Tempat Wisata

Tiket dan Aktivitas ULLEN SENTALU MUSEUM Januari 2024

Museum Ullen Sentalu

  • Biaya masuk: 50.000 hingga Rp 100.000
  • Jam buka: 08.30 – 16.00 WIB
  • Nomor telepon: (0274) 880158
  • Alamat lokasi : Jl. Boyong No. KM 25, Kaliurang Barat, Hargobinangun, Sleman, DI Yogyakarta, Indonesia, 55582

Wisata sejarah di Jogjakarta tidak pernah ada habisnya. Museum Ullen Sentalu, saksi bisu keberadaan Dinasti Mataram yang masih eksis hingga saat ini. Banyak pengunjung saat ini datang ke museum untuk belajar dan berwisata.

Berada di kawasan pegunungan, pengunjung merasakan sejuknya udara 15 hingga 25 derajat Celcius. Pengunjung akan merasa lebih tenang karena keheningan yang menyatu dengan alam. Pemandangan di sekitar museum seakan menyatu dengan benda-benda bersejarah yang ada di museum.

Biaya masuk Museum Ullen Sentalu

Untuk masuk ke Museum Ullen Sentalu, harga tiket masuknya bervariasi tergantung pilihan tour. Pengunjung dapat membeli tiket mulai dari Rp 50.000 – Rp 100.000.

Jenis tiket Harga
Beli tur pribadi Rp358.000
Tiket masuk wisata Adiluhung Mataram Rp50.000
Tiket masuk skriptorium Rp60.000
Tiket masuk tur Vorstenlanden Rp100.000

Biaya masuk Museum Ullen Sentalu

Perbedaan kedua jenis tiket tersebut adalah:

Wisata Adiluhung Mataram Wisatawan diperkenalkan dengan sejarah, seni, budaya dan filosofi Jawa di Empat Kerajaan melalui lukisan, foto, puisi, batik dan koleksi lainnya.

Sedangkan untuk Tur Vorstenlanden: Pengunjung diajak menyaksikan masa keemasan Kasunanan Surakarta dan Kesultanan Yogyakarta. serta mengenal budaya India, budaya akulturasi budaya Jawa-Belanda-Tionghoa yang muncul khusus di Pulau Jawa. Setelah tur berakhir, wisatawan dapat menikmati rehat kopi/teh dengan kue buatan sendiri dari Beukenhof Bakkerij.

Tur skriptorium: Menelusuri sejarah dan peradaban Jawa dan Nusantara sejak 1,8 juta tahun lalu hingga saat ini.

Kemudian Anda dapat membeli tiket melalui website: Tickets.ullensentalu.com

Baca: Tiket dan Aktivitas Tempat Wisata Dunia di Taman Merapi

Jam buka Museum Ullen Sentalu

Museum ini buka pada hari Selasa hingga Minggu mulai pukul 08.30 hingga 16.00 WIB. Pembelian tiket tour terakhir adalah 30 menit sebelum jam tutup.

Telusuri Dinasti Mataram di Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen SentaluMuseum Ullen SentaluMuseum Ullen Sentalu Jogja. Foto: Gmap/Rosalia Destarisa

Museum Ullen Sentalu terletak di lahan seluas 1,2 hektar. Lambat laun berkembang dengan nama nDalem Kaswargan yang berarti “Rumah Surga”. Rumah Surga menggambarkan suasana museum yang damai dan asri.

Dari gerbang masuk, pengunjung akan menemukan ruang pameran berupa art shop dan restoran. Jalur yang Anda ikuti terdiri dari tikungan, undakan, dan labirin yang memberikan nuansa indah pegunungan. Di sekelilingnya terdapat kolam, taman, gapura, dan tembok yang melambangkan kejayaan para leluhur.

Museum budaya ini menyajikan berbagai peninggalan, mulai dari patung hingga benda bersejarah. Semuanya masih terawat dengan baik. Apalagi event-event yang bahkan bertaraf internasional pun sering diadakan di sini.

Baca: Tiket Masuk Kastil Yogya LOST WORLD dan 5 Spot Foto Keren

Kolam renang di Museum Ullen SentaluKolam renang di Museum Ullen SentaluKolam renang di sekitar area museum. Foto: Gmap/Dita Retno

Saat mengunjungi museum ini, sebaiknya Anda menggunakan jasa pemandu wisata. Nantinya pemandu wisata akan menjelaskan segala hal tentang Ullen Sentalu. Dan tentunya pemandu wisata ini bisa menjelaskan semuanya dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Nama pemandu ini adalah Tur Pendidik. Misi dari Educator Tour adalah mengajak pengunjung menjelajahi seni dan budaya Ullen Sentalu. Disebutkan pendidik karena pemandu ini mendidik pengunjung melalui penjelasan.

Selain bahasa Indonesia dan Inggris, pengunjung juga bisa mendapatkan penjelasan dalam bahasa lain. Pengunjung dapat memilih audio tour dimana pengunjung dapat mendengarkan penjelasan audio. Tidak memerlukan pemandu wisata, audionya sudah berbahasa Mandarin, Belanda, dan Jepang.

Audio ini dapat digunakan wisatawan secara gratis. Syaratnya hanya satu, Anda harus meninggalkan KTP Anda dan mengembalikannya paling lambat 90 menit.

Baca: Tiket Masuk Candi PRAMBANAN dan 8 Aktivitas Unggulan

Program eksplorasi budaya

Selain tur museum berpemandu, Ullen Sentalu juga menawarkan program eksplorasi budaya. Tujuan dari program ini adalah untuk memperkenalkan keanekaragaman seni dan budaya di luar museum. Baik di sekitar museum, atau di Kaliurang, hingga Kotagede.

Program eksplorasi budaya ini dapat berlangsung dalam bentuk kelompok kecil maupun besar. Untuk rombongan besar, Anda dapat memesan terlebih dahulu.

Ikut serta dalam kegiatan klub diskusi Ullen Sentalu

pemandangan indah Ullen Sentalupemandangan indah Ullen SentaluPemandangan indah di Ullen Sentalu. Foto: Gmap/Mas Yossie

Museum ini rutin mengadakan acara yang disebut Klub Diskusi. Sesuai dengan namanya, klub ini akan membahas berbagai topik budaya. Jumlah peserta diskusi maksimal 10 orang agar lebih fokus dan seluruh peserta dapat aktif.

Temanya ditentukan oleh pihak museum, namun tentunya ada kaitannya dengan budaya. Diskusi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pelestarian budaya. Serta pertukaran tentang budaya dan kehidupan modern saat ini.

Selain itu, pemutaran film dokumenter juga sering dilakukan di museum ini. Film dokumenter ini menceritakan tentang berdirinya Kraton dan terbentuknya kota Jogja.

Baca: Tiket Masuk Punthuk Setumbu Magelang dan 5 Aktivitas Terbaik

Fasilitas di Museum Ullen Sentalu

Di sebelah museum juga terdapat toko dan ruang pameran bernama Kaligonal. Selain pameran, pertunjukan budaya juga berlangsung di sini. Pengunjung juga dapat menikmati fasilitas restoran dengan menu Indonesia dan asing.

Lokasi dan transportasi menuju Museum Ullen Sentalu

Museum buaya ini terletak di Jalan Boyong KM.25, Kaliurang Barat, Sleman, Yogyakarta. Pengunjung bisa datang dengan kendaraan pribadi atau umum. Bisa naik Trans Jogja dan dilanjutkan dengan angkutan umum maksimal pukul 14.00 WIB.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi 0274-895-161. Atau kirim email ke [email protected]. Facebook atau Instagram @ullensentau.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button