Berita Wisata

Pemkab ASN Ingin Bersihkan Kawasan Geopark

Jambi (ANTARA) – Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Merangin, Jambi telah melakukan gotong royong di sejumlah titik di kawasan Geopark Merangin untuk memastikan kebersihan Geopark vis-à-vis Geopark UNESCO World (UGG).

Wakil Bupati Merangin Nilwan Yahya mengatakan, Sabtu, beberapa titik telah dibersihkan ASN, di antaranya kawasan Teluk Wang Sakti, kawasan air terjun Mengkaring.

“Gotong royong dibagi poin, masing-masing OPD bertanggung jawab atas alur gotong royong,” ujarnya.

Didampingi konsultan penyusun file Geopark Merangin-Jambi dan ahli geologi batuan Unja, Wakil Bupati memantau keberhasilan dan kondisi kawasan Teluk Wang Sakti dan kawasan air terjun Mengkaring.

“Alhamdulillah, semua titik di kawasan Geopark Merangin-Jambi sudah kami pantau bersama tim,” ujarnya.

Ia meyakinkan, persiapan UGG harus dilakukan dengan matang. Strategi yang akan dilakukan adalah memastikan kebersihan dan kelayakan wisata alam ini.

“Berbagai persiapan perlu kita tingkatkan, termasuk kebersihan. Karena di kawasan itu seharusnya tidak ada sampah plastik,” jelasnya.

Lebih lanjut, selain mendorong ASN Merangin untuk terlibat dalam menjaga dan mempromosikan geopark, Pemkab juga mengajak seluruh pengunjung kawasan Geopark Merangin untuk bersama-sama menjaga kebersihan.

Nilwan mengaku saat ini masih kekurangan fasilitas persampahan di kawasan situs cagar budaya lama. Sedangkan Pemkab melengkapi fasilitas tersebut untuk mendukung evaluasi terhadap UGG.

Selain area, ASN Merangin juga melakukan pembersihan area lain seperti area rumah Tuo Rantau Panjang Tabir dan sejumlah titik lainnya.

Untuk memastikan kebersihan Geopark kebanggaan Provinsi Jambi, Pemerintah Kabupaten Merangin juga memastikan kebersihan di sekitar bantaran Sungai Batang Merangin.

Selain itu, ia juga melihat kondisi di desa Air Batu untuk memantau batuan geopark hingga geopark park Merangin.

Source: jambi.antaranews.com

Related Articles

Back to top button