Tempat Wisata

ORAY TAPA Bandung pesona kawasan indah di kaki gunung Januari 2024

Oray Tapa

  • Biaya masuk: Rp10.000-Rp. 15.000
  • Jam buka: 24 jam
  • Nomor telepon:
  • Alamat Lokasi : Mekarmanik, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 15317

Bandung terkenal dengan wisata dataran tinggi Oray Tapa. Terletak di Bandung Timur, tempat ini menjadi tempat menginap yang populer bagi para wisatawan. Jaraknya yang tidak terlalu jauh sering menjadi destinasi pilihan untuk berwisata di akhir pekan. Orang tua, muda, anak-anak, remaja hingga wisatawan keluarga tampak memadati kawasan wisata.

Pemandangan yang indah menjadi daya tarik wisata ini. Berbagai aktivitas melengkapi liburan Anda di Oray Tapa. Seperti bersepeda, motorcross, di medan, adalah kendaraan yang memacu adrenalin di sini. Selama menginap, wisatawan juga bisa berkemah menikmati suasana di sekitar objek wisata.

Biaya masuk Oray Tapa Bandung

Objek wisata ini memiliki harga tiket masuk yang sangat terjangkau hanya Rp 10.000 saja. Namun, jika wisatawan datang ke perkemahan, dikenakan besaran iuran yang berbeda.

Jenis tiket Harga
Tiket masuk Rp10.000
Tiket berkemah Rp.15.000

Biaya masuk untuk Oray Tapa

Baca Juga: Tempat Wisata di Bandung: 49 Destinasi Terlengkap

Jam buka Oray Tapa

Terdapat loket tiket di objek wisata ini. Namun, loket tiket hanya buka dari jam 7 pagi hingga 6 sore. Meski demikian, wisatawan tetap bisa mengakses tempat ini selama 24 jam sehari. Khususnya bagi yang akan camping di Oray Tapa.

Rasakan indahnya Oray Tapa Bandung

Pemandangan hijau dari ketinggian Oray Tapa.Pemandangan hijau dari ketinggian Oray Tapa.Pemandangan hijau dari ketinggian Oray Tapa. Foto: Gmap/ODESA INDONESIA

Objek wisata Oray Tapa bisa menjadi salah satu cara melepas kepenatan akhir pekan. Betapa tidak, di sini wisatawan mendapatkan pemandangan yang sangat indah dan alam yang indah. Sejauh mata memandang, pepohonan hijau mendominasi pemandangan. Jalan yang berkelok-kelok melengkapi pemandangan di dataran tinggi ini.

Kawasan tersebut berada di ketinggian 700 meter di atas permukaan laut, Gunung Manglayang. Tak heran jika udara di sini begitu sejuk dan segar. Luas arealnya kini mencapai 5 hektar dengan tanaman pinus dan cemara. Sesekali kabut menutupinya sehingga terlihat indah dan sedikit misterius.

Karena keindahan kawasannya, kawasan wisata ini kerap menjadi lokasi fotografi dengan latar belakang perbukitan hijau. Oray Tapa seolah menggambarkan keindahan alam pegunungan dan desa-desa yang menawan.

Wisata terdekat: Tiket masuk Bukit Moko Bandung dan berbagai aktivitas

Penamaan Oray Tapa

Oray Tapa BandungOray Tapa BandungOray Tapa Bandung. Foto: Gmap/edy Vlog

Oray Tapa adalah ungkapan bahasa Sunda. Dalam bahasa Indonesia artinya “Ular Meditasi”. Nama ini diberikan karena jalan di kawasan ini berkelok-kelok seperti ular yang sedang bermeditasi. Oleh karena itu nama Oray Tapa digunakan untuk daerah ini.

Namun, ada pula penduduk setempat yang mengaitkannya dengan sejarah kerajaan. Ini hanyalah opini masyarakat saja, belum ada bukti tertulis yang mendukung penamaan tempat ini. Terlihat jelas bahwa tempat ini menawarkan keindahan yang mempesona terlepas dari sejarahnya.

Baca Juga: Tiket Masuk TEBING KERATON Bandung dan Berbagai Kegiatannya

Wisata Mata Air

Salah satu keunikan Oray Tapa adalah adanya sumber mata air alami. Sebenarnya tidak ada yang istimewa di pegunungan yang terdapat mata air alami. Namun istimewanya, mata air ini muncul saat musim kemarau. Dan itu hanya akan mengalir pada musim kemarau.

Beberapa orang juga percaya bahwa air dari sumber ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Sumber ini sendiri ditemukan pada tahun 1997. Konon ada warga Antapani Bandung yang lumpuh di sana. Lalu warga mandi di sumber tersebut karena mendapat wangsit.

Ajaibnya, orang tersebut langsung sembuh dari kelumpuhannya setelah mandi di sumber mata air tersebut. Diikuti empat orang lainnya yang juga datang untuk menyembuhkan penyakitnya. Setelah mereka mandi dan minum mata air, rasa sakit mereka hilang dan sembuh. Namun dari segi kesehatan, belum ada penelitian ilmiah yang menyatakan bahwa air di sini dapat menyembuhkan penyakit.

Baca juga: TEMPAT WISATA DI LEMBANG: Rekomendasi 20 Destinasi Wisata Terbaik

Berkemah di Oray Tapa Bandung

Berkemah di Oray Tapa.Berkemah di Oray Tapa.Berkemah di Oray Tapa. Foto: Gmap/Jastin

Padahal, Oray Tapa merupakan tempat perkemahan yang berada di kaki Gunung Manglayang. Udaranya yang sejuk menjadikannya tujuan wisatawan menghabiskan waktu di sana. Apalagi pemandangan alamnya memanjakan mata. Pemandangan pegunungan, perbukitan, dan pepohonan hijau menjadi pusat perhatian.

Berkemah di sini akan membuat wisatawan merasa menyatu dengan alam. Memang benar berkemah bukanlah hal yang tepat untuk dilakukan di sini Berkemah mewah atau Perkemahan yang glamor. Bukan camping ground dengan fasilitas mewah, tapi camping tradisional banget. Bersatu dengan alam tanpa kemewahan hotel.

Wisatawan harus memasak makanan sendiri, tidak ada kasur di dalam tenda. Juga tidak ada colokan listrik khusus di setiap tenda. Tentu saja akan lebih terasa dan berkesan serta pastinya berbeda dibandingkan di rumah sendiri.

Baca juga: Punclut Bandung: Tiket Masuk dan Berbagai Pilihan Kuliner

Aktivitas off-road

Tantang adrenalin dengan mobil off-roadTantang adrenalin dengan mobil off-roadTantang adrenalin dengan mobil off-road. Foto: saluran Gmap/Rian Kgb

Oray Tapa memiliki jalur yang menantang dan berkelok-kelok. Tak heran jika banyak orang yang ingin memacu adrenalinnya di sini. Ada yang menjelajahinya dengan sepeda, motorcrossatau mobil di medan. Ada juga persewaan mobil motocross dan off-road, sehingga wisatawan yang tidak memiliki sendiri tetap bisa bermain.

Lokasinya sendiri meliputi jalan berkelok-kelok yang sudah beraspal dan ada pula yang masih belum beraspal. Pengendara sepeda lebih memilih jalan beraspal. Karena lebih mudah mengayuh di jalan datar. Namun masih terdapat tantangan yaitu jalanan menanjak yang cukup terjal.

Adapun jejak mobil di medanWisatawan bisa mencoba jalur tersebut di dalam hutan. Jalanan masih tidak rata, berbatu, dan berlumpur. Lebih menuntut dan memacu adrenalin. Apalagi saat musim hujan, jalanan berlumpur dan berlumpur semakin menambah keseruan petualangan mobil off-road.

Fasilitas Oray Tapa Bandung

Tempat wisata ini dilengkapi dengan fasilitas umum. Terdapat toilet, musala, tempat parkir, papan penunjuk arah, shelter, tempat duduk dan warung makan. Semua dalam kondisi baik dan terawat.

Lokasi Oray Tapa Bandung

Objek wisata ini terletak di kaki Gunung Manglayang, Desa Mekarmanik, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Kawasan wisata perbukitan ini terletak sekitar 15 kilometer dari pusat kota Bandung. Perjalanan menuju lokasi memakan waktu kurang lebih 45 menit.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button