Tempat Wisata

Pantai Watu Lawang, pantai dengan pemandangan eksotik di Gunung Kidul

Pantai Watu Lawang menyuguhkan pemandangan Gunung Kidul yang eksotik ditambah dengan keindahan goa/benteng batunya yang menakjubkan.

Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Tepus, Kec. Tepus, Kab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Pantai Watu Lawang merupakan salah satu pantai mempesona di Gunung Kidul, Yogyakarta. Ya, ada banyak sekali pantai populer di kawasan Gunung Kidul. Tak heran jika kawasan ini kerap disebut gudangnya sejumlah pantai. Termasuk Watu Lawang yang eksotisme alamnya menjadi magnet wisata.

Pantai indah ini menampilkan hamparan pasir putih yang luas. Ada banyak bebatuan dan karang yang kokoh. Hal ini dikarenakan pantai ini dikelilingi perbukitan. Bebatuan ini membuat tampilan pantai semakin eksotis dan indah.

Istilah Watu Lawang mempunyai filosofi yang berarti pintu batu. Di pantai ini terdapat sebuah gua batu yang bentuknya seperti sebuah pintu. Biasanya warga setempat sering memanfaatkannya sebagai tempat upacara Nyadran, sebuah upacara adat yang diadakan pada bulan Sya'ban menurut penanggalan Islam.

➥ Cek penawaran hotel di Gunung Kidul

Daya Tarik Pantai Watu Lawang

Shutterstock Daya tarik Pantai Watu LawangFoto oleh Dhimas Satriaa di Shutterstock

Pemandangan pantai yang sangat eksotik

Wisata pantai selalu menawarkan pemandangan yang memanjakan mata. Tak terkecuali Pantai Watu Lawang yang indah ini. Sesampainya di pantai, Anda langsung disambut hamparan pasir putih kecoklatan, bebatuan karang kokoh, pemandangan hijau tanaman pandan, dan birunya air laut.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Ada juga paviliun yang berdiri di atas pasir. Seolah-olah Anda pasti tidak ingin melewatkan pemandangan indah ini. Bahkan pasir di pantai ini masih sangat bersih. Anda bisa beraktivitas dengan pasir dll tanpa melihat sampah berserakan.

Belum ramai dikunjungi wisatawan reguler

Jika Anda ingin merasakan sensasi pantai yang belum banyak dikunjungi wisatawan, berkunjung ke pantai mempesona ini sangat direkomendasikan. Suasananya tenang, jauh dari hiruk pikuk kota. Bahkan rasa penat akibat pekerjaan yang menumpuk pun bisa terlupakan sejenak oleh kedamaian dan keindahan pantai.

Tak heran jika suasana di pantai indah ini lebih banyak menarik pengunjung berlibur dibandingkan hari-hari biasa.

Terdapat gua/benteng batu

Salah satu pemandangan unik di Watu Lawang adalah gua/benteng batu alam. Di bagian depan terdapat pintu masuk goa yang berbentuk lubang seperti pintu.

Pada waktu-waktu tertentu, seperti bulan Sya'ban, masyarakat setempat biasanya melakukan upacara adat di gua ini. Jadi jika Anda ingin menyaksikan cagar budaya di pantai ini, Anda bisa merencanakan acaranya saat ini.

➥ Tiket Teras Kaca Pantai Nguluran Jogja

Fotografi lanskap yang Instagrammable

Pemandangan pantai yang dikelilingi bebatuan karang ini sangat keren jika dijadikan untuk fotografi. Nuansa hijau alami, air laut jernih kebiruan, dan pasir putih lembut menjadi gradasi warna yang sangat indah.

Oleh karena itu, tidak heran jika banyak pengunjung yang datang ke Watu Lawang untuk mencari tempat-tempat eksotik. Bahkan sering dijadikan sebagai foto prewedding karena suasana pantainya yang tidak begitu ramai dan pemandangannya yang sejuk.

Jangan lewatkan pemandangan unik pantai ini saja. Siapkan kamera terbaik sebelum kunjungan Anda. Abadikan setiap sudut pantai yang menawarkan pemandangan eksotis. Hasilnya, Anda bisa mengunggahnya ke akun media sosial Anda sebagai tambahan koleksi foto liburan Anda.

Alamat dan rute menuju lokasi

Shutterstock Alamat Pantai Watu LawangFoto oleh Ndari Kusmintasih di Shutterstock

Belum banyak wisatawan yang mengunjungi Pantai Watu Lawang karena keberadaannya masih tersembunyi. Padahal keindahan yang ditawarkan tak kalah dengan deretan pantai populer di Gunung Kidul.

Pantai mempesona ini terletak di Yogyakarta, Kabupaten Gunung Kidul. Di Kecamatan Tepus dan Desa Tepus. Jika pengunjung memulai perjalanan dari pusat kota Yogyakarta, perjalanan memakan waktu sekitar 2 jam. Akses dapat dilakukan dengan kendaraan roda empat maupun kendaraan bermotor.

Untuk menuju pantai ini, pengunjung bisa memulainya dari kota Jogja. Kemudian ambil arah ke Jalan Wonogiri Barat. Menuju Pantai Kukup, Pantai Krakal dan Pantai Baron yang terletak di kecamatan yang sama. Selanjutnya Anda akan sampai di Pantai Indrayanti. Setelah kurang lebih 200 meter Anda akan sampai di Watu Lawang.

➥ Jogja Day Tour : Pantai Timang, Indrayanti dan Pantai Drini

Biaya masuk dan jam buka

Setiap pengunjung yang ingin memasuki destinasi Pantai Watu Lawang harus membayar biaya untuk membayar tiket masuk. Anda cukup membayar tiket seharga Rp 10.000 per orang. Bahkan dengan tarif tersebut, Anda bisa menikmati keindahan dua pantai sekaligus, yakni Indrayani dan Watu Lawang.

Gerbang masuk ke pantai sejuk ini sama dengan gerbang menuju Pantai Indrayanti. Pengunjung hanya perlu membayar satu tiket masuk. Anda hanya perlu membayar Rp 2.000 untuk memarkir kendaraan bermotor. Sedangkan untuk kendaraan roda empat atau mobil dikenakan biaya parkir sebesar Rp 3.000.

Jam buka pantai cantik ini adalah 24 jam sehari. Oleh karena itu, wisatawan dapat berkunjung kapan saja tanpa harus melihat jadwal kunjungan pada hari-hari tertentu pada saat tempat wisata pantai tersebut dibuka. Bahkan bagi yang ingin berkemah pun selalu bisa mampir dan mendirikan tenda di pinggir pantai.

Kegiatan yang menarik

Shutterstock Aktivitas Pantai Watu LawangFoto oleh Ndari Kusmintasih di Shutterstock

1. Nikmati pemandangan hijau

Padahal lokasinya khas pantai dengan pasir putih. Kendati demikian, pengunjung bisa menikmati pemandangan alam yang hijau. Tanaman pandan laut banyak tumbuh di bebatuan karang.

Pemandangan di Pantai Watu Lawang memang tidak terlihat tandus. Bahkan keren untuk dilihat. Membuat jiwa terasa lebih sejuk.

2. Berenang

Kemiringan pantai membuat ombak tampak tenang di pantai cantik ini. Wisatawan yang mengunjungi kami bisa dengan nyaman bermain air. Salah satunya adalah berenang.

Pengunjung juga bisa menyewa ban atau jaket pelampung di lokasi pantai. Hal ini akan membuat Anda merasa lebih aman saat berenang. Apalagi terhadap anak-anak, harus tetap dalam pengawasan orang dewasa.

3. Berjalan menyusuri Jalur Pantai Watu Lawang

Sebuah aktivitas sederhana namun memiliki efek menguntungkan yang sangat menyejukkan jiwa: berjalan-jalan di tepi pantai. Pasirnya yang putih lembut berpadu dengan pemandangan air laut yang jernih berwarna kebiruan membuat mata serasa dimanjakan oleh alam.

Selain itu, Anda juga akan merasakan semilir angin pantai, deburan ombak yang lembut pasti akan menenangkan jiwa Anda. Kepenatan sehari-hari, apalagi karena pekerjaan yang menumpuk, akan terlupakan berkat keindahan Pantai Watu Lawang.

Oleh karena itu, jangan ragu untuk menghabiskan waktu luang Anda di pantai indah ini. Suasana yang tenang dan kondisi pantai yang bersih serta belum tercemar aktivitas manusia membuat Anda semakin merasa nyaman.

4. Bersantai di bawah gazebo

Anda bisa memanfaatkan gazebo yang ada di pinggir pantai sebagai pelindung dari terik sinar matahari. Selain itu juga bisa dijadikan tempat bersantai sambil meminum air kelapa muda. Pemandangan lautan yang luas dan tak terbatas.

Uniknya, pendopo di pantai ini memiliki atap yang terbuat dari bahan alami seperti jerami kering. Oleh karena itu, ini adalah tempat yang bagus untuk fotografi.

5. Wisata kuliner

Jangan sekadar berwisata menikmati pemandangan Pantai Watu Lawang. Pengunjung juga bisa berwisata kuliner. Banyaknya warung-warung di pinggir pantai mengundang wisatawan untuk mencoba kulinernya.

Jika Anda menyukai seafood, tentunya bisa langsung memesan beragam hidangan khas pantai. Ada kepiting, udang, kerang, ikan bakar atau goreng, cumi dan olahan lainnya. Dijamin bikin ketagihan. Harganya juga sangat terjangkau karena makanannya segar langsung dari nelayan.

6. Berfoto selfie dengan pemandangan menakjubkan

Momen liburan tak lengkap tanpa berfoto selfie. Ya, termasuk liburan di Pantai Watu Lawang. Banyaknya bebatuan karang dan pantai berpasir dengan pemandangan yang sejuk mampu membuat foto Anda terlihat Instagrammable.

Anda bahkan bisa melihat pemandangan pantai dari ketinggian. Yakni memanjat bebatuan karang yang terdapat jembatan atau mengibarkan bendera merah putih. Selain itu, gua batu pembentuk pintunya juga menjadi tempat yang tak kalah eksotis untuk diabadikan.

7. Berjalan melintasi jembatan yang menghubungkan bebatuan karang

Pihak pengelola juga menyediakan fasilitas unik yang bisa dimanfaatkan wisatawan untuk mengabadikan sudut kamera yang tepat. Terdapat sebuah jembatan yang terbuat dari anyaman bambu. Dikelilingi oleh ban yang diikat di bagian tepinya.

Jembatan ini menghubungkan bagian atas batu dengan batu di depannya. Sehingga pengunjung yang lewat bisa berswafoto sambil sedikit berkibar. Apalagi saat angin pantai bertiup. Di jembatan unik ini Anda bisa berayun maju mundur seperti sedang menari.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Shutterstock Fasilitas pantai Watu LawangFoto oleh Muhd​​Fuad Abd Rahim di Shutterstock

1. Ruang sholat

Fasilitas di Pantai Watu Lawang yang indah dikatakan lengkap. Ruang sholat tersedia di salah satunya. Bagi wisatawan muslim yang ingin salat, tidak perlu mencari musala yang jauh dari tempat wisata. Karena tersedia musala dengan perlengkapan sholat yang cukup.

2. Kamar mandi

Kamar mandi tidak hanya memiliki satu pintu, namun beberapa pintu bisa digunakan. Artinya pengunjung tidak perlu mengantri panjang, apalagi saat musim liburan saat banyak wisatawan.

3. Paviliun

Kompleks pendopo terdapat di pinggir pantai, lebih tepatnya di hamparan pasir putih yang luas. Jika pengunjung ingin bersantai di pendopo, dapat menyewanya dengan harga terjangkau. Cukup bayar Rp 5.000 per paviliun.

4. Lokasi perkemahan

Jika ingin menikmati sensasi berkemah bersama teman, Anda bisa langsung menyewa tenda dan mendirikannya di lokasi perkemahan. Anda bisa menikmati suasana di malam hari hingga menikmati sinar matahari di pagi hari.

5. Sewa tenda

Jadi jika Anda ingin berkemah namun tidak mau repot membawa tenda, Anda bisa menyewa tenda di lokasi ini. Cukup bayar Rp 10.000 per tenda. Anda bisa menikmati suasana pantai yang masih tergolong bersih.

6. Stabil

Meski belum banyak yang tahu tentang Watu Lawang, namun deretan warung di pinggir pantai bisa Anda temukan. Warung-warung ini menyajikan berbagai hidangan seafood, aneka minuman dan makanan yang mampu menggugah selera karena kelezatannya.

Demikian informasi mengenai Pantai Watu Lawang sebagai salah satu destinasi paling keren di Gunung Kidul. Khusus bagi Anda yang mencari suasana liburan pantai yang tenang dan bersih, disarankan untuk berkunjung ke pantai cantik ini. Pemandangannya dijamin akan membuat Anda takjub.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button