Tempat Wisata

Tiket & Rute Pendakian MOUNT GUNTUR Januari 2024

Gunung Guntur

  • Biaya masuk: Rp10.000
  • Jam buka: 24 jam
  • Nomor telepon:
  • Alamat Lokasi : Sukawangi, Tarogong Kaler, Garut, Jawa Barat, Indonesia, –

Gunung Guntur adalah salah satu pilihan sasaran kenaikan di Garut. Gunung ini termasuk dalam wilayah kabupaten Tarogong Kaler. Jarak dari pusat kota Garut sekitar 6 kilometer atau 20 menit perjalanan dengan mobil.

Gunung yang masih merupakan gunung berapi aktif ini menawarkan kawasan pendakian yang unik. Karena hanya ada sedikit pohon, pendakian di sini terkenal dengan cuacanya yang panas. Namun worth it bagi pendaki yang menyukai tantangan berbeda.

Biaya masuk Gunung Guntur

Untuk mendaki Gunung Guntur, pengunjung harus mendaftar. Biayanya pun cukup terjangkau, hanya Rp 10.000 saja. Bagi yang ingin berkemah, akan dikenakan biaya tambahan untuk parkir atau akomodasi semalam.

Jenis tiket Harga
Tiket pendakian Rp10.000

Biaya masuk Gunung Guntur Via Cikahuripan

Baca Juga: 18 Tempat Wisata Terbaik di Garut

Jam Buka Gunung Guntur

Pendaftaran pendakian umumnya dibuka dari pagi hingga sore hari. Gunung Guntur sendiri terbuka untuk umum 24 jam sehari. Waktu terbaik untuk mendaki adalah sebelum jam 6 pagi dan setelah jam 3 sore.

Keajaiban Gunung Guntur

Lautan awanLautan awanPanorama lautan awan beserta terbitnya matahari di Puncak Guntur – Foto: Google Maps/Hilman Rubia

Gunung Guntur merupakan gunung berapi aktif di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Tempat penampungan atau titik awal pendakiannya sendiri berada di kecamatan Tarogong Kaler. Hanya kurang lebih 7 kilometer dari pusat kota Garut.

Meski sebagian besar permukaannya “telanjang”, namun keinginan para pendaki untuk menjajalnya tak pernah surut. Selalu banyak peminat yang ingin menaklukkan gunung setinggi 2.249 meter ini. Selain medannya yang menantang, ada beberapa spot menarik sepanjang pendakian. Pendakiannya sendiri bisa dilakukan melalui salah satu dari dua jalur yang ada.

Baca Juga: Gunung Gede Pangrango: 3 Pilihan Jalur Pendakian

Rute Citiis (Seureuh Jawa)

Pendaki di sepanjang jalur pendakian GunturPendaki di sepanjang jalur pendakian GunturTidak banyak pohon rindang di sini – Foto: Google Maps/Yudi Ariyanto

Jalur ini merupakan jalur resmi dan tersibuk. Tempat penampunganLetaknya di Desa Citiis, Tarogong Kaler. Fasilitasnya sangat lengkap, antara lain homestay dan warung makan.

Pendaki yang menggunakan jalur ini melewati Curug Citiis. Air terjun ini merupakan perhentian pertama dan salah satu sumber air bersih. Pendaki dapat memanfaatkan ini untuk menyediakan air minum bagi diri mereka sendiri selama perjalanan. Sumber air baru lainnya ada di Pos 3.

Medan di sepanjang jalur Citiis umumnya menanjak. Ada sedikit tanjakan saat melewati Pos 2. Hamparan hutan dan padang rumput yang luas akan menemani sesi ini.

Postingan ke 3 merupakan postingan terakhir sebelum klimaks. Terdapat pos keamanan dimana pendaki harus melapor kepada petugas. Pos ini juga menjadi tempat perkemahan bagi yang ingin melakukannya Serangan puncak. Total waktu pendakian kurang lebih 9 jam, tergantung kecepatan berjalan Anda.

Baca Juga: GUNUNG PAPANDAYAN: Tiket dan Aktivitas

Jalur Cikahuripan

Sabana di Gunung GunturSabana di Gunung GunturJalur pendakian biasanya melewati medan terbuka sehingga udara pendakian terasa panas terutama pada siang hari – Foto: Google Maps/Adira Oktaroza

Pendakian melalui jalur Cikahuripan dimulai dari base camp di desa Tanjung Karya. Jalur Cikahuripan bisa menjadi alternatif bagi yang mencari medan lebih landai. Jalur ini juga cocok bagi pendaki pemula.

Posisi base camp menuju puncak lebih pendek dibandingkan di atas Citiis. Jadi waktu tempuhnya tidak memakan waktu terlalu lama. Namun, lokasi Tempat penampungan lebih sulit dijangkau, terutama bagi mereka yang menggunakan transportasi umum.

Ada empat pos yang harus dilewati sebelum mencapai puncak. Tujuan akhirnya adalah 4 Puncak Guntur. Setiap pos hanya berjarak 30 menit hingga 1 jam berjalan kaki. Karena jaraknya yang pendek, pendaki bisa mendirikan kemah tepat di puncak.

Pendakian pertama dari kebun sayur warga sekitar. Permukaan jalan umumnya tanah berpasir penuh kerikil. Pendaki bisa beristirahat sejenak di sana Tempat berlindung yang ada di pos 1 dan pos 2.

Baca juga: GUNUNG CIREMAI: Tiket dan 4 Jalur Pendakian

Puncak Guntur

Panorama Gunung CikurayPanorama Gunung CikurayPemandangan lanskap Gunung Cikuray dilihat dari puncak Gunung Guntur – Foto: Google Maps/Yusup Jamaludin

Kawasan puncak Gunung Guntur terdiri dari beberapa bukit. Masing-masing bukit diberi nama Puncak 1, 2, 3 dan 4. Kondisi alamnya berupa tanah berpasir, mirip dengan keadaan di Gunung Semeru. Tak heran banyak pendaki yang menyebutnya sebagai “Semerunya Jawa Barat”.

Saat cuaca cerah, Anda bisa mengagumi banyak panorama pegunungan dari puncak Gunung Guntur. Beberapa di antaranya adalah Gunung Galunggung yang berada di sisi timur. Jika bergerak sedikit ke kiri, Anda bisa melihat siluet Gunung Ciremai.

Belum lagi panorama Gunung Cikuray yang terlihat dari sisi selatan. Di malam hari, Anda bisa menikmati kerlap-kerlip lampu kota Garut dari situs ini. Tak jauh dari Cikuray Anda bisa melihat megahnya Gunung Papandayan.

Gunung Guntur mempunyai wilayah puncak yang tersingkap ke arah sisi timur dan selatan. Dari sini Anda bisa menyaksikan matahari terbit sepuasnya. Sunset di sebelah barat agak terhalang tebing, namun tetap terlihat indah.

Wisata di kaki gunung

Taman Air Sabda AlamTaman Air Sabda AlamBanyak tempat wisata di kaki Gunung Guntur, salah satunya Sabda Alam Water Park – Foto: Google Maps/Asnia Mahardika

Kawasan kaki Gunung Guntur memang dikenal memiliki segudang tempat wisata populer. Karena merupakan gunung berapi aktif, terdapat banyak sumber air panas di wilayahnya. Tak heran jika di sini banyak terdapat tempat wisata berupa pemandian air panas dan akomodasi.

Salah satu tempat wisata yang paling populer adalah kawasan Cipanas. Jangan lupakan destinasi wisata Sabda Alam yang selalu populer di kalangan wisatawan Jakarta. Berbagai hotel dan penginapan juga mudah ditemukan di kawasan ini.

Di sisi barat terdapat kawasan Kamojang. Beberapa tahun terakhir, Kamojang semakin populer sebagai alternatif wisata selain cipanas yang semakin ramai. Terdapat sejumlah tempat wisata menarik seperti Tirta Anyar, Kamojang Ecopark, dan Kamodjan Fillage.

Baca juga: KAMOJANG ECOPARK Garut: Tiket dan Berbagai Kegiatan

Fasilitas Gunung Guntur

Base camp Citiis dan Cikahuripan dilengkapi dengan fasilitas pendukung yang memadai. Ada toilet, air bersih, homestay dan warung makan. Ada juga kios yang menjual obat-obatan atau barang kecil lainnya untuk pendakian. Di sini juga tersedia tempat parkir yang luas.

Lokasi Gunung Guntur

Gunung Guntur ada di kawasan tersebut Kecamatan Tarogong Kaler Kabupaten Garut. Base camp via Citiis terletak di Jalan Cipanas Baru, Tarogong Kaler, tepat di belakang Hotel Harmoni Garut. Base camp sekarang terletak di atas Cikahuripan di desa Tanjungkarya di kecamatan Samarang. Tidak ada angkutan umum. Oleh karena itu gunakanlah kendaraan pribadi atau ojek untuk menuju base camp.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button