di seluruh dunia memperingati Hari Pariwisata Dunia atau World Tourism Day yang ditetapkan oleh Organisasi Pariwisata Dunia atau UNWTO (United Nations World Tourism Organization). Momentum ini terjadi untuk mendorong perkembangan pariwisata di berbagai belahan dunia, khususnya travel ke Indonesia.

Jadi sebenarnya ada banyak cara untuk mendorong perkembangan pariwisata di Indonesia. Salah satunya adalah menjadi wisatawan lokal yang beretika dan menebar kebaikan. Berikut etika wisatawan yang berlibur menjadi pahlawan kebaikan, seperti dikutip dalam siaran pers dari Yayasan Pelestarian Alam Nusantara:

Gunakan transportasi umum

Saat melakukan perjalanan liburan atau dalam perjalanan, usahakan untuk menggunakan transportasi umum saat Anda berada di tempat tujuan. Ini tentu menghemat bahan bakar dan uang. Jika semua wisatawan menggunakan cara ini, bisa dibayangkan betapa ramah lingkungan karena tidak mencemari?

Hormati adat istiadat setempat

Sebagai wisatawan yang belum mengetahui seluk beluk destinasi liburan yang Anda kunjungi, Anda harus mematuhi aturan tertulis dan tidak tertulis.

Menghormati peraturan yang berlaku di daerah tempat Anda berwisata merupakan tindakan yang harus diapresiasi, karena Anda telah menghormati dan menghargai lingkungan dan penduduk setempat tempat Anda berlibur.

Bawa tas belanja sendiri dan jangan buang sampah sembarangan

Untuk mengurangi penggunaan kantong plastik, biasakan membawa tas belanjaan sendiri. Pilih tas belanja yang mudah dilipat. Juga, pastikan sampah yang Anda bawa dibuang pada tempatnya. Membuang sampah pada tempatnya adalah hal yang paling dasar dan sudah diajarkan sejak kecil, meski masih banyak yang tidak menaati aturan ini.

Jika tempat wisata yang Anda kunjungi tidak memiliki tempat sampah, Anda dapat menyimpan sementara sampah tersebut di dalam tas atau kantong pakaian dan akan lebih baik untuk memisahkan jenis sampah yang dibuang berdasarkan jenisnya. Meski terdengar sangat sederhana, namun berdampak besar bagi lingkungan dan kelestarian alam tempat Anda berlibur.

Lestarikan flora dan fauna

Jika tempat yang Anda kunjungi termasuk dalam kategori wisata alam, jangan sampai merusak ekosistem flora dan fauna tempat ini. Hal ini sangat penting dilakukan ketika Anda sedang berlibur ke tempat wisata alam. Karena bukan hanya Anda saja yang ada di sana, namun juga banyak hewan dan tumbuhan liar yang hidup di lingkungan wisata tersebut.

Jangan sekali-kali merusak habitat makhluk hidup lain saat bepergian, baik dengan mengganggu hewan maupun merusak tumbuhan yang ada. Hargai dan cintai mereka agar liburanmu lebih bermakna.

Penduduk setempat yang ramah, sopan dan membantu

Saat berlibur, usahakan selalu bersikap sopan dan ramah dengan warga sekitar. Dengan menerapkan sifat ini saat liburan, warga sekitar pasti akan melakukan hal yang sama seperti Anda.

Sikap ramah tidak hanya ditujukan kepada orang lain, tetapi juga kepada lingkungan di sekitarnya. Cara kita menghormati dan melindungi lingkungan tempat kita berwisata merupakan bentuk sikap ramah lingkungan. Sikap menghargai lingkungan seharusnya tidak hanya berlaku pada lingkungan terestrial tempat kita hidup dan bermukim, tetapi juga ikut serta dalam pelestarian lingkungan ekosistem laut juga merupakan tanggung jawab kita.

Laut merupakan bagian penting dan tidak terpisahkan dari masyarakat Indonesia. Sumber daya laut adalah kekuatan terbesar negara kita. Sayangnya, saat ini kelestarian ekosistem laut terancam dari beberapa sisi, sehingga penting untuk menjaga kelestarian lingkungan agar tetap terjaga kelestariannya untuk generasi mendatang.

Jangan biarkan lautan kita terancam, sudah saatnya kita berperan menjaganya.

Baca: Liburan Keluarga Ala Tya Aristya Siapkan 5 Hal Ini

Halo sahabat Cantika, ayo update informasi dan inspirasi wanita di Telegram Cantika

Source: www.cantika.com

Related Articles

Back to top button